Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan Memasarkannya

Saat ini, dunia medis berkembang dengan pesat. Namun, sayangnya, perkembangannya kurang terlalu mempengaruhi kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan obat alami/obat herbal sebagai pengobatan utama.

Pengobatan alami masih sangat diminati masyarakat luas untuk menyembuhkan suatu penyakit daripada pengobatan medis. Selain sudah menjadi obat turun-temurun, pengobatan alami dianggap lebih memiliki sedikit efek samping dibandingkan dengan pengobatan medis.

Meskipun saat ini pengobatan medis sudah berkembang cukup pesat, salah satu penyakit yang dapat disembuhkan secara alami adalah penyakit asam urat.

Asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Menurut penelitian, asam urat bisa disembuhkan dengan pengobatan alami yaitu dengan buah kersen. Buah kersen mengandung flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan dalam tubuh yang dapat menyembuhkan asam urat. Untuk pengobatan asam urat, biasanya buah kersen dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi sirup.

Baca: Jangan Dibuang Dulu! Kulit Buah Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

Asam Urat
Sumber: hellosehat.com

Melihat kecenderungan masyarakat yang lebih memilih menggunakan obat alami daripada obat medis, olahan buah kersen menjadi sirup menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Olahannya merupakan inovasi baru yang dapat menarik perhatian banyak orang untuk membeli.

Cara mengolah buah kersen menjadi sirup adalah sebagai berikut:

  1. Mencuci bersih buah kersen yang matang dengan air bersih
  2. Memisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara mudah untuk melakukannya yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu merebusnya
  3. Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen adalah 2 : 1
  4. Setelah mendidih, saring air dan ampasnya supaya terpisah.
  5. Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol, tutup rapat, lalu beri label pada kemasan.
  6. Sirup buah kersen sudah jadi dan siap dipasarkan.

Baca: Cara Mengatasi Penyakit Bulai pada Jagung

Meskipun produk buah kersen diolah dengan baik, apabila pemasarannya tidak tepat sasaran dan kurang menarik perhatian pembeli, maka penjualannya akan kurang menguntungkan.

Selain memaksimalkan efisiensi proses produksi, usaha pemasarannya juga perlu diperhatikan agar dapat memaksimalkan keuntungan. Pemaksimalan pemasaran buah kersen dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada yaitu e-commerce.

E-commerce merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang mempengaruhi kegiatan perekonomian masyarakat. E-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan secara online. Mulai dari penjual menawarkan produk, pembeli memilih produk, sampai proses pembayaran.

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi perilaku konsumen mulai dari tahap sebelum pembelian, saat pembelian, sampai setelah pembelian. Mereka menjadi lebih menyukai hal-hal yang instan. Untuk mengikuti perubahan perilaku konsumen, penjual perlu mencari banyak cara dalam melakukan promosi yang mampu menarik konsumen dengan tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Menjadi salah satu produk di situs jual beli online dapat membuat sirup buah kersen dikenal konsumen dan memiliki jangkauan pasar yang luas. Setelah produk sirup kersen ini cukup dikenal, penjual dapat membuat situs penjualan sirup online sendiri dan melakukan kegiatan penjualannya secara pribadi tanpa melibatkan perusahaan jual beli online sebagai perantara.

Namun, apabila sudah memiliki media sendiri dalam mempromosikan dan menjual sirup kersen, penjual perlu berinovasi dengan membuat berbagai macam varian sirup kersen untuk menjaga ketertarikan pembeli dan mempertahankan pelanggan.

Buah kersen memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai obat asam urat. Apabila diolah dengan baik dan dipasarkan dengan tepat, sirup buah kersen dapat menjadi peluang bisnis yang besar.

Baca: Karakteristik Kopi Robusta yang Perlu Anda Ketahui

Penulis: Ahkmad Zaynuri Alfarizi
Mahasiswa S1 Agribisnis Universitas Trunojoyo


Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.