5 Tahap Menanam Bunga Dahlia Sampai Perawatannya

Tertarik untuk menanam bunga dahlia? Pada artikel berikut ini, PTD akan membagikan bagaimana cara menanam serta perawatannya.

Apakah Anda menyukai tanaman hias? Jika iya, bunga hias apa yang sering Anda tanam? Untuk mempercantik tampilan halaman rumah, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa ditanam.

Jika Anda tertarik untuk menanam jenis bunga yang baru, maka bunga dahlia bisa menjadi pilihannya.

Tahukah Anda jika bunga ini  merupakan salah satu jenis bunga yang banyak ditanam para penggemar tanaman hias? Selain mudah ditanam, bunga ini juga memiliki penampilan yang sangat menarik.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menanamnya.

Langkah-Langkah Menanam Bunga Dahlia

Bunga dahlia memiliiki berbagai ragam warna dan jenis menarik. Oleh karena itu, tak heran jika bunga yang satu ini sangat cocok menjadi pemanis halaman rumah Anda.

Jika Anda tertarik untuk menanam jenis bunga yang satu ini, ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan:

Baca Juga: Ingin Tanam Bunga Melati Belanda Tapi Masih Pemula? Ikuti 5 Tips Ini

Mengenal Dasar-Dasar Penanaman

Sebelum melakukan penanaman bunga hias ini, Anda harus mengenali dasar-dasar penanaman Terlebih dahulu, mulai dari media tanam hingga lokasi yang cocok untuk pertumbuhannya.

Perlu diketahui, agar bungan dapat mekar sempurna, maka tanaman ini membutuhkan asupan sinar matahari yang penuh. Oleh karena itu penentuan lokasi penanaman harus diperhatikan dengan benar.

menanam dari biji
bibitbunga.com

Persiapan Bibit Bunga

Bibit bunga dahlia tergolong mudah ditemukan dan tidak terlalu susah didapat. Anda bisa membelinya kepada pedagang tanaman hias yang biasanya menjual tanaman hias di pinggir jalan.

Jika ingin lebih hemat, Anda juga bisa mendapatkan bibit bunga dengan cara manual menggunakan bagian tanaman seperti biji, batang, ataupun umbi dari tanaman ini.

biji bunga dahlia
bibitbunga.com

Persiapan Media Tanam

Jika ingin menanam bunga di lahan, maka Anda harus membersihkan lahannya terlebih dahulu. Namun jika  tidak memiliki lahan yang cukup luas, maka bunga dahlia juga bisa ditanam didalam pot.

Media tanam yang dibutuhkan untuk menanam bunga ini yaitu campuran tanah humus dan juga pupuk kandang. Persiapkan media tanam sekitar 7 hari sebelum melakukan penanaman.

Baca Juga: Terapkan Cara Ini Untuk Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Penanaman

Proses penanaman yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik antara lain

  1. Pisahkan bibit bunga dahlia secara hari-hati dari poliybag. Anda bisa melonggarksan media tanamnya terlebih dahulu sehingga akar tidak rusak.
  2. Jangan lupa untuk memangkas beberapa daun, sehingga nutrisi yang diserap akan fokus dialirkan ke bagian bunga.
  3. Agar pertumbuhan dan perkembangannya semakin baik, Anda juga bisa menggunakan stimulant yang bisa memacu pertumbuhan. Bahannya bisa menggunakan produk kimia ataupun produk organik.

Perawatan Tanaman

Bunga dahlia termasuk kedalam jenis tanaman yang menyukai sinar matahari penuh dan berbeda dengan jenis bunga yang lain.

Untuk tahap awal penanaman, maka Anda bisa melakukannya di polybag terlebih dahulu. Jika tanaman berkembang dengan baik, maka baru bisa dipindahkan ke lahan atau pot.

Beberapa rangkaian langkah perawatan yang harus dilakukan antara lain:

  1. Kurangi intensitas pupuk jika bunga telah tumbuh. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan pemangkasan daun sehingga nutrisi terfokus ke bagian bunga
  2. Jika ada bagian daun atau ranting yang membusuk, jangan lupa untuk memotongnya
  3. Pastikan bahwa bunga dahlia terkena sinar matahari langsung.
  4. Lakukan pencegahan serangan hama dan penyakit
  5. Siram tanaman secukupnya. Jangan terlalu sering karena bisa menimbulkan pembusukan pada akar.
  6. Jika Anda menanam dengan pot, pisahkan tanaman tunas dengan induknya, sehingga pertumbuhan tidak terlalu padat.

Itulah tadi beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk menanam bunga dahlia. Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan. Jika dirawat secara rutin dan tepat, maka Anda bisa mendapatkan tanaman bunga dahlia yang cantik dan juga sehat di halaman rumah. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Teknik & Tips Menanam Bunga Kamboja Hingga Perawatannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-dahlia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.