Ikuti 5 Langkah Ini untuk Menanam Bunga Walisongo

Apakah kamu tertarik untuk menanam bunga walisongo? Yuk jadiin artikel ini sebagai panduan kamu. PTD akan membagikan langkah-langkah penanamannya.

Bunga Walisongo merupakan tanaman hias yang memiliki tampilan indah dan unik, serta berfungsi untuk menetralkan polusi udara.

Bentuk daunnya yang menjari seperti daun singkong, dengan kombinasi warna hijau dan putih kekuningan membuat tanaman ini seringkali dijadikan pajangan dalam ruangan.

Di Indonesia sendiri, bunga yang termasuk ke dalam golongan tanaman perdu ini terbilang langka.

Ada berbagai jenis dan bentuk bunga walisongo, diantaranya ada yang memiliki bentuk daun bergelombang, ramping, runcing, serta lonjong.

Lagkah-Langkah Menanam Bunga Walisongo

Harga yang ditawarkan pasar untuk tanaman hias ini sangatlah tinggi, meskipun penanaman dan perawatan bunga ini cukup mudah.

Jadi tak ada salahnya jika kamu ingin menanam bunga ini sendiri dengan mengikuti 5 langkah mudah, diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Ingin Tanam Bunga Melati Belanda Tapi Masih Pemula? Ikuti 5 Tips Ini

Metode Serta Alat dan Bahan Penanaman

Untuk melakukan penanaman kamu bisa menggunakan 3 metode, yaitu metode stek, cangkok, serta  menyebarkan biji tanaman.

Namun kali ini, kita akan membahas penanaman melalui cara stek pucuk, karena metode ini mudah dipraktekkan serta mampu menghasilkan anakan yang lebih berkualitas dibandingkan dengan metode lainnya.

Ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan untuk melakukan penanaman. Diantaranya yaitu induk tanaman bunga, pisau atau gunting tanaman, media tanam, serta polybag atau pot sebagai tempat tanaman.

metode penanaman
youtube.com

Persiapan Media Tanam yang Sesuai

Untuk melakukan penanaman, kamu harus menyiapkan media tanam yang sesuai terlebih dahulu. Media tanam harus memiliki unsur hara yang cukup agar mempercepat pertumbuhan akar tanaman bunga.

Kamu bisa mencampurkan olahan pupuk kompos atau pupuk kandang, pasir malang, dan sekam bakar secara merata, dengan perbandingan 2 : 1 : 3. Setelah itu, biarkan selama 1 hari agar seluruh nutrisi dalam pupuk dapat terserap dengan baik.

media tanam
rumputgajahmini86.com

Baca Juga: Terapkan Cara Ini Untuk Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Penanaman Bunga Walisongo

Kamu bisa memotong cabangnya menggunakan gunting atau pisau dengan ukuran panjang antara 15-30 cm. Pilihlah batang tanaman yang sehat, berkualitas, serta tidak tua, setelah itu, olah si batang dengan zat perangsang atau fungisida.

Tanam bibit bunga Walisongo kedalam media tanam sementara yang sudah disediakan, lalu diberi sedikit air agar kelembabannya tetap terjaga.

Setelah bibit bunga menancap dengan kuat, kamu bisa memindahkannya ke dalam media tanam permanen. Bunga yang indah ini bisa kamu tanam di dalam pot yang menarik serta bewarna cerah, sebagai tanaman penghias ruangan.

Kamu juga bisa menanam bunga ini di halaman atau pekarangan rumah sebagai taman bunga, namun bunga Walisongo ini harus berada di tempat yang teduh.

Perawatan Bunga Walisongo

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus melakukan perawatan yang baik terhadap tanaman bunga walisongo.

Adapun perawatan yang harus dilakukan cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan memberikan penyiraman secara rutin, serta memberikan pupuk agar tanaman tetap terjaga kesuburannya.

Pupuk yang biasanya digunakan untuk merawat tanaman ini yaitu jenis pupuk cair yang disemprotkan langsung terhadap tanaman.

Pemangkasan Bunga Walisongo

Setelah penanaman bunga walisongo berhasil, kamu perlu melakukan pemangkasan terhadap tanaman agar terlihat lebih rapi. Sehingga tampilan bunga ini terus menghiasi ruangan atau pekarangan rumah mu.

Kamu bisa menggunakan alat pangkas tanaman atau gunting tanaman, untuk merubah bentuk tampilan bunga yang kamu inginkan.

Kamu tidak perlu khawatir dengan pemangkasan tanaman yang dilakukan, karena tunas baru akan tumbuh dari tunas yang telah dipotong. Sehingga kamu perlu memangkas bunga yang terlalu lebat di atas tunas yang tumbuh.


Itulah 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk menanam bunga walisongo, bukan hanya praktis namun tanaman ini juga sangat mudah untuk dirawat. Agar bunga selalu terlihat indah, kamu harus menjaga dan merawatnya dengan baik.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tahap Menanam Bunga Dahlia Sampai Perawatannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-walisongo

Sumber gambar utama: pertanianku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.