Tips 5 Tahap Menanam Buah Cherry Paling Mudah Bagi Pemula

Mau menanam buah cherry? Mau dengan cara yang mudah? Pak Tani akan berikan informasi mengenai cara menanamnya. Berikut ulasannya!

Tanaman Buah Cherry

Keistimewaan Buah Cherry

menanam buah cherry
pixabay.com

Buah yang berwarna merah ini sangat menarik perhatian masyarakat karena bentuknya yang memikat. Biasanya, buah ini sering digunakan  sebagai penghias kue, makan atau minuman.

Buah cherry dari marga Prunus terbagi menjadi cherry manis dan cherry asam. Cherry dapat tumbuh di indonesia pada daerah dingin seperti wilayah Lembang, Bandung.

Baca juga: Begini 5 Tips Budidaya Lengkeng Supaya Cepat Berbuah

Buah cherry memiliki kandungan yang baik bagi tubuh yaitu Vitamin A dan C, mineral, zat besi, kalium, magnesium dan zat antioksidan yang baik mencegah reaksi oksidasi, baik juga buat kesehatan mata dan jantung serta membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, buah cherry memiliki fungsi lainnya seperti membantu lebih cepat tidur, meredakan nyeri sendi, menurunkan tekanan darah dan meringankan nyeri otot usai olahraga.

Dengan melihat banyaknya kegunaan buah cherry, tidak ada salahnya membudidayakan vuah cherry yang memiliki segudang manfaat.

Cara Menanam Buah Cherry

menanam buah cherry
bibitbunga.com

Berikut cara menanam buah cherry :

  1. Persiapan Lahan

Ukuran lobang 50×50 cm dengan kedalaman 50 cm, isi lobang tersebut dengan 2/3 bagian terpenuhi dengan pupuk, dan istirahatkan lahan selama 3 minggu

  1. Menyiapkan Biji

Ciri-ciri biji cherrry yang berkualitas adalah pilih biji dari buah ceri yang tua, besar, dan tidak cacat. Bersihkan daging buah cerinya, kemudiah pisahkan bijinya dan jemur biji selama 1 hari.

Balut biji dengan tissue dan masukkan ke lemari pendingin selama 1 minggu agar biji cepat bertunas. Jika sudah waktunya menanam biarkan selam 1 jam di suhu ruangan.

Jika tidak memiliki pohon cherry bisa membelinya di toko bibit terdekat walaupun sedikit langka.

Baca juga: Cara Budidaya Buah Salak Pondoh di Pekarangan Rumah

  1. Penanaman

Penanaman harus dilakukan secara hati-hati, biji disemaikan ke dalam  lubang yang sudah dibuat. Apabila bibit diperoleh dari toko, lepaskan secara hati-hati dan jangan sampai perakarannya putus.

Bibit harus ditaruh dengan posisi yang tegak lurus. Tutup media tanam dengan cara memadatkan serapi mungkin agar perakaran dan pertumbuhan ke depannya akan kuat.

  1. Perawatan
  • Penyiraman dilakukan sehari sekali
  • Pemupukan dilakukan sebulan sekali dan berikan hormon perangsang dengan dosis yang sesuai
  • Penyulaman dilakukan jika tanaman mati/layu
  • Pembrantasan hama berupa penyiangan, pemangkasan dan penggunaan pestisida (jika ditanam ditanah) sehingga tidak mengganggu tanaman utama.
  1. Pemanenan

Panen pertama akan terlihat pada 3 hingga 4 tahun dari awal penanaman, namun bisa saja panen dimulai pada 1 sampai 2 tahun penanaman jika dilakukan perawatan yang baik.

Pohon cherry tidak memiliki masa panen yang dapat ditentukan atau bisa dikatakan belum tentu tanaman cherry dapat berbuah.


Itulah informasi mengenai cara menanam cherry. Selamat mencoba dan semoga berhasil sobat PTD!

Baca juga: Ini Dia 5 Langkah Menanam Pohon Pisang Agar Cepat Berbuah

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.