konstratani

Mau tau informasi mengenai meningkatkan usaha tani dengan konstratani? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan info mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pembangunan Pertanian Dengan Konstratani

Kementan Mendorong Pembangunan Pertanian

konstratani
sinartani.com

Baca juga: Sapi A2 Menghasilkan Susu Segar yang Lebih Sehat Untuk Tubuh

Upaya Menteri Pertanian yang menyatakan akan terus mendorong pembangunan pertanian pedesaan menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

Salah satunya dengan melakukan ekskalasi usaha tani menjadi skala bisnis yang diwujudkan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan implementasi Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang tepat.

Adanya kostratani yaitu untuk membangkitkan peran Penyuluh Pertanian serta mengoptimalkan kembali peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

BPP akan menjadi pusat seluruh kegiatan pembangunan pertanian di kecamatan di mana semua pelatihan serta bimbingan teknis akan dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar BPP dapat hidup kembali.

Peran aktif Penyuluh Pertanian sangat dibutuhkan untuk menerjemahkan bahasa penelitian ke bahasa penyuluhan agar lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh petani.

Penyuluh juga harus menguasai dari hulu sampai hilir, harus meningkatkan produktivitas dan ekspor komoditas unggulan di wilayah binaannya, serta mengembangkan sumber daya manusia pertanian.

Pada kesempatan ini, Mentan juga menyerahkan bantuan pertanian untuk propinsi Sulsel dengan total Rp 150 miliar dalam bentuk 50 unit traktor roda 4, 100 unit traktor roda 2, 100 unit pompa air, 30 unit combine harvester.

Lalu, ada pula bantuan 3,3 ribu ton benih padi, 2,7 ribu ton benih jagung hibrida, 180 ton benih kacang tanah, 338 benih kedelai, 25 ton benih kacang hijau serta pembagian KUR kepada 5 perwakilan Kelompok Tani.

Sektor Pertanian Bagi Generasi Muda

Pemuda Tani Indonesia menggelar kegiatan CEO TALK 2020 yang bertujuan untuk mempertemukan para pengusaha pemula dan pemuda dengan para CEO Perusahaan Nasional yang telah sukses.

Selain itu, Pemuda Tani Indonesia fokus untuk mendorong pemuda untuk berbisnis di bidang pertanian, Perikanan dan Peternakan. Dengan berbisnis para pemuda terutam mahasiswa tidak kebingungan untuk mendapatkan pekerjaan.

Pemuda Tani Indonesia juga se selalu turun langsung ke desa, sekolah dan kampus untuk mendorong pemuda untuk berbisnis dan saling berbagi infomasi mengenai dunia bisnis.

konstratani
tabloidsinartani.com

Baca juga: Agriculture War Room Untuk Mendukung Produksi Pangan

Pemuda Tani

Sementara itu, Ketua OKK Pemuda Tani Indonesia, Pipink A Bisma mengatakan bahwa Pemuda Tani Indonesia memiliki beberapa unit bisnis di beberapa daerah di Indonesia.

Unit bisnis ini ada yang berjalan dengan baik tetapi ada beberapa unit yang terkendala karena kurangnya modal.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa, Pemuda Tani Indonesia berkomitmen untuk memajukan petani Indonesia melalui kegiatan pemberdayaan.

Sedangkan, Divisi Social Entrepreneurship BRI, Arif Satriya membagikan informasi program kredit usaha rakyat dari Bank BRI yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengembangan usaha produktif.

Dia menegaskan, untuk petani, cicilan pembayaran pinjaman bisa dilakukan bulanan atau musiman, hal ini disesuaikan dengan saat musim panen petani.

Acara CEO TALK 2020 Pemuda Tani Indonesia di laksanakan di Gedung Smesco dan disponsori oleh BNI, BRI, Perusahaan Gas Negara dan Pelindo II serta didukung oleh Pupuk Indonesia, Telkom Indonesia, dan Permodalan Nasional Madani.


Itulah informasi mengenai meningkatkan usaha pertanian dengan konstratani. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Pro dan Kontra Politikus PKS Mengenai Ekspor Ganja

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.