durian montong

Yuk, budidaya durian montong dengan 5 langkah mudah dan jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Durian merupakan buah yang disukai oleh banyak orang, bukan hanya aromanya yang menyengat, melainkan rasanya juga yang manis.

Gizi yang terkandung dalam buah durian sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menangkal radikal bebas. Ada berbagai jenis durian di Indonesia, dan yang paling banyak digemari adalah durian montong.

Ciri-ciri durian montong yaitu berukuran besar, berdaging tebal dengan rasa yang manis serta bikin nagih. Maka tak heran bila pasar menawarkan harga yang sangat tinggi untuk buah durian ini.

Langkah Budidaya Durian Montong

Namun untuk membudidayakan durian ini, Anda hanya perlu melakukan 5 langkah mudah seperti berikut ini:

Baca Juga: Ini Dia Jenis serta Ciri-Ciri Durian yang Banyak Dicari

Memilih Pembenihan Durian Montong

Anda bisa mendapatkan benih atau bibit durian montong dengan membelinya di berbagai toko pertanian. Adapun untuk mendapatkan benih dari biji durian yang baik, yaitu dengan memilih durian yang berkualitas.

Pilihlah biji durian yang berumur tua, tidak cacat, permukaan halus dan siap untuk ditanam. Pembenihan pada durian montong dilakukan agar tunas yang tumbuh kuat dan mempunyai daya tahan yang tinggi.

Masukkan biji durian pada wadah baskom yang sudah di isi air, pastikan biji terendam sepenuhnya hingga tumbuh akar dan tunas. Jika biji durian mengapung, sebaiknya dibuang karena tidak dapat ditanam.

bibit durian montong
rumahtanaman.com

Siapkan Lahan Tanam

Untuk menanam pohon jenis durian montong, diperlukan lahan yang cukup luas. Karena, pertumbuhan pohon ini sangat besar, kokoh, serta memiliki akar yang menjalar.

Setelah menemukan lokasi lahan yang tepat, pastikan tanah yang digunakan untuk menanamnya subur, lembab, dan gembur.

Anda bisa menggemburkan tanah menggunakan cangkul atau sekop. Setelah itu, berikan campuran pupuk serta sekam tanah sesuai dengan perbandingannya, yaitu 2:1.

Sebaiknya gunakan jenis pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos agar tidak merusak kandungan tanah.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Budidaya Durian Musang King

Tanam Bibit Durian Montong

Jika bibit buah dan lahan tanam disiapkan dengan baik, langkah selanjutnya yaitu melakukan tanam pohon. Buatlah lubang tanam yang sesuai dengan ukuran akar bibit durian montong menggunakan sekop.

Masukkan bibit pohon ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu timbun dengan tanah yang dicampur pupuk organik.

Pastikan tanah kembali padat agar pohon durian montong dapat tumbuh maksimal. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan air, agar kelembaban tanah tetap terjaga.

menanam durian montong
flowerian.com

Merawat Tumbuhan Durian Montong

Cara merawat pohon durian yang dilakukan tidak begitu sulit, karena caranya hampir sama seperti merawat jenis pohon atau tanaman lainnya.

Perawatan ini ditujukan untuk menghindari berbagai penyakit tanaman serta untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Perawatan ini dilakukan dengan tekun dan teratur, mulai dari penyiraman, penyiangan, dan pemberian pupuk.

Lakukan penyiraman pohon durian secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan penyiraman dua kali sehari di waktu pagi serta sore hari, untuk menjaga kelembaban tanah.

Berilah pemupukan tambahan dalam 2 minggu sekali agar tanah mendapatkan nutrisi yang baik dan meningkatkan kesuburan.

Jangan lupa melakukan penyiangan, agar pohon durian terhindar dari tanaman liar atau hama yang membawa penyakit.

Hasil Panen Durian Montong

Beberapa waktu sebelum memasuki masa pemanenan, Anda harus mengikat buah beserta batang ke pohon agar jika jatuh tidak mengenai kepala. Gunakan tali rafia yang di simpul mati untuk mengikat buah agar tidak mudah jatuh dari pohon

Anda bisa menikmati buah durian montong ketika pohon memasuki usia 4-5 tahun sejak penanamannya. Buah yang siap panen memiliki warna hijau kekuningan serta wangi durian yang cukup menyengat.

Untuk mengambil buah durian, jangan lupa memakai sarung tangan dan menggunakan pisau yang tajam untuk memotong ikatan buah.


Itulah 5 langkah mudah budidaya durian montong yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan baik agar hasilnya maksimal.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Berikut 5 Manfaat Kulit Durian

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-durian-montong

Sumber gambar utama: kampustani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.