Fakta Unik Lebah, Sang Polinator Tanaman

Tahukah kalian bahwa buah-buahan yang kita makan sulit terbentuk tanpa adanya bantuan dari hewan-hewan polinator? Lebah adalah salah satu polinator yang membantu proses penyerbukan pada tanaman. Adanya lebah yang terbang dari satu bunga ke bunga lain menyebabkan terjadinya penyerbukan yang nantinya akan menghasilkan berbagai macam buah-buahan yang kita konsumsi.

Memakan yang Baik, Mengeluarkan yang Baik

Lebah Memakan Nektar pada Bunga
Lebah Memakan Nektar pada Bunga | youtube.com
Madu yang Dihasilkan oleh Lebah
Madu yang Dihasilkan oleh Lebah | youtube.com

Lebah ternyata hanya mengonsumsi nektar dan polen dari bunga-bunga di sekitarnya. Nektar ini nantinya akan diubah oleh lebah menjadi madu, cairan yang dengan banyak manfaatnya yang sering kita konsumsi.

Madu ini merupakan hasil metabolisme yang terjadi pada perut lebah yang kemudian dikeluarkan oleh lebah melalui mulutnya. Madu tersebut lalu disimpan di dalam sarang lebah. Nantinya, madu akan dipanen dari sarang lebah tersebut.

Baca: Jangan Dibuang Dulu! Kulit Buah Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

Kasta Kerajaan Lebah

Kasta pada Lebah
Kasta pada Lebah | steemit.com

Ternyata lebah memiliki kasta layaknya kerajaan manusia. Satu koloni lebah umumnya memiliki satu ratu dan banyak lebah jantan dan lebah pekerja dengan berbagai tugas di sarangnya. Tugas ratu lebah tentu saja seperti ratu pada umumnya yaitu mengontrol seluruh aktivitas yang dilakukan oleh rakyatnya (lebah lainnya). Tanpa adanya ratu, koloni lebah akan sulit bertahan karena tidak adanya komando dari sang ratu.

Pada kehidupan manusia, seorang pejantan akan bekerja keras untuk mencari makan. Berbeda halnya dengan lebah, yang mencari makan justru lebah pekerja yang merupakan lebah betina. Tugas lebah jantan hanyalah membuahi ratu lebah untuk dapat menghasilkan telur-telur yang nantinya akan tumbuh menjadi lebah-lebah baru.

Baca: 6 Jenis Hama yang Merusak Tanaman Tomat dan Cara Pengendaliannya

Rela Mati demi Kawan

Saat Lebah Menyengat
Saat Lebah Menyengat | youtube.com
Isi Perut Lebah yang Keluar
Isi Perut Lebah yang Keluar | youtube.com

Tahukah kalian? Lebah hanya bisa menyengat satu kali saja. Setelah menyengat, lebah tersebut akan langsung mati. Hal ini dikarenakan pada saat menyengat seseorang, sengat yang ada pada lebah tersambung pada isi perut lebah yang langsung tertarik keluar.

Sengatan ini pun dilakukan lebah tidak untuk menakut-nakuti orang. Selain untuk melindungi diri, sengatan lebah ini digunakan untuk membantu teman-teman satu koloninya yang sedang terancam.

Waggle Dance, Ajak Kawan Makan dengan Tarian Lebah

Lebah Waggle Dance
Waggle Dance | youtube.com

Ketika seekor lebah menemukan sumber makanan, lebah tersebut akan kembali ke sarangnya untuk melakukan sebuah tarian yang disebut Waggle Dance. Tarian ini adalah cara lebah berkomunikasi dengan lebah lainnya, memberitahu lokasi sumber makanan yang sebelumnya telah ditemukannya. Tidak sembarangan, lebah melakukan tarian tersebut berdasarkan sudut lokasi bunga dan juga matahari. Menarik sekali bukan?


Nah, itu dia beberapa fakta unik dari lebah, sang polinator tanaman kita. Sangat menarik ya ternyata. Meskipun kecil, ternyata banyak hal menarik yang dapat kita pelajari dari lebah.

Jika ingin pohon-pohon kita tetap ada dan tetap berbuah. Mari sama-sama kita lestarikan lebah.

Baca: Fakta Unik & Cara Budidaya Labu Kuning

Penulis: Fitri Rosadela
Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor


Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.