Manfaat ampas kopi

Kamu gemar minum kopi? Tapi sering sekali setelah selesai meminum kopi yang kita buat malah menyisakan ampas kopi yang tidak bisa kita minum. Tapi apakah kamu tahu, ternyata kita masih bisa menggunakan ampas kopi tersebut untuk diolah menjadi solusi untuk inovasi loh.  Lalu apa sajakah manfaat ampas kopi tersebut? Berikut ulasan manfaat ampas kopi dan bubuk kopi yang mungkin belum anda ketahui

  • Mengharumkan Kulkas

Saat membuka kulkas tapi kulkasnya bau? Jika kulkas anda memiliki bau yang tidak sedap diakibatkan karena adanya makanan atau bahan masak yang telah busuk atau karena terlalu lama disimpan didalam kulkas, Anda bisa menggunakan ampas kopi ini untuk menghilang bau apek dalam kulkas. Caranya sederhana, Anda bisa menaruh ampas kopi dalam mangkuk lalu diamkan selama 2 jam di dalam kulkas.

Menghilangkan bau kulkas dengan ampas kopi
Ilustrasi :  Menghilangkan bau kulkas dengan ampas kopi agar kulkas kamu wangi kembali.
  • Mencegah Penuaan dan Kecantikan

Tahukah kamu bahwa bubuk kopi penuh dengan kafein dan antioksidan yang baik untuk kecantikan loh. Kandungan yang terdapat dalam kopi ini dapat menjadi alternatif bagi kita untuk mencegah penuaan dan menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga : Memanfaatkan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Caranya sederhana, Anda tinggal menggunakan bubuk ini digunakan sebagai masker, cukup dengan menggunakan ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya. Lalu oleskan pada wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Cukup menarik kan?

  • Menghilangkan Noda Membandel Pada Wajan dengan Kopi

Sering merasa kesal dengan noda yang membandel pada wajan? Jangan takut, Anda bisa menggunakan kopi. Ternyata bubuk kopi akan membuat Anda untuk menghilangkan noda pada wajan dengan lebih mudah.

Cara sederhana, cukup mencuci dengan air sabun yang di campur dengan bubuk kopi, lalu gosok di bagian noda yang sulit di hilangkan.

  • Mengempukkan Daging

Kopi mengandung asam dan enzim alamain yang dapat membantu melunakkan daging dan menambah rasa yang lebih gurih dan lembut. Sifat asam dari kopi bekerja sebagai pelunak daging dengan baik dan meningkatkan rasanya. Cara menggunakan bubuk yaitu cukup rendam dengan bubuk kopi yang dilarutkan sebelum dimasak.

  • Lulur Tubuh Untuk Kecantikan

Anda bisa menggunakan bubuk kopi sebagai lulur tubuh loh. Kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu menghaluskan kulit dan dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati.

Tertarik? Anda bisa membuat lulur kopi sendiri dengan mudah yaitu cukup campurkan ampas kopi dengan air minyak kelapa, lalu lulur sudah bisa digunakan.

Manfaat ampas kopi untuk lulur tubuh
Foto : Manfaat ampas kopi untuk kecantikan Anda (draxe.com)
  • Mengurangi dan Menyamarkan Selulit di Tubuh

Salah satu resep alami yang mudah dilakukan di rumah untuk menghilangkan selulit yaitu dengan menggunakan bubuk kopi. Penggunaannya bubuk kopi ini juga sangat mudah, cukup dengan mencapurkan bubuk kopi dengan body lotion lalu letakkan dibagian selulit tersebut kemuadia digosok atau dipijat.

Baca Juga : Ternyata Kopi Bisa Digunakan Sebagai Pewarna Rambut Alami

Dengan hal ini akan memfalidasi pemecahan lemak dikulit yang akan menghilangkan selulit. Kemudian diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air bersih.

  • Anti Hama atau Serangga Bagi Tumbuhan

Ingin mengusir hama dan serangga secara alami? Jangan khawatir. Untuk mencegah hama pada tanaman, Anda dapat menggunakan ampas kopi sebagai musuh alaminya . Cara penggunaannya juga sangat mudah yaitu dengan menabur ampas kopi pada tanah di sekitar tanaman Anda.

Bubuk kopi yang disebar di sekitar tanaman akan mencegah datangnya hama seperti bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Tidak hanya itu, bubuk kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu- tidak tertarik untuk bertelur pada daun yang telah di tabur bubuk kopi kaena aroma kopi tersebut.

  • Pupuk Alami Tanaman

Manfaat ampas kopi ternyata juga bisa digunakan sebagai pupuk tanaman untuk memberikan nutrisi bagi tanah dan membantu pertumbuhan tanaman tesebut. Kopi memiiki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga yang tinggi sehingga akan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah.

Baca Juga : Ini Dia 12 Jenis Minuman Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu

  • Menghilangkan Goresan dan Warna yang Kusam ada Furniture

Menghilangkan goresan pada furniture cukup hanya menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi dapat membantu menghilangkan goresan-goresan yang merusak pemandangan pada furniture Anda. Hanya dengan cara oleskan furniture yang tergores dengan kain lap yang dicelup dengan kopi hitam kental.

Anda dapat mengatasi goresan pada furniture Anda dengan menggunakan ampas kopi
Ilustrasi : Anda dapat mengatasi goresan pada furniture Anda dengan menggunakan ampas kopi
  • Sebagai pewarna alami

Kopi bisa menjadi pewarna alamai yang dapat digunkan sebagai pewarna rambut dan makanan. Kopi bisa menjadi perwarna rambut yang alami tanpa merusak rambut karen tidak mengandung bahan kimia. Namun kopi sebagai pewarna rambut tidak bertahan lama, tetapi setidaknya bisa menutupi warna uban pada rambut Anda.

Bagaimana? Keren sekali bukan? Ternyata dibaliknya tersimpan banyak sekali manfaat ampas kopi loh. Yuk dicoba.

Disadur dari : Detik Food


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.