menanam bunga vinca gantung

Yuk, perindah rumah kamu dengan menanam bunga vinca gantung dan jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Bunga vinca gantung merupakan salah satu tanaman hias yang sering digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Banyak orang yang menyukai bunga ini karena keindahannya. Selain itu, proses penanaman dan perawatan yang dilakukan juga sangat mudah.

Vinka sendiri merupakan sebutan dari nama Catharanthus roseus, yang merupakan jenis bunga dari Madagaskar. Bukan hanya digantung, tanaman ini bisa tumbuh tegak, dan dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan. Bunga ini jarang terkena penyakit.

5 Tips Menanam Bunga Vinca Gantung

Untuk menanam bunga vinca gantung dengan baik, Anda perlu mengetahui tips, beserta cara merawat bunga vinca agar subur. Berikut ini merupakan tipsnya:

Baca Juga: Yuk Kenali Cara Mudah Menanam Bunga Chamomile

Kenali Karakteristik Bunga Vinca Gantung

Mengetahui karakteristik bunga yang satu ini merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum merawat bunga. Karena tak sedikit penyebab bunga vinca layu akibat tidak mengenali karakteristik bunga.

Vinca gantung merupakan bunga yang bisa ditanam melalui penyemaian benih atau biji. Adapun untuk melakukan penanaman lebih cepat yakni dengan cara stek batang.

Bunga vinca gantung adalah tanaman hias yang mampu menahan panas, dan mampu tumbuh baik. Karakteristik bunga vinca gantung lainnya yakni memiliki berbagai warna.

Sehingga, Anda bisa melakukan penanaman sesuai dengan warna yang Anda suka dan sesuai keinginan.

bunga vinca gantung
thalitaflower.wordpress.com

Proses Tanam Bunga Vinca Gantung

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa bunga ini bisa ditanam melalui biji maupun stek batang. Kedua cara tersebut memiliki keunggulannya tersendiri, misalnya penanaman dengan biji akan membuat tanaman unggul serta tahan lama.

Berikut ini merupakan proses menanam bunga vinca gantung dengan biji:

  1. Siapkan media tanam, media penyemaian, kompos, tanah, serta bekas air. Berilah lubang di media semai, agar air dapat mengalir
  2. Kukus serta berilah 3 GR dan flora, untuk mengurangi resiko adanya serangga yang dapat menghambat proses pembangunan.
  3. Rendamlah biji bunga pada air hangat hingga 2 jam.
  4. Gunakan wadah untuk media semai sebesar 3/4% bagiannya, lalu tanam biji bunga dengan kedalaman 0,5 cm setelah itu lapisan tanah kembali di atas biji.
  5. Lakukan penyiraman biji dengan sprayer, setelah itu tutup menggunakan plastik agar media semai tetap optimal.
  6. Setelah 7 hari benih akan tumbuh, Anda bisa melepas tutup plastik. Jika daunnya tumbuh 4, pindahkan tanaman ke pot yang besar. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan dan pemupukan.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Globe Amaranth di Perkarangan Rumah

Tahap Pitching serta Pruning Tanaman

Tahapan pitching serta pruning dilakukan agar tanaman dapat tumbuh optimal dan lebih indah. Anda perlu melihat jumlah daun, ketika sudah tumbuh 6 daun buanglah 2 daun pada bagianpaling atas. Dan biarkan dua cabang tanaman tumbuh.

Agar cabang dapat tumbuh lebih banyak anda perlu membuang kembali 2 daun. Setelah tanaman dewasa, lakukanlah pemangkasan secara rapi dan teratur agar terlihat lebih indah.

Bunga-Vinca-Gantung
faunadanflora.com

Pemberian Pupuk Bunga Vinca Gantung

Pemberian pupuk dilakukan secara teratur untuk memenuhi nutrisi  bunga. Anda bisa memberi tanaman pupuk NPK dengan dosis 1 sdt per pot tanaman yang berdiameter 15 cm. Berikanlah pupuk dengan cara menyemprotnya.

Keindahan Bunga Vinca Gantung

Setelah 6 minggu Anda bisa melihat keindahan bunga vinca gantung bertumbuh. Jika ada banyak cabang Anda bisa membuangnya dan tetap berikan pemupukan secara teratur yakni 3 bulan sekali.


Itulah 5 tips menanam bunga vinca gantung untuk pemula yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk melakukan perawatan bunga dengan baik, agar rumah Anda semakin indah.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 3 Tahap Menanam Bunga Telang di Perkarangan Rumah

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-vinca-gantung-dan-perawatannya
  • https://www.faunadanflora.com/cara-menanam-dan-merawat-bunga-vinca-gantung-bagi-pemula/

Sumber gambar utama: tokopedia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.