Berikut Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Mau tau informasi menfaat buah blueberry yang baik untuk kesehatan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Manfaat Buah Blueberry

Blueberry merupakan salah satu tanaman yang diketahui banyak manfaat dan berkhasiat sebagai antioksidan untuk berbagai jenis macam penyakit.

Buah ini memiliki beragam kandungan seperti vitamin C sebesar 10,8 mg, 2,7 gram serat dari ¾ cangkir buah blueberry yang kamu konsumsi tiap harinya.

Beberapa hasil peneiltian pun menunjukkan bahwa buah yang satu ini mampu mencegah penyakit kronis pada beberapa orang.

Pada artikel berikut akan diuraikan manfaat yang akan kamu temukan dari buah blueberry untuk kesehatan.

Kaya Vitamin C

Buah blueberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang diduga mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh sekitar 24 % sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Keuntungan lainnya dari mengkonsumsi buah blueberry yang kaya vitamin C ialah: membentengi tubuh dari influenza, mencegah infeksi saluran kemih sampai penyakit kanker.

Keuntungan lainnya ialah buah blueberry dapat bertindak sebagai antioksidan yang menjaga kulit tetap halus dan sehat serta mendukung kondisi gusi tetap sehat.

manfaat blueberry
pxhere.com

Baca juga: Manfaat Buah Pinang Muda Untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Serat yang Tinggi

Blueberry juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami kesusahan dalam buang air besar (sembelit).

Selain itu, fungsi serat juga berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah, kolesterol, dan menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, serat  dipercaya mampu mengatasi masalah diabetes bila dikonsumsi secara teratur.

Mineral

Blueberry selain mengandung vitamin dan kaya serta juga mengandung mineral yang tinggi seperti zinc, kalium, mangan, tembaga, dan zat besi

Yang tentunya sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan micromineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan resiko mudahnya patah tulang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam folat dan vitamin B6 dalam buah blueberry sangat baik dalam menjaga fungsi jantung dan berguna menurunkan kolesterol di dalam darah.

Selain itu, asam folat dan vitamin B6 berguna mencegah terjadinya homosistein yang menyebabkan penumpukan kerusakan pada pembuluh darah hingga berakhir pada kerusahan fungsi jantung.

Menjaga Kesehatan Mental

Buah Blueberry mampu mengurangi risiko penyakit Parkinson karena kerusakan sistem saraf dari kematian sel pada otak.

Buah ini sangat baik dalam meningkatkan daya ingat otak dalam jangka pendek apalagi bila dikonsumsi secara teratur 2 – 3 kali dalam seminggu.

manfaat blueberry
pxhere.com

Baca juga: Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan Memasarkannya

Mencegah Terjadinya Penuaan dini

Hal ini berhubungan dengan fungsi vitamin C pada buah blueberry.

Buah ini sangat berperan penting dalam mendukung kesehatan kolagen pada kulit guna mencegah terjadinya keriput, memperbaiki tekstur kulit, serta mencegah kerusakan kulit.

Mencegah Terjadinya Kanker

Kandungan buah blueberry diketahui mengandung anthocyanin dapat mencegah penyakit kanker. Selain itu, vitamin A dan vitamin C

Berguna sebagai antioksidan dalam membantu melindungi kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Kandungan buah blueberry menghambat pertumbuhan tumor dan peradangan pada tubuh.

Meningkatkan Fungsi Mata

Kandungan buah blueberry yang kaya vitamin A sangat baik dalam menajamkan fungsi penglihatan.

Buah ini mampu menghindarkan diri dari penurunan fungsi dan kualitas mata untuk melihat seiring dengan pertambahan usia.

Menghilangkan Lemak

Kandungan buah blueberry dipercaya mampu menghilangan lemak di dalam perut. Kandungan polyphenol yang ditemukan pada buah blueberry berguna menurunkan kadar lemak dalam perut.

Serta terjadinya gangguan terhadap metabolisme tubuh. Rendah kalori menjadikan buah ini snagat cocok untuk program diet yang sedang kamu jalankan.

Mengobati Sembelit

Hal ini berhubungan dengan kandungan serat yang tinggi dalam buah blueberry tentunya sangat baik untuk mengatasi permasalahan sembelit yang kamu alami.

Mengkonsumsi buah blueberry yang teratur dalam jumlah yang cukup serta dalam keadaan segar tentunya akan sangat berguna untuk kamu yang sedang mengalami sembelit.


Itulah informasi manfaatt buah blueberry untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Buah Merah dari Tanah Papua

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • Indra, R. 2013. Melirik 11 Manfaat dari Buah Blueberry. Diakses dari: https://lifestyle.kompas.com/read/2013/09/03/2236014/Melirik.11.Manfaat.dari.Buah.Blueberry
  • Marianti. 2016. Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Ternyata Sangat Dahsyat. Diakses dari: https://www.alodokter.com/manfaat-blueberry-untuk-kesehatan-ternyata-sangat-dahsyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.