Mengenal Buah Buni Dengan Ragam Manfaatnya

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai beragam manfaat dari buah buni.

Buah Buni

Mengenal Buah Buni

dowelombok.com

Baca juga: Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Buah buni merupakan salah satu buah yang langka di Indonesia, di daerah Sunda buah ini disebut huni, sedangkan di Jawa disebut buni. Sangat jarang orang mengenal buah ini, bahkan namanya pun terdengar asing.

Jika melihat buah ini, kebanyakan orang akan berpikir bahwa buah buni ini adalah buah anggur karena bentuknya yang bulat-bulat kecil mirip dengan anggur.

Batang pohonnya berkayu dan dapat tumbuh mencapai ketinggian 15-30 meter. Daunnya lonjong dengan pangkal dan ujung yang meruncing dan berwarna hijau. Buah dengan nama latin Antidesma bunius L.

Ini memiliki rasa yang manis dan berwarna keunguan jika sudah matang dan rasanya sedikit asam untuk buah yang berwarna kemerahan.

Selain dimakan segar, buah bunia juga dapat diolah menjadi selai dan difermentasikan menjadi minuman beralkohol.

Selain itu, buah buni memiliki kandungan antosianin yang tinggi, provitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, mineral dan sebagainya

sehingga buah buni juga berkhasiat sebagai obat berbagai penyakit seperti : batuk, anemia, hipertensi, darah kotor, jantung dan masalah pencernaan.

Manfaat Buah Buni

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Menjaga Kekebalan Tubuh

Karena mengandung vitamin C yang tinggi, buah buni dapat mencegah terjadinya kanker usus dengan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh buah buni  dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan sebagai bahan tambahan makanan.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, buah buni juga menjaga kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya.

tribunnews.com

Baca juga: Ada Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Durian Secukupnya

  1. Mencegah Kanker

Buah buni memiliki sifat antioksidan sehingga dapat mencegah serta mengurangi pertumbuhan sel kanker. Antioksidan juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah buni sangat baik bagi kesehatan mata dan dapat mencegah rabun dini.

  1. Mencegah Hipertensi

Buah buni juga bersifat antihipertensi dan dapat menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

  1. Menjaga Keremajaan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E buah buni sangat baik bagi kesehatan kulit, untuk membantu menjaga elastisitas, regenerasi, menutrisi serta mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih sehat dan terawat.

  1. Mengobati Gatal dan Bisul

Buah buni juga bersifat anti-inflamasi dan dapat mengobati berbagai penyakut kulit. Pengaplikasian untuk obat penyakit kulit ini adalah dengan menghaluskan buah buni kemudian dioleskan ke bagian kulit yang bermasalah tersebut.

Untuk mendapat manfaat buah buni, buah dapat dicuci kemudian langsung dikonsumsi. Selain itu dapat juga dijadikan sirup, manisan atau dimakan dengan sambal rujak.

Buah buni dapat juga dijadikan jamu dengan cara ditumbuk buahnya, hasil tumbukan kemudian diekstrak dan dijadikan jamu. Konsumsi juga dapat dilakukan dengan diseduh, sementara ampasnya dijadikan obat kulit.

Selain memiliki berbagai manfaat kesehatan, buah buni juga dapat dijadikan tanaman penghijauan karena daun-daunnya yang berseling dan pangkalnya yang tumpul atau membulat.


Itulah informasi mengenai beragam manfaat dari buah buni yang baik bagi tubuh. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Beberapa Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.