budidaya bunga desember

Yuk jadiin artikel ini sebagai panduan kamu dalam melakukan budidaya bunga desember. PTD akan memberikan 5 taham mudahnya.

Bunga desember merupakan tanaman yang mampu menghias rumah Anda menjadi lebih indah dan berwarna. Dinamakan ‘desember’ karena bunga yang berasal dari dataran Afrika Selatan ini tumbuh pada bulan November-bulan Desember.

Bunga indah yang satu ini sangat unik, karena bentuknya bulat dan berwarna merah terang dengan perpaduan daun berwarna hijau cerah.

Jika kamu menyukai bunga dan keindahannya, kamu bisa membudidayakan bunga desember ini di pekarangan rumah. Cara penanaman bunga ini dinilai tidak terlalu mudah, namun tidak sesulit yang kamu kira.

Tahap Budidaya Bunga Desember

Ada 5 tahap yang harus kamu lakukan untuk membudidayakan tanaman bunga desember, agar rajin berbunga. Beberapa tahap, seperti berikut ini:

Baca Juga: Ingin Coba Stek Bunga Mawar? Ini Dia 3 Langkah Mudahnya

Umbi Bunga Desember

Untuk membudidayakan tanaman bunga desember, kamu harus memilih umbi yang berkualitas baik, sehingga bunga akan tumbuh dengan maksimal.

Pilihlah umbi yang berwarna mengkilap dan cerah, serta umbi yang matang, karena kematangan umbi menentukan kualitas tanaman tersebut.

Umbi yang baik, sehat dan tidak memiliki cacat, agar tidak meningkatkan infeksi bakteri pada tanaman bunga tersebut.

umbi bunga desember
tokopedia.com

Penanaman Umbi Bunga Desember

Kamu bisa melakukan penanaman umbi bunga desember di media tanam dalam polybag, sehingga bunga akan tumbuh dengan baik, serta bisa dipindahkan ke dalam pot besar.

Sebelum melakukan penanaman, umbi bunga dicuci terlebih dahulu menggunakan air bersih. Setelah itu, simpan umbi di dalam ruangan yang gelap dan bersih hingga mengeluarkan bakal tunas.

Sembari menunggu umbi mengeluarkan tunas, kamu bisa membuat media tanam yang sesuai dengan kriteria penanaman bunga tersebut.

Penanaman bunga desember harus di tanah yang bersifat gembur, porous, serta subur. Kamu bisa menggunakan media pasir yang dicampur dengan kompos atau humus secara seimbang dan merata.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag yang sesuai dengan ukuran umbi, atau berdiameter sekitar 10 cm.

Siram media tanam tersebut dengan air secukupnya, jika menyusut tambahka media tanam ke dalam polybag hingga terisi penuh. Penanaman umbi bunga desember dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.

Buatlah lubang tanam dalam media yang sudah disediakan sesuai dengan ukuran umbi bunga, kemudian tanam umbi tersebut kedalam polybag. Jangan lupa untuk menutup kembali umbi dengan rapat.

Baca Juga: 3 Tahap Menanam Bunga Telang di Perkarangan Rumah

Transplanting Ke Pot Individu

Ketika tanaman bunga desember telah memasuki umur 3-4 bulan, maka kamu sudah bisa memindahkannya (transplanting) ke dalam pot individu.

Transplanting ditujukan supaya tanaman bisa berkembang dan menghasilkan bunga, karena tanaman tersebut akan menumbuhkan 2-3 batang stek baru yang membutuhkan ruang gerak cukup luas.

Kamu bisa menggunakan pot plastik yang berukuran diameter 25-35 cm dengan media tanam yang sama, yaitu campuran tanah, pasir, dan kompos secara merata.

Pilihlah tanaman pada bibit dalam polybag yang berkualitas, lalu transplanting ke dalam pot yang telah disediakan, 1 pot ditanami 1 bibit tanaman bunga.

bunga
idntimes.com

Perawatan Tanaman Bunga

Tanaman bunga desember memerlukan perawatan yang baik agar hasilnya maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat tanaman ini.

Ketika cuaca sedang lembab kamu tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering, karena hal tersebut membuat tanaman menjadi busuk dan menghambat pertumbuhannya.

Gunakan hand sprayer untuk menyiram tanaman dan lakukan sebanyak 2 kali dalam 1 hari. Letakkan pot tanaman di tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari secara langsung, karena sinar yang terlalu terik karena mengakibatkan dehidrasi.

Beri pupuk tambahan pada media tanam, serta lakukan pemangkasan ketika daun rusak dan menguning. Untuk menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman, kamu bisa memberikan 5g/I penyemprotan fungisida atau insektisida ketika musim hujan tiba.

Namun ketika penyakit tanaman sudah semakin parah, sebaiknya buang jauh-jauh agar tidak menular dengan tanaman lainnya.

Bunga Desember Mulai Berbunga

Memasuki bulan November sampai Januari kamu sudah bisa menikmati keindahan bunga desember ini dalam pot. Supaya tanaman ini rajin berbunga tentunya kamu harus melakukan perawatan dengan maksimal.

Lakukan puasa air ketika tanaman akan berbunga, serta pemangkasan ketika daun terlalu rimbun. Setiap enam bulan sekali kamu harus mengganti media tanam yang baru.


Itulah 5 tahap budidaya tanaman bunga desember yang bisa kamu lakukan agar tanaman rajin berbunga. Dengan keindahan bunga ini, kamu bisa memanfaatkannya sebagai tanaman hias atau peluang usaha baru. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tahap Menanam Bunga Dahlia Sampai Perawatannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-desember

Sumber gambar utama: angintropis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.