ekspor manggis

Mau tau informasi mengenai ekspor manggis? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ekspor Manggis

Potensi Manggis

ekspor manggis
pixabay.com

Baca juga: Olahan Kelor yang Sukses Dikembangkan Oleh Petani Karawang

Indonesia memiliki ragam buah khas tropis yang berpotensi mengekspor buah-buahan tropis yang besar. Salah satunya manggis. Produksi manggis Indonesia adalah terbesar kelima dunia setelah India, China, Kenya, dan Thailand.

Produksi manggis dalam dua tahun terakhir meningkat. Catatan BPS  menunjukkan produksi tahun 2017 mencapai 161.751 ton dan disusul pada tahun 2018 naik menjadi 228.148 ton.

Pangsa pasar di luar negeri sangat terbuka lebar, mulai dari kawasan Eropa, Timur Tengah, Australia maupun Asia. Sebanyak 25 persen produksi nasional untuk memenuhi pasar ekspor tersebut.

Pada tahun 2019 Indonesia sudah ekspor manggis sampai 24,7 ribu ton dengan nilai transaksi 35 juta US$. Pihaknya menyebutkan akan terus mendorong akselerasi dan peningkatan ekspor.

Kementerian Pertanian menyatakan, manggis cianjur sudah tembus ke pasar internasional seperti Abu Dhabi, Qatar, dan Taiwan. Secara keseluruhan, pada 2019 Indonesia sudah ekspor manggis sampai 24,7 ribu ton dengan nilai transaksi USDS35 juta.

Ekspor Manggis Cianjur

ekspor manggis
jurnas.com

Baca juga: Inovasi Baru Daun Teh Gambir yang Menambah Pendapatan Petani

Cianjur mempunyai potensi ekspor cukup besar berdasarkan catatan BPS 2017 mencapai 161.750 ton. Tidak banyak yang tahu bahwa manggis Cianjur sudah menembus pasar Abu Dhabi, Qatar, dan Taiwan.

Kementerian Pertanian akan terus mendorong akselerasi dan peningkatan ekspor komoditas pertanian Indonesia ke pasar Internasional sesuai kebijakan Kementan untuk meningkatkan ekspor pertanian hingga tiga kali lipat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, menyebutkan lokasinya mempunyai potensi ekspor manggis cukup besar.

Manggis Cianjur sudah menembus pasar Abu Dhabi dan Taiwan walaupun ekspor tersebut tidak langsung dari Cianjur, melainkan melalui distributor yang berada di Sukabumi.

Mamad menyebutkan wilayahnya memiliki keinginan untuk bisa langsung ekspor dari Cianjur. Dirinya menyebutkan saat panen raya,  dalam sehari bisa mencapai 20 ton. Sebanyak 5 ton diperuntukkan untuk pasar luar negeri.

Sementara itu akan memanfaatkan STA Cigombong untuk rintisan ekspor ke depan. Kemarin kami sudah uji coba ekspor manggis langsung ke Qatar. Jadi nantinya rantai pasar ekspor tersebut lebih efisien.

Ketua Kelompok Tani Manggista di Cibeber, Sarbini, optimistis ekspor manggis bisa dilakukan langsung dari Cianjur.
karena telah  banyak melakukan studi banding dan memperkaya ilmu pengetahuan di dunia manggis.

kspor akan memerlukan standar kualitas, budidaya dan penanganannya khusus. Persiapannya dimulai dengan teknis budidaya sampai penanganan pasca panen, mengacu pada standar yang sudah ditetapkan.


Itulah informasi mengenai ekspor naggis. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Jagung Pelangi yang Baik Untuk Kesehatan dari Cinajur

Sumber: Tabloidsinartani.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.