Tips Menyimpan Ikan Segar Agar Tahan Lama

Mengenai ikan, siapa sih yang tidak suka ikan? Apalagi ikan sangat baik untuk kesehatan karena mengandung protein , omega 3 dan lainnya. Akan tetapi, apakah setelah membeli ikan, kamu sudah menyimpan ikan dengan cara yang benar? Itu penting agar ikan tidak mudah busuk dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap yang dapat membuat makanan lain menyerap bau tersebut.

Ternyata tidak hanya itu, ikan yang tidak diolah dengan baik akan mengurangi cita rasanya juga loh! Wah tentu saja akan mempengaruhi mood kamu juga.

Nah, tentu saja kamu tidak mau kan hal itu terjadi kan? Karena itu, Pak Tani akan membagikan ke kamu tips cara menyimpan ikan segar agar tahan lama dan tidak mudah mengeluarkan bau. Mari disimak tipsnya :

  • Membeli Ikan Berkualitas

Sebelum ingin menyimpan ikan segar, pastikan dulu kamu sudah beli ya. Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kualitas ikan, pastikan kamu membeli ikan segar yang berkualitas, karena ikan yang berkualitas akan mengalami pembusukan yang lebih lama. Ikannya bisa kamu beli di Pak Tani Mart ya, yang dijamin kualitasnya.

Kamu bisa melihat dari kondisi mata yang cerah / bening, insang ikan yang berwarna merah cerah, warna badan ikan yang terang / tidak kusam, tidak berbau amis, dinding perut yang tebal dan kuat serta warna daging sama seperti ikannya.

  • Bersihkan Ikan Sebelum Disimpan

Setelah kamu paham membeli ikan segar, Sekarang kamu harus tau cara membersihkan ikan sebelum disimpan. Bersihkan ikan yang sudah dibeli dengan cara membuang bagian isi perutnya lalu mencucinya, perasan jeruk nipis atau larutan garam bisa kamu tambahkan sebelum disimpan

Ikan harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan agar ikan tidak berbau dan ikan akan memiliki cita rasa yang baik saat diolah kemudian. Jangan lupa untuk membersihkan bagian insang dan isi perut ikan ya!

  • Simpan Ikan di Wadah Tertutup

Menyimpan ikan yang sudah dibersihkan diwadah tertutup sebelum dimasukkan ke pendingin juga penting agar, bau ikan tidak menyebar ke seluruh pendingin dan mencemari bahan makanan yang lain. Selain itu ikan harus dipisah agar cita rasanya tidak terpengaruh dengan bahan makanan yang lain.

  • Pisahkan Ikan Dengan Bahan Lainnya

Sub kali ini erat kaitannya dengan poin diatas juga nih. Ruangan pendingin bisa kamu sekat agar bisa ditempatkan dengan kelompok-kelompok tertentu. Untuk menyimpan ikan, usahakan agar tidak berada pada satu ruangan dengan makanan siap saji lainnya. Gunanya agar bau ikan tidak terserap oleh bahan makanan lain. Kamu tidak mau kan bahan yang lain berbau ikan?

Nah itu dia sedikit tips dari Pak Tani, Yuk terus nantikan artikel terbaru dari Pak Tani Digital. Silahkan dibagikan bila bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.