awr berteknologi modern

Mau tau apa itu AWR untuk mendukung produksi pangan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Agriculture War Room (AWR)

Apa itu AWR ?

awr berteknologi modern
ayobandung.com

Baca juga: Sapi A2 Menghasilkan Susu Segar yang Lebih Sehat Untuk Tubuh

Agriculture War Room (AWR)adalah ruang Kontrol Pembaharuan Pertanian berbasis teknologi informasi modern sebagai pusat komando strategis pembangunan pertanian dalam menggerakan seluruh stakeholder pertanian

Guna tercapainya Kemandirian Pangan secara efektif dan efisien. Sistem ini nantinya akan digunakan sebagai pemicu tumbuh kembangnya produksi di atas angka rata-rata.

Ketersediaan data pertanian yang akurat sesuai dengan kondisi di lapangan ini merupakan hal yang sangat penting dan memiliki peran strategis dalam penyusunan program, kebijakan, dan pencapaian target pembangunan pertanian ke depan.

Di dalam AWR ini terdapat teknologi teleconference yang terhubung dengan Balai Penyuluhan Peratanian (BPP) seluruh Indonesia, serta berbagai aplikasi data pertanian.

Peluncuran Sistem AWR

AWR telah diluncurkan langsung oleh Kemntan dan teknologi ini nantinya akan menjadi alat ukur dalam mengawasi sekaligus mapping area lahan nasional dan memastikan bahwa ke depan tidak ada lagi perbedaan data statistik

Karena semua sudah terpantau dengan akurat. Sistem AWR sudah dirancang secara multiguna, terutama dalam memantau kondisi pertanian di tingkat Kecamatan dan Desa.

Terlebih petani juga tidak perlu membeli alat drone untuk melaporkan sawahnya kepada Kementerian pusat karena telah mempunyai alat ukurnya yang berbasis internet of thing atau sudah menggunakan artificial intelligence.

Namun, sejauh ini kami juga belum memutuskan apa-apa saja yang akan menjadi kebijakan secara utuh namun telah diawasi secara langsung di lapangan.

Diharapkan dengan adanya kecanggihan AWR mampu meningkatkan semua produksi dengan kualitas panen diatas rata-rata serta meningkatkan semua produksi dengan kualitas panen di atas rata-rata.

Terlebih, hasil tersebut bisa memenuhi ketersediaan pangan nasional dan pasar global. Tentunya sesuai dengan tujuan produksi pangan utuk meningkatkan ekspor pangan menjadi tiga kali lipat.

Tanggapan Mengenai Sistem AWR

awr berteknologi modern
technologyindonesia.com

Baca juga: Pro dan Kontra Politikus PKS Mengenai Ekspor Ganja

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi upaya Kementan dalam memajukan pertanian Indonesia.

Menurutnya, inovasi yang diciptakan ini masuk kategori maju, mandiri, dan modern dengan adanya kecanggihan AWR dapat dipertahankan dan bahkan bisa lebih maju lagi karena teknologi sejatinya terus berkembang

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Jufry mengatakan AWR ini merupakan program Menteri Pertanian dalam rangka penguatan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Konstratani) yang ada di setiap kecamatan.

AWR menggunakan data Satelit Sentinel 2 dengan resolusi 10 meter x 10 meter sehingga bisa diketahui luas bahan baku di suatu desa dan berapa kebutuhan pupuknya.

Nantinya di setiap BPP juga akan dipasang CCTV untuk memantau kondisi lahan. Saat ini sudah terpasang sekitar 300 titik dan tahun depan diharapkan selesai di 5 ribu kecamatan.

AWR akan menyediakan informasi terkait pertanian mulai dari padi, pangan, perkebunan, peternakan, termasuk informasi harga. Kedepan, petani maupun kelompok tani bisa menginput data real time, misalnya di suatu daerah berapa kebutuhan pupuknya.

Sebagai penanggungjawab konten terkait AWR, Kepala Balitbangtan akan terus melengkapi informasi yang ada di dalam AWR. Ke depan output dari AWR bisa diakses publik.


Itulah informasi mengenai sistem AWR yang untuk mendukung peningkatan pangan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ekspor Manggis Cianjur Sampai ke Abu Dhabi dan Taiwan

Sumber: Media Indonesia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.