bunga gladiol

Tertarik untuk menanam bunga gladiol? Jika ya, maka artikel ini dapat kamu jadikan pedoman. PTD akan membagikan tahap-tahap penanamannya.

Bunga gladiol merupakan tanaman yang indah dan sedap dilihat, sehingga tak heran bila tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias untuk mendekorasi taman.

Tanaman ini bercirikan memiliki akar serabut dan akar yang berbentuk umbi. Selain itu, bunga indah yang dihasilkan juga memiliki warna berbeda. Bunga ini mampu bertahan dan terus berbunga selama 10 hari sejak masa pemanenannya.

Bunga gladiol memiliki nilai estetika yang tinggi, sehingga penjualan bunga ini dilakukan dengan harga yang tidak murah.

Saat ini permintaan pasar mengenai penjualan buket bunga untuk pesta, graduate, dan acara cukup meningkat. Sehingga tak sedikit orang yang ingin mencoba melakukan pembudidayaan bunga ini sebagai peluang bisnisnya.

Cara Menanam Bunga Gladiol

Kamu bisa melakukan penanaman bunga gladiol dengan baik, tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi. Ada 4 tahap yang bisa kamu lakukan untuk melakukan penanaman bunga, diantaranya adalah:

Baca Juga: 5 Tahap Menanam Bunga Dahlia Sampai Perawatannya

Siapkan Umbi Bunga Gladiol

Untuk mendapatkan umbi bunga gladiol, kamu bisa membelinya di toko pertanian atau tanaman hias secara langsung maupun online.

Pastikan umbi bunga yang kamu dapatkan berkualitas baik, tebal, tidak cacat, serta hindari umbi yang berbentuk pipih dan tidak bervolume. Karena, semakin besar ukuran umbi gladiol maka semakin tinggi pula peluang pertumbuhan bunga.

Umbi gladiol yang kamu pilih, minimal harus berdiameter sekitar 1,25 cm – 2 cm, agar tanaman bisa tumbuh hingga 2 atau 3 kaki.

Jangan lupa untuk menyimpan umbi bunga gladiol di tempat yang sejuk bukan di tempat lembab atau terlalu kering, karena hal tersebut bisa menyebabkan umbi bunga sulit ditanam.

umbi gladiol
bibitbunga.com

Siapkan Media Tanam Bunga Gladiol

Setelah berhasil menemukan bibit tanaman gladiol, kamu perlu menyiapkan media tanam bunga gladiol yang pas dan sesuai. Kamu bisa memilih tempat media tanam, baik di dalam pot maupun sekitar lahan tanah langsung.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan media tanam yang bagus, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pilihlah lokasi yang terbuka, agar tanaman bunga gladiol mendapatkan sinar matahari cukup.
  2. Suhu lokasi tidak terlalu terik, melainkan hanya bersuhu hangat agar keindahan bunga tetap terjaga.
  3. Pilihlah media tanam yang terbebas dari sampah dan limbah lainnya. Kamu juga bisa membersihkan rumput liar terlebih dahulu, sebelum menanamkan bunga.
  4. Pilihlah lokasi yang jauh dari polusi udara, seperti asap pabrik maupun asap kendaraan.
  5. Lahan media tanam dicangkul sedalam 12 inchi, setelah itu campurkan tanah dengan pupuk organik atau pupuk kompos
  6. Tambahkan serbuk kayu atau gambut di sekitar lahan media tanam, untuk mengurangi keberadaan hama maupun penyakit pada tanaman.
  7. Untuk mengantisipasi kejadian banjir, kamu bisa membuat ruang pada tanaman dengan menggali media tanam sekitar 5-10 cm.
lokasi penanaman
faunadanflora.com

Baca Juga: Ingin Menanam Bunga Air Mata Pengantin? Ikuti 5 Langkah Ini

Penanaman Bunga Gladiol

Setelah media tanam sudah siap, langkah selanjutnya yaitu melakukan penanaman bunga gladiol dengan benar.

Penanaman bunga gladiol dilakukan setelah 2 minggu menyiapkan media tanam dan sebelum datangnya bulan Juni, karena pada saat itu cuaca sangat baik dan mendukung.

Berikut ini merupakan proses penanaman bunga:

  1. Buatlah lubang pada tanah media tanam dengan kedalaman sekitar 15 sampai 18 cm. Serta beri jarak penanaman sekitar 15 sampai 20 cm.
  2. Letakkan umbi bunga tersebut di setiap lubang tanah yang telah disediakan, dengan bentuk posisi menghadap ke bagian bawah serta ke atas bagi posisi runcing.
  3. Tutup kembali lubang tanam yang sudah dicampur dengan pupuk. Jangan lupa untuk memberikan tanah gundukan lainnya agar tidak mudah terkikis.

Perawatan Bunga Gladiol

Perawatan tanaman bunga gladiol cukup mudah, yaitu menyiram bunga dengan air bersih yang cukup selama setiap Minggunya.

Namun, ketika musim kemarau tiba kamu hanya perlu menyiramnya saat waktu pagi dan sore hari. Berikan penyemprotan pestisida secara teratur, agar tanaman terbebas dari penyakit dan serangga.

Ketika tanaman sudah semakin tinggi, kamu bisa memberikan pancang bambu agar tanaman tidak mudah roboh akibat angin dan hujan. Ketika tanaman gladiol sudah berbunga, kamu bisa memangkas cabang gladiol.


Itulah 4 tahap yang bisa kamu lakukan saat ingin menanam bunga gladiol. Dengan melakukan langkah yang benar, kamu bisa memanen bunga dengan maksimal.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Teknik & Tips Menanam Bunga Kamboja Hingga Perawatannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-umbi-bunga-gladiol

Sumber gambar utama: shopee.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.