buah carica

Apakah kalian tau budidaya buah carica? Mau cara mudah untuk budidaya nya? Pak Tani Digital akan membagikan informasi megenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Buah Carica atau  Pepaya Dieng

Mengenal Buah Carica

buah carica
teras.id

Baca juga: Cara Budidaya Terong Belanda Dengan Cara Mudah

Carica adalah buah khas dari daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Buah ini hanya dapat berbuah di ketinggian diatas 1500 mdpl, dan hanya bisa tumbuh di beberapa tempat saja di dunia.

Bahkan budidaya buah ini di Indonesia hanya bisa dikembangkan di dataran tinggi Dieng, Wonosobo.Buah ini masik termasuk marga pepaya tapi rasanya sangat berbeda dengan pepaya.

Buah ini tidak bisa dimakan langsung karena memiliki getah yang membuat gatal jika langsung dimakan begitu saja. Dengan memiliki rasa manis dan aroma yang khas buah ini akan memiliki rasa eksotik jika diolah dengan baik.

Carica juga merupakan sumber gula, kalsium, Vitamin A dan C dan banyak mengandung minyak atsiri sehingga memiliki manfaat melancarkan pencernaan, baik untuk kesehatan mata, manangkal radikal bebas dan menghambat tumbuhnya sel kanker.

Dengan melihat banyaknya kandungan pada buah carica sehingga menjadi peluang usaha untuk membudidayakan  buah ini untuk mendapat penghasilan masyarakat sekitar.

Budidaya Buah Carica

Dengan melihat banyaknya kandungan pada buah carica sehingga menjadi peluang usaha untuk membudidayakan  buah ini untuk mendapat penghasilan masyarakat sekitar. Berikut cara budidayanya:

buah carica
superayawonosobo.com

Baca juga: 5 Tahap Menanam Buah Cherry Paling Mudah Bagi Pemula

  1. Persiapan Bibit melalui biji

Biji yang dimabil adalah biji ke 2/3 dari ujung, setelah itu biji akan direndam sehari semalam. Biji yang tenggelam akan diambil dan ditiriskan diatas koran selama 1 minggu hingga kulit biji mengelupas.

  1. Persemaian

Biji akan disemai dalam polybag dengan menggunakan tanah dan kompos (perbandingan 2:1) dan disiram secara rutin agar kelembapannya terjaga

  1. Penanaman

Pastikan media tanam yang digunakan telah dicampur dengan pupuk kandang, setah itu diamkan media tanam tersebut selama kurang lebih 1 minggu.

Jarak tanam buah carica 3×4 m, lepaskan polybag persemaian dan masukkan bibitnya kesetiap lobang tanam dan pastikan akar tidak patah.

  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan secara rutin yaitu lakukan penyulaman jika ada tanaman yang mati, penyiraman dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore dan pemupukan yang dilakukan setiap 6-12 sekali menggunakan pupuk urea, SP-36 dan KCL.

  1. Pemanenan

Biah carica dapat dipanen sekitar umur 2 tahun jika dipererbanyak dengan biji (generatif) dan 1,5 tahun jika diperbanyak dengan stek (vegetatif).


Itulah infoemasi mengenai cara budidaya buah carica. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: 4 Tips Membudidayakan Mangga yang Berbuah Manis

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.