7 Ikan Terbaik untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ikan adalah sumber makanan yang memiliki kandungan protein dan gizi yang tidak kalah dengan sumber makanan lainnya. Ikan termasuk makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak sehingga perlu disajikan sebagai santapan rutin keluarga. Bahkan, kandungan lemak omega-3 dan omega-6 serta protein pada ikan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang kecerdasan anak.

Namun, tidak semua jenis ikan itu baik. Ada ikan yang mengandung metil merkuri yang justru dapat meracuni otak dalam skala besar. Oleh karena itu, Pak Tani Digital ingin membagikan informasi tentang ikan-ikan terbaik yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Nah, apa sajakah itu? Silahkan simak di bawah ini.

Ikan Bandeng

Ikan bandeng merupakan ikan yang memiliki banyak gizi di dalamnya dan dijual dengan harga yang terjangkau. Dalam 100 gram ikan bandeng, terdapat 20 gram protein, 4,8 gram lemak, 123 kalori energi, dan asam lemak omega-3. Selain meningkatkan kecerdasan otak, kandungan omega-3 juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan daya penglihatan anak. Biasanya, ikan ini sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang gurih.

Tulang ikan bandeng sendiri mengandung banyak nutrisi yang mampu menunjang fungsi tulang dan gigi. Secara keseluruhan, kandungan ikan bandeng tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak anak. Akan tetapi, ikan ini memiliki banyak duri sehingga harus dimasak dengan panci bertekanan tinggi atau teknik presto supaya durinya melunak.

Ikan Cakalang

Ikan Cakalang
Sumber: jualbalebale.com

Ikan yang berprotein tinggi ini juga mengandung asam lemak omega-3. Kandungan dalam 100 gram ikan cakalang adalah 19,6 gram protein, 5,5 gram karbohidrat, 0,7 gram lemak, dan 107 kalori energi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan daya ingat anak.

Ikan cakalang biasanya diolah menjadi ikan asap dan abon sehingga bisa disajikan dalam bentuk abon yang disukai oleh buah hati sang Ibu.

Ikan Ekor Kuning

Selain baik untuk pengembangan otak anak, ikan ekor kuning juga mampu menambah nafsu makan. Ikan ini mengandung omega-3 dan omega-6. Dalam setiap 100 gram ikan ekor kuning, terdapat 22,3 gram protein, 2,1 gram karbohidrat, 1,2 gram lemak, dan 108 kalori energi.

Ikan ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Cara untuk memasaknya pun tidak sulit, cukup goreng ikannya dalam bentuk fillet atau dimasak secara utuh kemudian menambahkan beberapa bumbu supaya rasanya lebih gurih.

Ikan Salmon

Bukan hanya rasanya yang enak, ikan ini juga mengandung protein yang tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 dan dalam 100 gram ikan salmon mengandung 46 gram protein, 23 gram lemak, dan 415 kalori. Selain itu, ikan ini juga mengandung zat yang dibutuhkan otak seperti zat besi, niasin, zinc, vitamin B12, vitamin B6, dan lain-lain.

Ikan Salmon
Sumber: sidomi.com

Ikan Tuna

Kandungan omega-3 yang dimiliki oleh ikan tuna sangat tinggi. Ada juga ikan tuna yang kandungan omega-3-nya hampir sama dengan ikan salmon. Dalam 100 gram ikan tuna, terdapat 30 gram protein, 6 gram lemak, dan 184 kalori energi. Selain protein dan lemak, ikan tuna juga mengandung magnesium, kalium, fosfor, DHA, tiamin, dan vitamin B6 untuk menunjang kecerdasan otak anak.

Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan ikan yang sangat murah dan mudah ditemukan di mana saja. Meskipun harganya yang murah, ikan ini tetap memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam setiap 100 gram ikan bandeng, terdapat 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, dan 125 kalori. Ikan kembung juga mengandung banyak omega-3 dan dan DHA. Dalam satu ons ikan kembung, terdapat sekitar, 2,6 gram omega-3. Jadi, ikan ini sangat cocok diberikan kepada anak-anak pada usia dini.

Ikan patin

Ikan ini mengandung 2 jenis asam lemak yaitu DHA dan EPA yang dapat mengembangkan kecerdasan otak. Setiap 100 gram ikan patin mengandung 1,1 gram karbohidrat, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 132 kalori.


Nah, itulah 7 ikan terbaik yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Sudah seharusnya para ibu memberikan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi seperti ikan kepada anak-anaknya supaya kecerdasan otak anak pun dapat berkembang dengan cepat.

Baca juga: Tips Menyimpan Ikan Segar Agar Tahan Lama

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Silahkan download di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.