Jenis Tanaman Bernilai Jual Tinggi dan Mudah Dibudidayakan

Apa saja tanaman-tanaman yang bernilai jual tinggi dan juga mudah dibudidayakan? Sobat PTD perlu mengetahui informasi berikut ini.

Tanaman Bernilai Jual Tinggi

Jika saat ini anda sedang melirik peluang untuk terjun dalam bisnis pertanian maka sangat penting untuk mengenali jenis – jenis tanaman yang bernilai ekonomis tinggi sehingga anda tidak dibuat pusing ketika hendak melakukan pemasaran pasca panen.

Kendala besar yang dialami oleh pebisnis bidang pertanian ialah target pasar yang sebelumnya kurang diperhitungkan sehingga ketika panen tiba, mereka akan kebingungan menjual kemana hasil panennya. Imbasnya, daya simpan yang relative pendek berakibat pada hasil panen yang busuk sebelum sampai ke tangan konsumen. Tidak inginkan hal tersebut terjadi pada Anda?

Berikut ini adalah jenis – jenis tanaman yang bisa anda pertimbangkan dalam memulai usaha pertanian:

Sayuran Organik

Tren budaya masyarakat sekarang ini telah meningkat dari sebelumnya melihat kuatitas kini beranjak ke kualitas sebuah produk salah satunya jenis makanan apa yang hendak mereka makan. Sayuran organic dipelihara tanpa penggunaan pupuk sintetik dan pestisida sehingga lebih aman dikonsumsi dan memiliki permintaan yang tinggi khususnya konsumen di perkotaan.

Beberapa budidaya sayuran organic yang bisa anda coba ialah hidroponik yang bisa menjamin kualitas sayuran anda. Walaupun keuntungan yang diperoleh tidak sebesar bisnis lainnya namun perputaran uangnya berlangsung setiap hari terbukti dengan tidak pernah absennya ibu – ibu berbelanja sayur mayur di pasar.

Tanaman Cepat Panen

Baca juga : Olah Buah Pepaya Jadi Kripik, Menjadi Peluang Usaha

Tanaman Rempah – Rempah

Bagaimana yah rasanya bila menikmati makanan tanpa rempah – rempah? Maka mungkin tidak ada nafsu makan. Selain itu, fungsi rempah – rempah dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, pengawet, minuman, kecantikan, dan lain – lain.

Peluang untuk membudidayakan rempah – rempah sangat terbuka lebar, pasalnya permintaannya yang cukup tinggi dan tidak pernah sepi pembeli layaknya sayuran. Tanaman rempah – rempah seperti jahe, ketumbar, lengkuas, lada, pala, seledri, vanili, dan lain – lain sangatlah dibutuhkan oleh restoran dan rumah makan. Peluang ekspornya pun sangatlah menjanjikan.

Baca juga : Pembuatan Permen Lidah Buaya Sebagai Peluang Usaha

Bawang merah dan Bawang Putih

Bumbu lainnya yang tidak pernah sepi pembeli ialah bumbu bawang merah dan bawang putih yang berguna untuk memberikan rasa dan aroma yang enak pada masakan. Selain itu, fungsi lain dari bawang putih sebagai antibiotic herbal yang menjaga tubuh dari kuman dan penyakit. Waktu panennya cukup singkat cuman 3 – 4 bulan sehingga perlu untuk anda pertimbangkan.

Pada beberapa hari besar di Indonesia seperti lebaran, natalan, galungan, dan lain – lain harga bisa sangat meroket karena penyuplai yang masih sangat terbatas. Anda pun bisa mengembangkan bisnis lainnya seperti bisnis bawang goreng yang bisa anda pasarkan ke indomaret, alfamart, pasar, serta rumah makan di sekitar anda.

Baca juga : Cara Pembuatan Susu Jagung Sebagai Peluang Usaha

Cabai

Tanaman yang bisa menghasilkan rasa pedas ini juga kerap kali diburu pada saat hari raya besar seperti lebaran, natalan hingga galungan. Kondisi ini menyebabkan pemerintah acapkali harus melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan cabai di dalam negeri.

Ada beragam jenis cabai yang bisa anda budidayakan seperti cabang kerinting, cabai rawit, cabai katokkon asli Toraja, dan cabai merah yang selalu kebanjiran pembeli. Keunikan tanaman ini bisa anda olah kembali seperti tanaman bawang dengan menjadikannya saus dan dikemas ulang untuk didistribusikan pada bermacam – macam warung makan yang membutuhkannya.

Baca juga : Pembuatan Stik Labu Kuning Sebagai Peluang Usaha

Tanaman Hias

Tanaman hias yang berfungsi untuk menghiasi rumah sehingga kelihatan elok, rapi dan indah menjadi bisnis pertanian lain yang tidak boleh anda lupakan. Pasalnya tanaman hias memiliki harga yang cukup tinggi, bahkan beberapa orang rela untun mengeluarkan jutaan hingga ratusan juga hanya untuk bisa mengkoleksi tanaman hias di rumahnya.

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda budidayakan ialah: suplir, keladi, pucuk merah, philodendron, aglaonema, puring, pohon palem, sirih gading, lemon lime dracaena, wali songo, pakis sarang burung, tanduk rusa, kuping gajah, keladi red star, lidah mertua, gelombang cinta, dan lain – lain. 

Tanaman Hias Berbunga

Selain itu, tanaman hias berbunga menjadi piliihan lain yang perlu anda lirik. Jenis tanaman ini banyak orderan disaat pangelaran upacara besar, wisuda, promosi, dan beberapa orang menghadiahkan untuk orang yang dikasihinya.

Beberapa jenis bunga yang memiliki target pasar yang jelas ialah: bunga mawar, lavender, krisan, geranium, morning glory, angrek, petunia, begonia, anthurium dan piece lily.

Baca juga : Peluang Usaha Membuat Nugget Sayuran


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

REFERENSI

  • https://www.romadecade.org/tanaman-hias-daun/
  • https://hot.liputan6.com/read/4111059/10-jenis-tanaman-hias-bunga-dalam-pot-mudah-merawatnya
  • http://ilmubudidaya.com/tanaman-penghasil-uang-banyak

-Sumber foto : Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.