lebah

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai bunga yang disukai oleh para lebah madu

Lebah Madu

Penurunan Koloni Lebah

lebah
pexel.com

Baca juga: Keberadaan Serangga Terencam Mengalami Kepunahan

Lebah madu sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia untuk membantu peyerbukan pada tanaman yang berbuah yang dapat kita nikmatin hasil buahnya.

Namun sangat disayangkan bahwa keberadaan lebah sudah mulai diambang kepunahan, hal ini dikarenakan manusia terlalu banyak penggunaan pestisida tanaman atau karena perubahan iklim yang membuat lahan penyerbukannya hilang

Ditambah lagi karena bangunan telah menggantikan perkebunan hijau yang berpengaruh pada pasokan makanan kita.

Tanaman berbunga menjadi bagian penting dalam proses penyerbukan lebah madu, bunga di pekarangan rumah, bunga di perkebunan, hingga bunga di hutan merupakan tanaman favorit lebah madu.

Koloni lebah masu dangat menyukai tanaman atau bunga yang berwarna cerah menawan seperti kuning, merah putih dan ungu.

Selain itu sebagai pengikatnya tanaman atau bunga harus memiliki aroma dan rasa yang nikmat bagi lebah sehingga dapat dihinggapi oleh madu.

Penurunan koloni lebah dapat diatasi dengan cara sederhana yaitu menanam bunga yang lebih disukai oleh lebah madu untuk mencari makaan dan melakukan penyerbukan

Bunga Yang Disukai Lebah Madu

.serangga

Baca juga: Kibarkan Pemasaran Ubi Jalar Hingga Ke Hongkong

  1. Black Eyed Susan

Bunga ini memiliki kelopak bunga berwarna kuning yang menawan dengan warna coklat keunguan yang berada ditengahnya adalah bunga yang sangat disukai lebah diseluruh dunia karena tanaman keras berumur panjang yang tumbuh asli Amerika Utara, sehingga tidak perlu untuk menanam kembali.

  1. Dandelion

Bunga ini termasuk salah satu gulma dengan kelopak bunga berwarna kuning. Dengan adanya dandelion penyerbukan dilakukan lebah akan meningkatkan nutrisi pada rumput hijau.

  1. Lemon Balm

Tanaman herbal mint yang dikenal dengan nama Melissa officinalis adalah tanaman yang sempurna bagi lebah yang menjadikan bungan favoritnya para lebah yang layaknya sebgaia teh para koloni lebah.

Pada zaman Yunani kuno, “tanaman herbal ini ditanam di dekat sarang lebah mereka untuk membantu menjaga lebah madu cukup makan dari bunga kaya nektar tanaman dan untuk membantu mencegah lebah mereka dari swarming” kata Harun von Frank, seorang tukang kebun organik dan co-founder ahli dari GrowJourney.

  1. Bunga Matahari (Sunflower)

Bunga ini mungkin paling banyak dikenal masyarakat dunia, karena keindahan kelopak bunga yang menawan menjulang tinggi layaknya matahari menyinari bumi.

Warna kuning bunga matahari dengan bunga yang besar serta nektar yang banyak bisa dibilang pabrik penyerbukan bagi lebah. Bunga matahari berwarna kuning yang paling disukai bukan yang berwarna merah, karena dalam mencari makanan, lebah lebih menyukai warna kuning.

  1. Kaliandra

Di Indonesia mungkin selain bunga matahari, pohon Kaliandra jadi kesukaan lebah. Kaliandra memiliki bunga yang berbentuk kerucut dengan warna kuning kehijauan.

Bunga ini disukai lebah karena memiliki nektar meskipun tidak memiliki serbuk sari. Selain itu tanaman ini berbunga disepanjang tahun serta berbunga raya selama 9 bulan sehingga memungkinkan lebah terus menerus dapat mengoleksi nektar hampir setiap harinya.


Itulah informasi mengenai bunga yang disukai oleh para lebah madu. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Faktor Dan Resiko Memasuki Pasar Global

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.