stek bunga mawar

Yuk, coba stek bunga mawar agar keindahannya semakin nambah. Kamu bisa jaiin ariket ini sebagai panduannya loh, karena PTD akan membagika 3 langkah mudahnya.

Siapa yang tidak mengenal bunga mawar? Bunga yang cantik nan harum ini sering menjadi penghias taman di rumah.

Selain itu, menanam mawar juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan karena kebutuhan masyarakat akan bunga hias untuk berbagai acara dekorasi dan seni semakin banyak.

Metode stek bunga mawar sendiri saat ini banyak dilakukan para proses penanaman mawar. Selain memiliki aroma yang sangat harum, bunga mawar juga memiliki penampilan yang sangat artistik dengan berbagai variasi warna dan ukuran sesuai dengan spesiesnya.

Selain berguna untuk mempercantik ruangan atau suasana, ternyata mawar juga banyak dimanfaatkan pada berbagai produk kecantikan.

Cara Stek Bunga Mawar

Banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh mawar tak heran membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya. Jika Anda masih bingung dan kesulitan untuk menanam mawar dengan metode ini, ini dia beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Baca Juga: Terapkan Cara Ini Untuk Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Siapkan Batang Stek Berkualitas

Agar tanaman mawar dapat tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah, maka Anda harus mempersiapkan batang stek yang berkualitas. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempersiapkan stek bunga mawar antara lain:

  1. Pilih jenis mawar yang ingin ditanam. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, pilihlah jenis mawar yang tidak terlalu sulit perawatannya.
  2. Setelah menentukan jenis mawar yang akan ditanam, pilihlah indukan mawar yang berkualitas. Ciri-ciri indukan berkualitas antara lain tidak rusak dan cacat, terbebas dari gangguan hama dan penyakit serta memiliki bentuk dan struktur yang bagus.
  3. Ambil batang yang tua untuk dijadikan stek.
  4. Potong batang yang akan dijadikan stek kira-kira 7-10 cm dengan menggunakan gunting atau pisau. Lakukan secara hati-hati agar tidak merusak serat dan juga jaringan kambium tanaman.
batang bunga
batangbunga.com

Lakukan Pembibitan

Setelah batang stek didapatkan, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pembibitan. Langkah-langkah yang harus dilakukan pada proses pembibitan antara lain:

  1. Buat media semai atau media pembibitan terlebih dahulu. Untuk membuat medianya, siapkan bahan-bahan berupa sekam, tanah, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1, lalu campurkan menjadi satu.
  2. Siapkan wadah pembibitan berupa polybag. Selain mempersiapkan media tanam, siapkan juga cairan hormon dan nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan akar pada batang stek.
  3. Pada proses pembibitan, Anda tidak perlu melakukan pemupukan karena hal tersebut justru akan menghambat pertumbuhan akar.
  4. Agar tidak terjadi pembusukan pada bagian akar, buatlah beberapa lubang di bagian dasar polybag.
  5. Setelah media siap, buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5-10 cm. selain itu, Anda juga bisa langsung menancapkan batang dengan kedalaman kira-kira setengah dari tinggi media tanam.
  6. Jangan lupa untuk menyiram tanaman secara rutin agar kelembabannya terjaga.
  7. Letakkan media pada ruangan yang teduh dan jauh dari sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan pada stek bunga mawar.
  8. Lakukan perawatan pada bibit secara rutin hingga muncul 3-4 helai daun.
media bibit
petanitop.com

Baca Juga: Ingin Menanam Bunga Mawar? Ikuti 5 Tahapan Ini

Pembuatan Media Tanam

Ketika bibit sudah mengeluarkan beberapa helai daun, maka Anda sudah bisa memindahkannya ke lahan atau pot. Namun sebelum itu, Anda harus mempersiapkan media tanam yang tepat untuk pertumbuhannya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat media tanam bunga mawar antara lain:

  1. Jika akan menanam di pot, pilihlah jenis pot yang sesuai untuk pertumbuhan bunga mawar. Namun jika Anda ingin menanam mawar di lahan, jangan lupa untuk membersihkan lahan dari rumput dan gulma liar lain terlebih dahulu.
  2. Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Campurkan ketiga bahan tadi hingga merata, lalu masukkan kedalam pot atau lubang tanam jika Anda akan menanam di lahan.
  3. Pisahkan bibit dari media semai. Lakukan secara perlahan agar akar tidak rusak.
  4. Pindahkan bibit pada pot lalu tutupi dengan media tanam. Jika Anda akan menanam bunga mawar di lahan, gemburkan tanah dan isi dengan media tanam terlebih dahulu.
  5. Setelah tanaman dipindahkan, selanjutnya Anda bisa melakukan pemeliharaan secara rutin mulai dari penyiraman, pemupukan dan pemangkasan.
  6. Lakukan pemangkasan secara rutin agar tanaman cepat berbunga.

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menanam bungan mawar dengan metode stek. Penanaman dan perawatan yang dilakukan secara rutin dan sesuai tentu harus dilakukan, untuk mendapatkan tanaman yang sehat dan berbunga indah. Selamat mencoba.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Hama dan Penyakit Bunga Mawar Beserta Pengendaliannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://ilmubudidaya.com/cara-stek-bunga-mawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.