bunga chamomile

Mau tau informasi langkah untuk menanam bungan chamomile? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informaisi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Bunga Chamomile

Mengenal Manfaat Bunga Chamomile

bunga chamomile
pixabay.com

Baca juga: Ingin Coba Stek Bunga Mawar? Ini Dia 3 Langkah Mudahnya

Bunga Chamomile atau biasa disebut dengan bunga kamomil ini  sering tumbuh dengan liar di ladang atau tepi jalan, walaupun begitu pesona dari bunga ini tetap menarik perhatian setiap orang dan tidak bosan untuk tetap melihatnya.

Chamomile merupakan tanaman dari family bunga matahari Asteraceae yang dapat tumbuh di wilayag Asia dan daratan Eropa yang memiliki 4 musim dan termasuk dalam tumbuhan semusim.

Ketinggian bunga ini dapat mencapai 15-46 cm dan semua jenis chamomile menghasilkan biji yang berlimpah yang akan dengan cepat menabur sendiri di mana pun berada di tanah yang hangat dan gembur.

Bunga ini memiliki aroma manis seperti apel segar, yang biasanya ditanam di plafon bunga hias, di pondok dan kebun herbal.

Pengganti rumput perawatan rendah hingga menjadi penyerbuk ramah. Selain itu bisa digunkan sebagai pertahanan hama dan penyakit di kebun sayur.

Selain itu, bunga  Chamomile digunakan untuk bidang kesehatan seperti dihjadikan teh seduh yang memiliki khasiat antara lain mencegaj penuaan dini, anti infasi.

Membantu menghilangkan bengkak, menghilangkan hitam pada mata, mempercepat penyembuhan luka, mencerahkan kutit hingga menghilangkan depresi.

Dengan berbagai manfaat yang ada dalam bunga chamomile maka budidaya bunga satu ini menjadi alasan untuk mendapatkan khasiat dari bunga tersebut.

Selain itu dengan budidaya maka akan menjadi peluang usaha untuk pelaku bisnis dan meningkatkan nilai tambah pada bunga tersebut.

Cara Budidaya Bunga Chamomile

bunga chamomile
pixabay.com

Baca juga: Langkah-Langkah Mudah Menanam Bunga Adenium

Jenis Bunga Chamomile

  1. Chamaemelum mobile adalah jenis yang bunga sejati dan digunakan dalam lanskap sebagai groundcover berbunga atau pengganti rumput serta dapat dibudidayakan di seluruh dunia karena sifat herbalnya.
  1. German chamomile (Matricaria recutita) yang dianggap bunga palsu tyang tumbuh dengan ketinggian 46 cm dan bunga daisy seperti miniatur yang konsisten menambah pesona taman pondok.

Kedua jenis bunga ini dapat menghasilkan bunga komposit putih kecil dengan cakram pusat kuning terang. Banyak biji chamomile diproduksi, yang berkecambah dalam 7-10 hari bila terkena tanah, sinar matahari dan air yang cukup.

Ketika biji dibiarkan di tanaman untuk matang dan menyebar secara alami, satu tanaman chamomile dapat dengan cepat berubah menjadi tambalan indah chamomile.

Persiapan Penaman

Bunga Chamomile dapat diperbanyak melalui penanaman bijinya, bijinya didapat bisa di berbagai toko pertanian. Jarak penanaman sebaiknya berjarak sekitar 15 cm.

Pada tanah yang memiliki  pH 5,6 hingga 7,5 , tidak kering dan pupuk yang tercukupi serta dapat tumbuh maksimal disuasana dingin dan terlindung dari matahari.

Persemaian

Biji yang dipilih adalah biji yang memiliki kualitas yang baik, sehat dan tidak cacat fisik. Media semai yang digunkan adalah campuran tanah dan kompos.

Selanjutnya masukkna 2-3 biji dan tutup wadah dengan plastik bening dan hindari dengan matahari langsung dan letakkan tanaman di tempat yang sejuk.

Lakukan penyiraman jangan terlalu kering atau terlalu basah karena menyebabkan tanaman rentan mati.

Penanaman

Setelah bibit tumbuh ½ cm atau tumbuh 1 bibit saja langsung bisa dipindahkan ke media yang lebih besar tanpa merusak akar tanaman. Tanam bunga Chamomile dengan jarak tanam 15 cm.

Perawatan

Lakukan penyiraman setiap hari dan hindari tanaman terlalu kering supaya tanaman tetap hidup dan lakukan pemangkasan jika tanaman ada yang mati atau layu menggunakan gunting.

Pemupukan dilakukan untuk tetap menjaga tanaman tetap sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Lakukan penyiangan jika ada gulma yang mengganggu sekitar tanaman.

Lakukan pengendalian penyakit jika tanaman terserang penyakit karena jika tidak ditanggulangi maka penyakit akan menyebar luas pada tanaman.

Jika dilakukan dengan baik dan tekun maka tanaman  bunga Chamomile dapat menghasilkan bunga yang cantik dan menarik perhatian serta khasiat pada bunga ini dapat dirasakan oleh tubuh.


Itulah informasi mengenai cara menanam bunga chamomile dengan mudah. Selamat mencoba dan seoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Menanam Bunga Globe Amaranth di Perkarangan Rumah

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://bibitbunga.com/cara-menanam-bunga-chamomile-dari-biji/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.