Budidaya Pepaya Aloha Prime

Apakah kamu sudah pernah melihat budidaya Pepaya Aloha Prime? Nah, di daerah Temanggung, tepatnya di Desa Selosabrang, terdapat sebuah perkebunan unik yang membudidayakan Pepaya Aloha Prime.

Wilayah Temanggung berada di daerah lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang membuat kawasan Temanggung subur dan asri. Temanggung terkenal dengan komoditi pertanian tembakau, kopi, dan jagung yang subur. Menariknya, Temanggung kini tidak hanya dikenal sebagai central komoditi pertanian tembakau, kopi, dan jagung, melainkan juga central perkebunan budidaya buah pepaya.

Buah pepaya tumbuh subur di daerah Temanggung, Jawa Tengah. Sejumlah wilayah di Temanggung dikenal sebagai central perkebunan pepaya. Beberapa jenis buah pepaya yang tumbuh subur di kawasan ini seperti Pepaya California hingga jenis Pepaya Aloha Prime.

Salah satu central perkebunan pepaya di daerah Temanggung adalah Desa Selosabrang, tepatnya berada di Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Desa Selosabrang terdiri 5 dusun yang meliputi Dusun Selosabrang 1, Selosabrang 2, Saben, Tambak, dan Dusun Combrang, terdiri 4 RW dan 15 RT serta 614 KK dengan populasi penduduk 1886 jiwa.

Lokasi Desa Selosabrang terletak di lereng Gunung Sindoro yang berada ketinggian 600 mdpl. Jarak Desa Selosabrang ke ibukota kecamatan 1,5 km dan jarak ke kota Temanggung adalah 35,5 km. Wilayah Desa Selosabrang memiliki luas 1,254 hektar, yang terbagi menjadi lahan sawah 43 hektar dan bukan lahan sawah 1.254 hektar.

Baca juga: Beternak Lebah Trigona, Peluang Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Budidaya Pepaya Aloha Prime

Lahan pertanian yang ada di Desa Selosabrang, sebagian besar berada di kawasan dataran tinggi sehingga menjadikan kawasan ini subur dan alami. Daerah yang subur di Desa Selosabrang ini kemudian dijadikan lahan perkebunan, salah satunya perkebunan pepaya. Jenis buah pepaya yang tumbuh di daerah Desa Selosabrang berbeda dengan jenis buah pepaya pada umumnya yang ada di wilayah Temanggung, yaitu jenis Pepaya Aloha Prime. Pepaya Aloha Prime adalah jenis pepaya impor yang berasal dari negara Jiran Malaysia.

Pepaya eksklusif bernama Aloha Prime ini berkembang di Indonesia awalnya dibudidayakan oleh Budi Dharmawan di Sukabumi, Jawa Barat hingga akhirnya maju pesat seperti sekarang ini. Pepaya Aloha Prime dari negeri Jiran seukuran pepaya Hawai. Rasa manis dan lezat adalah ciri khas dari pepaya Aloha Prime yang membuat pepaya ini disukai.

Budidaya pepaya Aloha Prime di daerah Temanggung dikelola oleh Yayasan Ilmu Tani. Alasan Yayasan Ilmu Tani Temanggung membudidayakan buah pepaya Aloha Prime di Desa Selosabrang, Temanggung adalah Desa Selosabrang dipandang sebagai daerah yang subur dan potensial untuk dijadikan sebagai lahan perkebunan pepaya Aloha Prime.

Semenjak Desa Selosabrang menjadi kawasan perkebunan pepaya Aloha Prime, geliat ekonomi desa ini semakin maju. Hal ini terlihat dari kegiatan masyarakat Desa Selosabrang yang mulai membudidayakan beragam buah-buahan lokal selain buah pepaya seperti rambutan, mangga, durian Musangking, kelengkeng, pisang raja, naga, dan pisang mas.

Kini, kebun buah yang ada di Selosabrang milik Budi Dharmawan tersebut akan dikembangkan menjadi kawasan buah komersial yang berorientasi pasar dengan sistem Planted Paradise. Sistem ini diawali dengan pembangunan waduk sebagai sumber air sehingga tanaman buah yang dibudidayakan di kawasan ini tumbuh berproduksi dengan baik. Kemudian, nantinya model ini dikembangkan menjadi konsep one village one product.

Menariknya, kawasan perkebunan pepaya Aloha Prime tersebut dibangun di lahan yang dikelilingi oleh sebuah embung yang indah dan asri. Embung yang dibangun di atas bukit sekitar kawasan perkebunan pepaya kemudian dinamakan Embung Selosabrang.

Embung Selosabrang yang dibangun di atas bukit bertujuan untuk mengantisipasi musim kemarau. Awalnya, Embung Selosabrang dibuat bukan sebagai tempat wisata, melainkan sebagai sumber irigasi perkebunan pepaya yang ada di sekitar embung. Dari lokasi perkebunan pepaya, bila cuaca cerah, kita dapat melihat berbagai gunung mulai Gunung Sumbing, perbukitan Muncar, Gunung Ungaran, dan gunung lainnya yang indah.

Budidaya pepaya Aloha Prime di Desa Selosabrang memberi dampak luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat Desa Selosabrang dan sekitarnya. Tidak hanya sebagai desa central perkebunan buah pepaya Aloha Prime, tetapi kini berkembang menjadi tempat destinasi wisata baru di Temanggung, Jawa Tengah.

Klik & Baca: Abdul Qohar, Petani Pepaya Calina yang Berpenghasilan 18 Juta per Bulan

Penulis: Suryatiningsih

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.