olah keripik pepaya

Yuk, olah buah pepaya jadi kripik, menjadi peluang usaha kamu. Jadiin artikel ini sebagai panduan kamu ya.

Kamu sudah tahu belum, bahwa akhir-akhir ini buah papaya yang diolah menjadi kripik sedang trend? Biasanya buah yang kaya akan vitamin A ini dari pada diolah, lebih banyak dikonsumsi secara langsung.

Akan tetapi, apakah kamu sudah tahu bahwasannya buah ini dapat diolah menjadi keripik, ingin tahu caranya? Simak ulasan berikut ini.

Buah papaya yang memiliki nama latin carica papaya mengandung vitamin A yang tinggi, dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah ini juga memiliki harga yang terjangkau, agar tubuh kamu mendapat asupan gizi, dengan mengkonsumsi buah ini menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan loh.

Mungkin jarang terpikirkan oleh kamu, bahwa buah yang mengandung banyak air ini dapat menjadi keripik. Dengan adanya mesin vacuum frying dapat menjadikan buah yang memiliki rasa manis ini jadi kripik yang manis serta gurih.

Walaupun belum banyak yang mengetahuinya, nyatanya buah ini tak kalah nikmat dengan olahan jenis buah lainnya seperti es buah, manisan papaya, salad buah, es campur, dan banyak lagi.

Alat yang Digunakan

Saat ingin mengolah kripik, pastilah menggunakan sebuah alat berupa mesin untuk menggorengnya, meniriskan minya serta pengemasan. Berikut ini merupakan alat-alat dalam pembuatan kripik buah yang renyah:

Baca Juga: Pepaya California Mudah Dibudidayakan dengan 5 Langkah Ini

Mesin Penggoreng (Mesin vacuum frying)

Mesin ini digunakan sebagai pembuat keripik buah, dengan penggoreng hampa yang menghasilkan sayuran dan buah yang memiliki kualitas baik.

Alat yang digunakan sebagai pemanasnya adalah kompor LPG dan menggunakan pompa air sistem sirkulasi vacuum. Mesin yang dilengkapi dengan lampu yang ada di dalam tabung agar dapat melihat hasil dari pemrosesan kripik.

Peniris Minyak (Mesin spinner)

Mesin ini digunakan untuk megurangi minyak, bisa juga menghilangkan minyak yang ada di kripik setelah masa penggorengan.

Alat Pengemas

Kripik yang sudah jadi di kemasi dengan menggunakan alat ini.

Langkah Olah Buah Pepaya Menjadi Kripik

Apabila kamu masih pemula, dan baru mendengar jenis kripik yang satu ini pasti penasaran apa sajakah bahan-bahan yang diperlukan dalam pengolahannya.

Tahukah kamu bahwa dalam pengolahan kripik papaya ini hanya membutuhkan buah pepaya yang segar, tambahan dari komposisi lainnya tidaklah diperlukan kecuali minyak goring.

Berikut ini merupakan cara mengolah keripik buah papaya, yaitu:

pepaya california
bibitonline.com

Bahan Olahan

  1. Terlebih dahulu sediakan buah papaya yang segar sebagai bahan baku. Pilihlah jenis buah papaya California atau buah papaya Bangkok yang memiliki warnah daging yang merah. Usahakan tidak menggunakan buah yang terlalu matang, yang akan menimbulkan hasil yang kurang baik.
  2. Kemudian sediakan minyak goring untuk menggoreng kripik.

Baca Juga: Cara Budidaya Buah Carica Atau Pepaya Dieng

Cara Pengolahan Keripik

  1. Setelah kamu mendapatkan buah yang diinginkan. Buah yang sudah tersedia di kupas kulitnya hingga bersih
  2. Kemudian buang hingga bersih biji-biji yang terdapat pada buah
  3. Lalu cuci hingga bersih buah papaya
  4. Setelah itu, rajang buah dengan bentuk yang kamu sukai dengan tebal kira-kira 5 mm.
  5. Setelah selesai merajangnya, irisan dari buah tadi dimasukkan ke dalam freezer dan biarkan selama 24 jam.
  6. Sambil menunggu irisan yang dimasukan kedalam freezer, kamu dapat menyiapkan mesin vacuum frying dan memasukan minyak goring. Sesuaikan dengan ukuran mesin yang kamu gunakan.
  7. Kemudian irisan buah yang dingin digoreng dengan suhu yang rendah, kira-kira 850C, agar kripik tidak gosong. Dan hasil yang didapat kan baik.
  8. Jangan lupa untuk melihat kripik yang didalam mesin vacuum, apabila sudah kering diangkat dan ditiriskan minyaknya.
  9. Pastikan kamu sudah menyiapkan mesin spinner untuk memisahkan minyak dari kripik
  10. Setelah masa pengemasan selesai, maka kripik sudah siap dinikmati.

Saat proses pengemasan sebaiknya menggunakan jenis yang berbahan alumunium foil yang dapat menjaga ketahanan produk dengan masa panjang. Perhatikan sistem packing nya, karena dapat memengaruhi kualitas produk agar tahan lama dan tetap awet.

keripik pepaya
tokomesin.com

Peluang dari Usaha Kripik Pepaya

Mengolah buah pepaya menjadi kripik akan meningkatkan nilai jual buah. Bisa dibayangkan, harga perkilo nya pepaya Rp. 3000.

Akan tetapi dengan melakukan pengolahan dari pepaya menjadi kripik, kamu bisa menghargainya menjadi berkalilipat. Gambaran harga dari keripik ini kira-kira Rp. 65.000/kg.

Seperti yang diketahui, bukan hanya di Indonesia saja yang menjadi penggemar buah pepaya. Negara Jepang menjadi salah satu penggemar buah yang manis ini.

Mereka mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi buah ini dapat membuat tetap awet muda, hal inilah yang menjadikan buah ini jadi favorit di Negara Jepang.


Itulah tadi cara olah buah pepaya menjadi keripik, bagaimana sobat PTD tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Budidaya Pepaya Aloha Prime di Desa Selosabrang, Jawa Tengah

Penulis: Donda Sari

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://www.kompasiana.com/databisnisekonomi/589034baa3afbd6105c941af/cara-membuat-keripik-buah-pepaya-yang-renyah?page=2

Sumber gambar utama: kaskus.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.