serangga

Berikut informasi dari Pak tani Digital mengenai terancam punahnya serangga

Serangga

Species Serangga Mulai Berkurang

serangga
pexel.com

Baca juga: Apa itu Perjanjian Perdagangan Bebas Pada Produk Pertanian ?

Berkurangnya species ini sudah mulai dirasakan di kota-kota besar, hilangnya habitat menjadi salah satu faktor yang memicu berkurangnya beberapa species.

Salah satu penggerak utamanya adalah habitat yang makin menipis dan rusak, diikuti oleh polutan seperti insektisida. Kira-kira sekitar 2.000 spesiesnya adalah bagian dari makanan manusia.

Lalu masih ada juga perubahan iklim yang berpengaruh padanya. Ancaman kepunahan ini mencadi peringatan bagi manusia untuk terus melestarikan alam dan tidak merusahk habitat asli para serangga.

Padahal keberadaan serangga-serangga ini sangatlah penting bagi pertumbuhan alami tanaman dalam perkembangbiakannya.

Meski ukurannya sangat kecil, namun serangga telah menjadi struktur dan fungsi dasar bagi banyak ekosistem dunia

Kemunculannya dibutuhkan tanaman untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman dan hasil pertanian.

Keberadaan Lebah Terancam Punah

serangga
pexel.com

Baca juga: Antisipasi Kekeringan Akibat Kemarau Berkepanjangan

Salah satu serangga yang makin berkurang keberadaannya adalah lebah, lebah bertanggung jawab kurang lebih terhadap sepertiga hampir dari keseluruhan bahan pangan

Yang dihasilkan termasuk tomat, kopi, apel, buah badam, kakao, dan berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk produksi obat-obatan.

Untuk menyebar serbuk sari, termasuk lebah, keberadaannya terancam jumlahnya secara global terutama karena aktivitas manusia.

Selain itu, faktor seperti pemanasan global, hilangnya habitat, dan terlalu banyak penggunaan pestisida juga mempengaruhi.

Hewan yang bertanggung jawab untuk menyebarkan serbuk sari yang populasinya juga terancam termasuk di antaranya kupu-kupu, burung kolibri, kelelawar dan kera.

Serbuk sari tersebar dari tanaman yang memiliki kemampuan untuk penyerbukan sendiri saat serangga dan primata berpindah dari satu pohon ke pohon atau di antara semak.

Para pakar mengatakan perlindungan habitat lebah jadi kuncinya. Mereka merekomendasikan warga untuk menanam berbagai bunga

Yang ramah lebah dan menempatkan batang kayu berongga atau cabang pohon di lahan milik mereka, yang menyebutnya tampat ideal untuk serangga yang bertanggung jawab untuk penyerbukan.

Ditambah lagi keberadaan kunang-kunang yang dahulunya setiap malam masih terlihat, sekarang untuk menemukannya sangatlah sulit. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi hilangnya berbagai serangga karena ulah manusia


Itulah informasi mengenai terancamnya kepunahan serangga. Semoga informasi yang diberikan bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kibarkan Pemasaran Ubi Jalar Hingga Ke Hongkong

Sumber: Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.