Ciri-Ciri dan Jenis Ikan Salmon yang Perlu Kamu Ketahui

Ikan salmon merupakan hewan yang memiliki beragam manfaat dan sering diburu oleh orang. Pasalnya, dari ribuan jenis ikan, yang banyak mengandung nilai gizi dan sangat bermanfaat adalah ikan salmon.

Selain itu, ikan salmon juga memiliki ciri-ciri yang tak sama dengan jenis ikan lainnya.

Ciri-Ciri Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki ciri-ciri diantaranya adalah panjang tubuh jantan sekitar 84 cm sedangkan untuk betina umumnya sekitar 71 cm.

Ikan ini termasuk golongan ikan tragis dengan hidup secara anadromus. Ikan salmon tinggal di habitat air tawar, muara, dan juga air laut.  Selain itu, ikan salmon memiliki berat maksimal sekitar 7710 gram pada usia maksimal tahun ke-8.

Temperatur optimal yang cocok untuk perkembangan ikan salmon yaitu sekitar 250 derajat Celcius.  Sirip punggung lunak berjumlah sekitar 11-16 buah. Sirip anus lunak berjumlah sekitar 13-18, dan jumlah tulang punggung sekitar 56-67 buah.

Keunikan dari ikan salmon ini, yaitu hidupnya berpindah-pindah tempat alias selalu buat imigrasi selama berkembang biak. Ikan ini pertama lahir di perairan tawar lalu berpindah ke air laut setelah dewasa. Ia berpindah tempat dengan kedalaman antara 0 hingga 250 meter.

Ikan salmon hidup berkoloni dalam berpindah tempat lahir, untuk berkembang biak. Hebatnya ikan salmon adalah mampu mengingat dengan jelas tempat saat ia menetas, sehingga peneliti juga belum dapat menemukan jawabannya.

Keunikan lain yang terdapat pada ikan salmon adalah dapat menjelajahi sungai hingga sejauh 1.400 km bahkan dapat pula melawan arus setinggi 2.100 meter.

Baca Juga: Ikan Salmon Segar, Ingat 4 Tips Ini untuk Memilihnya

Jenis Ikan Salmon di Dunia

Meskipun mengalami peningkatan keinginan dan kebutuhan, salmon merupakan jenis ikan yang baru masuk ke Indonesia.

Hal itu tentu saja tidak sama seperti negara Eropa maupun Amerika, yang sudah sering menjadikan salmon sebagai bahan pangannya. Sebenarnya terdapat beragam jenis ikan salmon di dunia. Apa sajakah itu?

Salmon King (Chinook Salmon, Oncorhynchus tshawytscha)

Salmon King
Salmon King | Foto: knom.org

Biasanya orang menyebut jenis ikan salmon ini dengan sebutan salmon raja. Ikan ini dikenal karena teksturnya yang mirip mentega, maka tidak heran bila minyak omega-3 paling tinggi berada di jenis ikan ini.

Ikan ini cukup populer di negara Amerika Utara dan dibudidayakan di British Columbia dan Selandia Baru. Jenis ikan ini tergolong mahal, karena beberapa yang dijual memiliki berat 9 hingga lebih dari 20 kg.

Coho (Silver Salmon, Oncorhynchus kisutch)

Jenis ikan salmon yang satu ini sering ditemukan di swalayan, karena ikan ini sangat populer. Coho merupakan jenis ikan yang disediakan melimpah apalagi pada bulan Agustus dan September.

Satu ekor ikan salmon coho memiliki berat sekitar 2,5 sampai 5,5 kg. Coho seringkali dijadikan daging asap karena memiliki berat yang ringan.

Sockeye (Red Salmon, Oncorhynchus nerka)

Red salmon atau salmon merah dikenal karena dagingnya yang cenderung berwarna merah terang. Karena warnanya yang berwarna merah, ikan ini kaya akan lemak sehat dan omega 3.

Jenis ikan salmon yang satu ini bisa Anda temukan di berbagai toko bahan makanan. Salmon ini cocok untuk dipanggang karena memiliki berat bobot hingga 2,5 kg.

Salmon Merah

Chum (Dog Salmon, Oncorhynchus keta)

Julukan dog salmon diberikan karena salmon chum jantan akan mengembangkan gigi selama pembuahan. Ikan ini berwarna ungu seperti lebam pada bagian badannya. Berat rata-ratanya sekitar 3,5 hingga 7 kg.

Pink (Humpback Pink Salmon, Oncorhynchus gorbuscha)

Salmon ini berwarna merah muda dan memiliki punuk yang agak menonjol. Jenis ikan salmon ini sering dibuat dalam kemasan kalengan dengan rasa yang gurih dan ringan. Berat dari ikan salmon ini sekitar 1,5 hingga 2,5 kilogram.


Itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri ikan salmon serta beberapa jenis ikan salmon di dunia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membudidayakan Ikan Salmon

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.