gambar-tanaman-adas

Adas merupakan tumbuhan dari famili Umbelliferae and genus Feoniculum. Tanaman jenis bunga sekaligus tanaman obat ini berasal dari Eropa selatan serta Mediterania. Kini tanaman adas sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk wilayah Indonesia.

Tanaman adas memiliki beragam manfaat, dan seringkali dijadikan sebagai obat serta bumbu rempah masakan. Maka tak heran bila banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis dari tanaman adas.

Mengenal Tanaman Adas

Tanaman adas adalah tanaman yang bisa tumbuh di wilayah dataran rendah ketinggian hingga 1800 mdpl, serta dataran tinggi seperti di Gunung Merbabu dan Gunung Merapi hingga 900 mdpl. Tanaman ini memiliki aroma wangi yang khas.

Tanaman adas tumbuh merumpun dengan tinggi hingga 50cm-2m dan bisa berumur panjang. Ketika masih muda, tanaman ini akan berwarna hijau dan ketika mulai tua tanaman ini berwarna kecoklatan agak kekuningan.

Tanaman ini juga memiliki keunikan, dimana buah yang tumbuh memiliki warna berbeda-beda berdasarkan negara asalnya. Tanaman adas memiliki buah yang rasanya seperti kamper dan bau yang khas ketika dikonsumsi. Buah adas berukuran kecil yang panjangnya 6-10 mm dan lebarnya 3-4 mm

Tanaman adas mempunyai batang sebanyak 4-5 batang berwarna hijau tua. Saat dipipihkan batang ini mempunyai bau yang khas. Sedangkan bagian daun adas seperti jarum yang panjangnya 30-50 cm. Tanaman ini memiliki bunga warna kuning berdiameter 5-15 cm.

gambar-tanaman-adasgambar-tanaman-adastanaman-adas

(Sumber: https://hijaukan.com/tanaman-adas/)

Tanaman adas memiliki tiga macam yang perlu Anda kenali, diantaranya seperti berikut:

  1. Tanaman Adas Sowa yang memiliki sebutan Anethum graveolens ini berasal dari wilayah Asia Barat serta Timur Tengah. Tanaman ini seringkali dijadikan sebagai bumbu masakan serta obat herbal. Ciri dari tanaman adas sowa yaitu memiliki daun berwarna hijau gelap dengan bentuk seperti tanaman pakis.
  2. Tanaman Adas Pedas yang memiliki sebutan latin Feoniculum vulgare ini memiliki aroma wangi yang sangat tinggi dan dapat tumbuh tinggi hingga 50 cm-2 m. Sehingga kandungan bijinya seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan minyak telon. Adapun biji yang dihasilkan merupakan biji kering yang panjangnya 4-9 mm.
  3. Tanaman Adas Manis yang memiliki sebutan Pimpinella anisum ini merupakan tumbuhan semusim yang panjangnya sekitar1 m. Tanaman ini memiliki daun yang panjangnya 2-5 cm dan bunga warna putih. Jenis tanaman adas manis sering dijadikan rempah serta obat herbal.

Baca juga : Peluang Usaha Pertanian, Modal Kecil Untung Besar

Peluang Bisnis Tanaman Adas

Tanaman adas memiliki khasiat yang tidak perlu diragukan lagi, karena tanaman ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat tanaman adas sendiri bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Kandungan atau zat yang baik dari tanaman adas terdapat pada bagian daun, bunga, serta buahnya. Secara keseluruhan tanaman adas memiliki kandungan anetol sebanyak 50-60%, minyak lemak sebanyak 12%, asam anisat, metilchavikol, dipenten, felandren, anisaldehid, pinen, minyak asiri. Serta kandungan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Zat yang terkandung dalam tanaman adas tersebut memiliki manfaat seperti berikut:

  1. Mengatasi Demam
  2. Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan
  3. Sebagai Obat Batuk
  4. Mengobati Batu Empedu

Mengingat banyaknya manfaat serta kegunaan dari tanaman adas, sehingga tanaman ini berperan sangat penting dalam perindustrian obat di Indonesia. Budidaya tanaman adas pun bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Lantaran permintaan tanaman adas baik dalam negeri maupun luar negeri terus meningkat. Namun produksi lokal adas masih belum bisa mencukupi kebutuhan permintaan pasar. Pada tahun 2000, negara Indonesia pernah mengimpor adas sebanyak 3000 ton dari negara Mesir, Iran, dan India.

Anda bisa mengambil kesempatan peluang usaha tanaman Adas, dengan membudidayakan dan mengembangkan tanaman ini. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan adas ketika panen maupun pada saat diolah menjadi obat tradisional atau masakan. Adapun target pembeli adas dari pasar tradisional hingga industri besar yang mengolah adas.

Itulah beberapa pembahasan mengenai tanaman adas beserta peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Untuk memulai usaha tanaman adas Anda bisa menanam di lahan yang sedang dengan perawatan yang baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Jenis Tanaman Bernilai Jual Tinggi dan Mudah Dibudidayakan

 

REFERENSI:

http://cbsagronusha.blogspot.com/2012/01/normal-0-microsoftinternetexplorer4.html?m=1gambar-tanaman-adas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.