bunga telang

Mau tau cara menanam si biru bunga telang yang cantik? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Bunga Telang

bunga telang
pixabay.com

Baca juga: Ikuti 5 Langkah Ini untuk Menanam Bunga Walisongo

Bunga telang adalah salah satu jenis tanaman merambat yang banyak dijumpai di hutan namun sekarang bunga ini sudah banyak dijadikan tanaman hias untuk mempercantik perkarangan rumah.

namun perlu anda ketahui bahwa jenis bunga yang satu ini untuk saat ini sudah mulai jarang ditemui.

Tanaman yang umumnya memiliki bunga berwarna biru terang, putih, pink, dan ungu dengan ukurannya mulai dari berukuran kecil menyerupai semak hingga menyerupai pohon.

Bunga ini dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam keperluan seperti sebagai pewarna makanan, kue serta sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Bunga telang tidak lepas dari bebragai manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu seperti untuk mengobati gangguan penglihatan, mengobati bisul, mengobati batuk, meningkatkan fungsi kognitif, mencegah penyakit jantung, mengurangi rasa cemas dan mengurangi diabetes.

Cara Menanam Bunga Telang

bunga telang
pixabay.com

Baca juga: Hanya Dengan 4 Tahap Untuk Menanam Bunga Gladiol

Benih Bunga Telang

Pilihlah benih bunga telang yang berkualitas dan memiliki kelayakan tanam dengan cara rendam benih selama kurang lebih 3 hingga 5 menit.

Perhatikan apabila ada benih yang mengapung maka singkirkan dari wadah. Setelah itu, rendam kembali selama 12 jam, ini berfungsi untuk menghentikan proses dolmansi pada benih agar lebih mudah bertunas.

Penanaman

Setelah dilakukan perenda,am diamkan terdahulu pada suhu normal dan siapkan media polybag sebagai tempat penanaman. Sediakan tanah humus dan pupuk kandang.

Campurkan keduanya dengan perbandingan 2 : 1 dan masukkan ke dalam polybag. Lakukan penyiraman hingga tanaman benih bertunas dan menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 5cm.

Biasanya kecambah pada benih bunga telang akan muncul saat 1 hingga 2 minggu setelah masa semai. Biarkan selama 5 minggu maka kecambah akan menjadi bibit yang siap di tanam di media tanam.

Perawatan Bunga Telang

Setelah bibit ditanam, bisa memindahkannya kedalam pot dengan ukuran yang lebih besar dengan media tanam tanah yang dicampur dengan pupuk dan pasir berbanding 2:1:1.

Lakukan pemasangan ajir berupa kayu atau bambu agar bunga telang mampu tumbuh kokoh dan tidak merusak bentuknya. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari yang dilakukan di pagi dan sore hari

Untuk pemupukan lanjutan setiap 2 hingga 3 minggu sekali. Lakukan juga pemangkasan dan penyiangan untuk menjaga kebersihan bunga telang.


Itulah informasi mengenai cara menanam bunga telang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Langkah Menanam Bunga Jam Sembilan dengan Mudah

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.