ayam serama

Ayam Serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia dan mulai dilirik sebagai oleh masyarakat pecinta ayam di Indonesia. Walaupun ayam kate terkenal karena memiliki bentuk badan yang kecil maka anda akan kaget melihat porsi ukuran tubuh Ayam Serama yang jauh lebih kecil lagi.

Ayam ini mulai terkenal di dunia dengan ukuran tubuhnya yang super mini dan merupakan spesies ayam terkecil di dunia.  Ayam Serama merupakan ayam hasil persilangan dari berbagai percobaan jenis ayam. Dimulai pada tahun 1973, persilangan antara Ayam Kapan dan Ayam Silkie namun hasilnya belum sesuai harapan karena kakinya yang lebih panjang.

ayam serama

Sumber: www.hewan.id

Percobaan lainnya dilakukan pada tahun 1980 antara Ayam Kapan dengan Ayam Kate dari Jepang namun hasil yang diperoleh tidak sesuai ekspektasi, pasalnya persilangan tersebut menghasilkan jenis Ayam Kate yang berkaki panjang.

BACA JUGA: Analisa Usaha Ternak Ayam Joper Bagi Pemula

Barulah pada tahun 1988, percobaan selanjutnya antara hasil persilangan (ayam local melayu) dengan jenis ayam pilihan dari Jepang menghasilkan jenis ayam baru yang ditemukan oleh Dokter Hewan Wee Yean Een dari Kelantan. Selanjutnya dia pula yang memberikan nama Ayam Serama tersebut dengan mengacu pada salah satu watak dalam wayang kulit melayu.

CIRI-CIRI AYAM SERAMA

Selain pendek, ciri – ciri lainnya dari Ayam Serama yang perlu anda ketahui yakni: ukuran tubuhnya yang hanya sekepal tangan orang dewasa, beratnya sekitar 300 gram/ekor, suka pamer dan membusungkan dada, serta sayapnya yang panjang dapat selalu menyentuh tanah.

Pada saat berjalan, ayam ini akan membusungkan dadanya dengan segera mengangkat dada dan berjalan dengan meluruskan ekornya tegak ke atas sampai 900 lalu akan mengibaskan sayapnya sampai menyentuh tanah.

ayam serama gagah

Sumber: faktualnews.co

Ayam Serama pertama kali dipopulerkan di dunia Internasional pada tahun 1990 lalu akhirnya pada tahun 2000 jenis ayam ini mengalami puncak keemasannnya. Namun seiring waktu, pada tahun 2004 popularitasnya meredup akibat maraknya virus flu burung.

Kini popularitasnya mulai bangkit kembali dengan makin bertambahnya jumlah penggemar dan peminatnya mulai berkembang bahkan beberapa mulai banyak yang menawarkan jenis Ayam Serawa melalui situs online.

BACA JUGA: 4 Tips Ternak Ayam Joper, Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Harga Ayam Serama semakin meroket berdasarkan semakin kecilnya ukuran dan proporsional. Harganya dipatok mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 5,5 juta per ekornya. Beberapa jenis Ayam Serama bahkan bisa menyentuh angka Rp 20 juta hingga Rp 30 juta bila tampilannya memang menarik dan bagus. Ditambah bulunya yang menterang mampu menembus angka Rp 50 juta.

JENIS – JENIS AYAM SERAMA 

Ayam Serama memiliki proporsi tubuh yang lebih mungil dan kecil dibandingkan dengan jenis ayam lainnya seperti Ayam Kate. Adapun bentuk tubuh dari jenis Ayam Serama ialah:

  1. Tipe slim, jenis tipe ini sesuai Namanya memiliki bentuk badan yang lebih langsing, dengan bentuk tubuh yang dapat berdiri tegak. Umumnya, berat badan jenis ini memiliki bobot badan 300 gram yang setara dengan merpati local.
  2. Tipe apple, ayam jenis ini lebih mirip berbentuk bulat dengan sayap yang menjuntai ke bawah. Kelebihan lainnya ialah dadanya yang melebar membusung ke bawah dengan kepala sedikit ditarik ke belakang sehingga memiliki jarak yang dekat dengan ekornya.
  3. Tipe ideal, jenis ayam ini merupakan ayam hasil penyempurnaan dua bentuk sebelumnya yakni tipe slim dan tipe apple. Ayam ini lebih sering membusungkan dadanya ke atas dengan kaki yang lebih ramping dan sayap yang lebih menyuntai ke bawah. Wajar bila ayam ini lebih sering mendapatkan juara dalam ajang kontes.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum Jenis-Jenis Ayam Buras?

REFERENSI

Anonim. 2014. Ayam Serama, Si Gaya yang Makin Populer. Diakses dari: http://haipb.ipb.ac.id/opini/ayam-serama-si-gaya-yang-makin-populer

Anonim. 2019. Mengenal Ayam Serama. Diakses dari: https://sinauternak.com/mengenal-ayam-serama/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.