selada romaine

Mau tau informasi mengenai tahapan budidaya selada romaine? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Selada Romaine Organik

selada romaine
pxhere.com

Baca juga: 5 Langkah Budidaya Selada Hidroponik dengan Mudah

Selada merupakan sayuran yang umum bagi masyarakat Indonesia. Namun, selada romaine makin lama makin mejadi selada yang permintaannya semakin meningkat padahal selada satu ini sudah ada beberapa tahun terakhir.

Sekarang selada ini banyak digemari oleh pecinta sayuran organik karena memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk wanita yang sedang menjalani diet.

Karena selada romaine merupakan salah satu menu atau bahan dasar untuk asupan makanan diet mereka.

Selada Romaine yang  memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau gelap yang tinggi dan kokoh yang memiliki rusuk kuat di tengah cabangnya.

Kandungan didalam selada romaine ini adalah vitamin C, kalsium, dan potassium yang cukup tinggi yang baik bagi tubuh. Selada ini sama seperti sayur hijau lainnya.

Memiliki antioksidan yang diyakini dapat membantu mencegah kanker, mejaga kesehatan jantung dan tulang, menurunkan berat badan dan menjaga daya tahan tubuh.

Dengan melihat kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh, maka budidaya selada romaine menjadi salah satu peluang usaha bidang pertanian yang menjanjikan dalam mendapatkan pendapatan lebih.

Serta meningkatkan nilai ekonomi dari tanaman itu sendiri. Jika usaha ini dikelola dengan baik dan tekun maka akan menjadi peluang besar untuk di ekspor ke luar negri dan mampu bersaing dengan negara lainnya.

Budidaya Selada Romaine

Syarat Tumbuh

Selada akan lebih baik ditanama di dataran tinggi karena jika didataran rendah kro selada akan kecil dan lebih cepat berbung. Tanah untuk selada ini yaitu mengandung humus.

Pasir atau lumpur dengan pH tanah 5-6,5 dan suhu tumbuhnya 15-200C. Waktu tanam terbaik adalah akhir musim hujan namun dapat pula ditanam pada  musim kemarau tetapi tetap memperhatikan penyiraman.

Pembibitan

selada romaine
pxhere.com

Baca juga: Kenali Penyakit pada Tanaman Selada dan Cara Mengendalikannya

Biji bisa saja langsung ditanam di lahan, tetapi pertumbuhannya lebih baik melalui persemaian. Benih direndam dahulu sebelum disemai kedalam air hangat selama satu jam.

Setelah itu benih disebar pada media dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Lakukan penyiraman setiap hari, pada umur 3-4 minggu bibit dapat ditanam.

Penanaman

Penanamandilakukan dengan jarak tanam antara 20-35 cm yang bertujuan untuk menghindari kerapatan antar tanaman serta sebagai aerasi udara dan mengoptimalkan pencahayaan pada proses fotosintesis.

Pemeliharaan

Musim merupakan hal penting untuk menentukan waktu penyiraman. Penyiraman dua kali sehari ketika pada musim kemarau dan cukup satu kali sehari ketika pada musim hujan.

Penjarangan dilakukan apabila tanaman selada tumbuh secra berdekatan dan lakukan penyulaman untuk tanaman selada yang terkena hama penyakit ataupun mati.

Untuk penyiangan dilakukan untuk menghiri pertumbuhan gulma yang cepat pada sekitar tanaman iasanya dilakukan 1 atau 2 minggu setelah penanaman.

Pengendalian hama dan penyakit dengan memperhtaikan kebersihan kebun, pemupukan, rotasi tanaman dan jika dilakukan penyemprotan bisa digukanan dengan pestisida nabati dan disarankan tidak meggunakan pestisida sintesis.

Hal ini terbukti efektif untuk mengendalikan hama, untuk kekebalan tubuh tanaman seperti unsur kalium bisa didapatkan dengan menambahkan daun bambu pada saat pembuatan kompos.

Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan pada saat umur selada + 35 hari setelah tanam atau umur untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Cara panen yaitu dengan memilih tanaman yang sudah siap panen melihat fisik tanaman seperti warna, bentuk dan ukuran daun dengan cara mencabut seluruh tanaman beserta akarnya.


Itulah cara budidaya selada romaine organik yang dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Budidaya Selada di Rumah Hingga Panen

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber: https://fatkurrizky.blogspot.com/2017/03/budidaya-selada-romaine-lettuce-romaine.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.