Ikan Salmon Segar, Ingat 4 Tips Ini untuk Memilihnya

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang seringkali diburu. Pasalnya, ikan salmon memiliki kandungan gizi yang tinggi yaitu lemak dan omega 3. Namun, meskipun begitu, Anda harus mengetahui ciri-ciri dari ikan salmon segar.

Selain itu, Anda yang menyukai olahan ikan salmon, juga harus mengetahui harga pasarannya di Indonesia.

Tips Memilih Ikan Salmon Segar

Seperti yang telah kita ketahui, ikan salmon di Indonesia diimpor dari negara Norwegia. Pasalnya, Norwegia merupakan negara yang membudidayakan ikan salmon terbesar.

Berikut ini adalah tips-tips untuk memilih ikan salmon segar yang perlu Anda lakukan.

Bau ikan Salmon

Bau amis ikan salmon yang segar tidaklah begitu menyengat indra penciuman. Namun sebaliknya, bau amis yang menyengat merupakan tanda bahwa ikan tersebut sudah tidak segar. Jadi, Anda bisa menciumnya terlebih dahulu sebelum membeli ikan salmon di pasar tradisional maupun modern.

Warna daging

Warna daging juga bisa menentukan bahwa ikan tersebut termasuk masih segar atau tidak. Daging salmon yang berwarna merah muda menandakan ikan tersebut masih segar. Namun, ketika salmon terlihat berwarna pucat dan terdapat bintik-bintik coklat pada daging tersebut, itu menandakan daging yang tidak segar.

Tekstur ikan

Selain bau dan juga warna, tekstur ikan juga harus diperhatikan dalam mencari ikan yang segar. Ikan salmon yang tidak segar memiliki tekstur daging lembek ketika dimakan. Selain itu, salmon yang tidak segar memiliki lendir yang berlebih di dalam dagingnya.

Warna insang

Ikan salmon yang segar dan berkualitas baik memiliki warna kemerahan pada insangnya. Sementara warna gelap pada insang menandakan ikan tersebut tidak segar.

Nah, itulah tips-tips dalam memilih ikan salmon segar. Tentu dengan mengetahui tips ini, Anda tidak akan gegabah lagi dalam membeli ikan salmon yang berkualitas baik.

Baca Juga: 7 Ikan Terbaik untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Olahan Daging Ikan Salmon

Harga Ikan Salmon

Jenis ikan salmon tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini membuat ikan salmon semakin digandrungi. Di Indonesia, harga ikan salmon pun sangat beragam. Berikut ini merupakan harga ikan salmon per kilogram di berbagai tempat.

Harga Ikan Salmon Di Giant

Untuk memenuhi kebutuhan daging ikan salmon, maka ikan tersebut didatangkan dari luar. Tempat penjualannya pun berbeda-beda, misalnya saja di Giant. Giant sendiri merupakan salah satu supermarket terbesar di Indonesia yang menyediakan daging ikan salmon berkualitas.

Untuk harga yang ditawarkan, per 100 gram dibandrol dengan harga Rp 32.000. Untuk harga per kg, dijual sekitar Rp 310.000.

Harga Ikan Salmon Di Carrefour

Bukan hanya Giant, pasalnya Carrefour juga merupakan salah satu supermarket terbesar dan banyak dibangun di daerah Indonesia. Karena ikan salmon didapatkan dengan impor dari negara lain, maka tak heran bila produk ini masih sama mahalnya di tempat lain.

Yang menjadi pembeda dari produk ikan salmon di tempat ini adalah bentuk kemasannya. Harga ikan salmon per 100 gram sekitar Rp 31.000 dan untuk per kg seharga Rp 300.000.

Harga Ikan Salmon Di Superindo

Di supermarket yang berlogo singa ini, harga iklan salmon juga tidak jauh berbeda. Meskipun demikian, masih banyak orang yang beranggapan bahwa harga ikan salmonnya murah.

Untuk harga ikan salmon di Superindo sendiri, dengan kemasan per 100 gram, dibanderol dengan harga Rp 30.000 sedangkan per kg dibanderol seharga Rp 290.000.

Harga Ikan Salmon  Di Hypermart

Bagi Anda yang senang memasak berbagai hidangan dari olahan salmon, pasti sering membelinya. Hypermart sendiri menawarkan harga cukup murah yakni sekitar Rp 29.000 per 100 gram dan Rp 280.000 per kg.

Harga Ikan Salmon Di Pasar Tradisional

Pasar tradisional juga sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Terdapat daging ikan salmon yang dijual dengan harga yang tentunya lebih murah. Hal itu karena kualitasnya yang biasa saja, dan kemasan yang sederhana. Untuk harga per kg, ikan salmon dibanderol dengan harga Rp 270.000.

Itulah daftar harga ikan salmon yang bisa dijadikan patokan saat berbelanja.


Nah, sobat PTD, apakah kamu tertarik untuk membudidayakan ikan salmon? Pak Tani Digital sudah menyediakan panduannya: Langkah-Langkah Membudidayakan Ikan Salmon.

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.