budidaya pohon anting putri

Yuk, buat halaman rumah kamu menjadi lebih indah dengan budidaya pohon anting putri dan jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Pohon anting putri merupakan tanaman yang biasa ditanam di halaman rumah, guna mempercantik halaman.

Selain indah, tanaman ini juga bisa menyejukkan halaman. Sehingga, banyak orang yang melakukan tanam anting putri di halaman rumahnya.

Pohon anting putri memiliki ciri berwarna hijau kekuningan, bentuk yang unik, serta terdapat bunga yang beraroma harum dengan bentuknya yang mungil.

Pada dasarnya pohon ini dapat tumbuh di manapun. Namun, tetap saja Anda perlu merawatnya dengan baik.

Tips Budidaya Pohon Anting Putri

Anting putri adalah tanaman yang berasal dari Vietnam dan Thailand. Tanaman ini memiliki nama lain yaitu water Jasmine, scared buddhist, wild water plum. Jika Anda ingin membuat kebun anting putri di halaman rumah, simak tipsnya seperti berikut ini:

Baca Juga: Ingin Menanam Bunga Lee Kuan Yew? Ikuti Cara Ini

Persiapan Media Tanam Anting Putri

Perlu Anda ingat, sebelum melakukan penanaman Anda perlu menyiapkan media tanam yang baik dan sesuai. Anda bisa mencampurkan tanah menggunakan pupuk kompos (pupuk kandang) secara merata dengan banding 1:1.

BIBIT_BUNGA_ANTING_PUTRI
bukalapak.com

Bibit Pohon Anting Putri

Untuk mendapatkan bibit pohon anting putri, Anda bisa memperbanyak tanaman dengan cara stek akar atau stek pucuk. Cara melakukannya yaitu dengan memilih batang ujung dengan baik, berukuran panjang, diameter, serta umurnya.

Setelah itu, Anda bisa memotong miring batang pohon menggunakan pisau yang tajam supaya batang tidak rusak dan pecah. Setelah batang dipotong, Anda bisa langsung menanam bibit tersebut agar tidak layu.

Penanaman Bibit Pohon Anting Putri

Anda bisa menanam bibit di media tanam dengan kedalaman 5-10 cm. Cara menanamnya mesti tegak lurus ke atas dan jangan lupa untuk memadatkan tanaman agar bibit pohon tidak mudah roboh. Setelah itu, Anda mesti melakukan penyiraman agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Menanam Bunga Camelia di Rumah

Merawat Pohon Anting Putri

Setelah bibit pohon mulai tumbuh dengan baik, Anda perlu melakukan perawatan agar pohon lebih indah. Lakukan penyiraman pada pohon secukupnya.

Agar jaringan tunas pada pohon dapat tumbuh dengan rimbun, Anda perlu memotong bagian batangnya. Caranya yaitu dengan memberikan potongan paralon pada bagian tepi potongan agar tunas dapat tumbuh ke atas dan rimbun.

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan dengan rutin, yakni setiap dua bulan sekali. Sehingga pohon dapat tumbuh dengan baik.

pohon anting putri
twitter.com

Bonsai Anting Putri

Tanaman Anting Putri memang dikenal sebagai tanaman bonsai. Hal tersebut guna mempercantik dan memperindah pohon. Bonsai anting putri memiliki nilai jual yang tinggi, karena diperlukan keterampilan khusus untuk membuatnya.

Sehingga untuk para pemula, lebih baik meminta bantuan teman yang berpengalaman serta mampu bonsai tanaman.

Setelah pohon anting putri dapat tumbuh menjadi tanaman bonsai, Anda tidak boleh lupa untuk terus melakukan perawatan pada tanaman. Agar tampilan tanaman bonsai tetap terlihat indah setiap harinya.


Itulah 5 tips budidaya pohon anting putri di halaman rumah yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tips Menanam Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-pohon-anting-putri
  • https://www.faunadanflora.com/cara-menanam-budidaya-tanaman-anting-putri/

Sumber gambar utama: thehijau.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.