cengkeh

Apakah Anda ingin melakukan budidaya cengkeh? Artikel kali ini PTD akan membagikan langkah apa saja yang perlu Anda lakukan agar tanaman cengkeh Anda cepat panen.

Cengkeh termasuk salah satu bahan rempah-rempah yang paling dicari sebagai bahan penyedap masakan. Selain itu, minyak cengkeh termasuk hasil produksi olahan yang paling banyak mendapatkan penawaran dari mancanegara sebagai bahan industri parfum ataupun bahan farmasi.

Kelemahan tanaman cengkeh ialah waktu panen yang relatif lama sehingga tidak banyak yang menggeluti bidang ini. Bagi kamu yang tertarik namun masih ragu-ragu untuk memulai sebagai petani cengkeh, 5 langkah ini dapat menjadi solusi bagi kamu.

5 Langkah Mudah Budidaya Cengkeh

Berikut langkah budidaya cengkeh agar cepat panen, yaitu:

Pembibitan

Gunakan bibit yang unggul dan berkualitas sehingga menghasilkan cengkeh yang berkualitas pula. Kamu dapat menggunakan buah cengkeh yang sudah tua, dengan warna ungu kehitaman.

Setelah itu, kupas buah dengan hati-hati dan pastikan biji yang keluar tidak lecet maupun luka. Lakukan pencucian dan perendaman pada biji cengkeh yang telah dipilih, kemudian biji ditanam pada media tanam yang telah disediakan.

biji-cengkeh
jualo.com

Baca Juga: Kenali Varietas dan Syarat Tumbuh Lada, Primadona Rempah Indonesia

Pembuatan Media Tanam dan Penyemaian

Siapkan bahan-bahan seperti tanah gembur, pupuk kandang, pot atau polybag, cetak dan air. Kemudian campurkan tanah dengan pupuk kandang menggunakan perbandingan 2:1.

Hasil campuran kemudian dimasukkan ke dalam pot atau polybag dengan membuat lubang di bagian tengahnya untuk meletakkan bibit cengkeh.

Biji diletakkan pada lubang polybag kemudian ditutupi dengan tanah dan dipadatkan lalu siram dengan air secukupnya.

Polybang ditempatkan pada daerah yang sejuk namun cukup mendapatkan sinar matahari sekitar 25%. Pantau perkembangan bibit cengkeh secara rutin dan teliti.

Penyiapan Lahan

Penyiapan lahan pada cengkeh dilakukan sebelum 2 bulan penanaman cengkeh. Lahan yang baik ialah berada di area terbuka dan memperoleh sinar matahari, bebas gulma, bebatuan dan tanaman pengganggu, serta dilakukan penggemburan denga pupuk kandang.

Setelah tanah digemburkan dengan pupuk kandang kurang lebih satu minggu, tanah dicangkul dengan kedalaman 75 cm dan lebar 50 cm, kemudian dimasukkan lagi pupuk kandang ke dalam lubang. Lahan kemudian didiamkan sampai bibit siap ditanam.

Baca Juga: 5 Langkah Sukses Membudidayakan Lada

Pemindahan Bibit Cengkeh

Bibit cengkeh yang telah berusia 2 tahun dapat dipindahkan pada lahan, sehingga batang cengkeh menjadi besar dan bisa menghasilkan kuncup bunga yang banyak.

Adapun bibit yang dipindahkan pastikan termasuk bibit dengan batang yang lurus, lalu bersihkan bibit dari polybag dan tanam pada lubang yang tersedia. Bibit cengkeh yang telah ditanam kemudian dipadatkan sambil menyemprotkan air ke dalam tanah.

Bibit cengkeh yang ditanam kemudian diikat dengan kayu untuk mempertahankan posisinya tetap tegak. Terakhir, pupuk kandang ditaburkan pada area sekitar lubang tanaman cengkeh.

bibit cengkeh

Perawatan dan Panen Cengkeh

Proses perawatan tanaman cengkeh terbilang mudah dan tidak terlalu merepotkan. Proses penyiangan dengan membersihkan gulma pada area sekitar batang cengkeh. Pemupukan dengan pupuk kandang dilakukan satu kali dalam empat bulan.

Penyemprotan insektisida dilakukan untuk menjaga agar tanaman cengkeh terhindar dari hama yang mengganggu, kemudian proses perawatan dilakukan secara rutin dengan penyiraman air.

Proses panen cengkeh dilakukan dengan memetik bagian bunga cengkeh yang masih kuncup. Umumnya usia panen pada tanaman cengkeh dapat dilakukan pada umur 4,5-8,5 tahun.

Pada tahap pertama 50-60 % jumlah bunga yang ada di pohon telah matang dan bisa di petik, pemetikan diulangi setiap 10-14 hari selama 3-4 bulan.

Pada Pulau Jawa, panen  dapat dimulai pada bulan Mei dan berakhir di bulan Juli-Agustus, namun hal ini tergantung daerah masing-masing.


Itulah langkah mudah melakukan budidaya cengkeh agar cepat panen. Selamat mencoba.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Melihat Potensi Kapulaga di Solok Selatan yang Menjanjikan

Penulis: Suryadi Pappa

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. 2018. Tanaman Cengkeh (Syzigium aromaticum). Diakses dari : https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/tanaman-cengkeh-syzigium-aromaticum-88.
  • Sugeng. 2019. Tips Budidaya Cengkeh Agar Tumbuh Subur dan Cepat Panen. Diakses dari : https://abahtani.com/budidaya-cengkeh/.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.