globe amaranth

Mau tau informasi mengenai mengenai bunga globe amaranth? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal ytersebut. Simak ulasannya!

Bunga Globe Amaranth

globe amaranth
pixabay.com

Baca Juga: Langkah-Langkah Mudah Menanam Bunga Adenium

Bunga Globe Amaranth merupakan nama yang asing, namun bagi bberapa pecinta tanaman ini merupakan tanaman yang sering kali ditemuin di taman atau perkarangan rumah.

Tanaman ini sebenarnya sering ditaman di taman tengah kota namun tak banyak orang mengetahui namanya, bahkan ada oarang yang tidak tahu nama aslinya tapi sudah pernah menanamnya.

Bunga Globe Amaranth atau Bachelor Button atau yang sering disebut bunga kancing karena bentuknya berbentuk seperti kancing ketika mekar.

Bunga ini ini mampu mneghasilkan warna yang sangat mencolok dan berbagai warna bervariasi seperti merah, pink, magenta, oranye, dan putih, untuk daerah di Indonesia.

Sering ditemuin adalah warna magenta yang dapat menarik perhatian kupu-kupu dan lebah.Selain warnanya yang sangat cantik dan menarik, bentuk bunga ini sangat unik seperti kancing.

Bunga Globe Amaranth sangat populer menjadi tanaman hias di perkarangan rumah, dan ketika berbunga maka akan tumbuh sepanjang tahun dengan jumlah yang sangat banyak tanpa putus.

Bunga Globe Amaranth ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat seperti sebagai obat asma atau sesak napas, radang  mata, peluruh dahak, diuretik, disentri, radang saluran napas, luka atau koreng, obat batuk hingga penambah nafsu makan.

Cara Menanam Bunga Globe Amaranth

Karakteristik Bunga Globe Amaranth

Bunga ini dapat mencapai ketinggian 60 cm, daunnya berbentuk menyerupai telur sunsang dengan panjang 5-8 cm dan lebar 3-5 cm.

Dan ujung bungannya berbentuk runcing dan emmiliki rambut halus pada bagian bawah daun dan diatasnya rambut kasar. Batangnya berbulu dan dibagian atas lebih besar sebagai penyangga mahkota bunga.

 

globe amaranth
pixabay.com

Baca juga : 3 Tahap Menanam Bunga Telang di Perkarangan Rumah

Persiapan Media Tanam

Media tanam menggunakan campuran dari pasir halus, pupuk kompos dan tanah humus dan di diamkan selama 7 hari untuk terhindar dari penyakit.

Media bisa menggunakan tray semai atau dengan beberapa polybag kecil, namun sebaiknya anda menggunakan media tanam terlebih dahulu agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Penanaman

Bunga Globe Amaranth ditaman dari kelopak yang mengering. Taburkan benih atau biji diatas media tanam dengan jarak 5 cm.

Lakukan penyiraman dengan sprayer hingga basah dan letakkan ditempat teduh, jika sudah berumur 7 hari atau kecambah sudah mulai tumbuh maka sudah bisa di pindahkan.

Meedia tanam yang lebih besar dengan jarak 20-25 cm per bibit agar tidak terjadi perebutan nutrisi.

Perawatan

Jika telah melakukan penanamna maka bunga sudah bisa dilakukan perawatan Perawatan dengan cara memantau kondisi tanam agar tidak kering karena bunga ini salah satu rentan kering jika terpapar sinar matahari.

Lakukan pemangkasan bagi bunga yang sudah mulai layu menggunakan pisau atau gunting. Untuk pemupukan bisa dilakukan secara berkala dan bersihkan bunga dari gulma yang mengganggu disekitar tanaman.

Jika perawatan dilakukan dengan baik, maka tanaman dapat tumbuh subur yang menghiasi perkarangan rumah dengan indah.


Itulah informasi mengenai cara menanam bunga globe amaranth dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Tahap Budidaya Bunga Desember Supaya Rajin Berbunga

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber: https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-kancing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.