entok

Apakah kamu tertarik untuk melakukan ternak entok? Jika tertarik, artikel berikut ini akan menjelaskan beberapa tips yang perlu kamu ketahui saat melakukannya.

Ternak entok menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memilih hewan ternak. Pasalnya jenis unggas yang ada di indonesia ini sudah cukup familiar bagi masyarakat.

Meskipun entok tidak terpopuler dengan jenis unggas lainnya seperti bebek. Entok memiliki ciri dengan postur tubuh yang lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan bebek.

Sehingga sudah dipastikan bahwa entok lebih banyak menghasilkan daging dibandingkan bebek. Daging entok memiliki banyak kandungan lemak, sehingga jumlah konsumsinya dibatasi.

Tips Ternak Entok

Untuk menjalankan ternak entok yang baik, Anda perlu mengetahui tips nya agar entok cepat besar, berikut ini merupakan tipsnya:

Baca Juga: Sistem Terpadu Padi dan Bebek Mendukung Pertanian Berkelanjutan

Mempersiapkan Kandang

Mempersiapkan kandang yang baik, menjadi langkah awal untuk melakukan ternak entok. Ada beberapa kriteria dalam pembuatan kandang agar entok tersebut nyaman, seperti berikut:

Untuk menghindari bau yang menyengat, maka sebaiknya lokasi kandang sekitar 10 sampai 20 meter dari rumah. Buatlah ukuran kandang yang sesuai dengan berapa banyak entok yang akan dibudidayakan.

Semakin banyak entok yang dipelihara, maka kandang harus luas. Jangan lupa memberi naungan serta lokasi pemberian makanan Entok dan buatkan pemisah dengan kubangan air.

Kubangan tersebut ditujukan untuk tempat bermain dan berjemur entok. Buatlah saluran air agar tidak ada hal yang menimbulkan bau tidak sedap.

Memilih Anakan Unggulan

Untuk ternak entok, Anda bisa memilih anakan entok yang unggul. Meskipun resiko kegagalan cukup rentan dikarenakan budidaya sejak anakan, namun jika berhasil, hasil yang didapat sangat besar.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih anak entok yang unggul dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Kondisi anak entok tersebut harus lincah, aktif, serta sehat dan dilihat dari asal-usul induknya pula.
  2. Umur yang ideal untuk dibudidayakan sekitar 6-7 bulan setelah menetas, atau dilihat dari berat bobot yang minimal 100-200 gram.
  3. Pengangkutan anak entok ke dalam kandang harus berhati-hati agar anak entok tersebut tidak menjadi stress.
Ternak entok agar cepat besar
Ternak entok agar cepat besar

Baca Juga: Laserpunktur Membuat Itik Memproduksi 2 Telur dalam 1 Hari

Persiapan Pakan

Pakan entok sangat penting untuk dipersiapkan dalam ternak entok. Ada beberapa tahapan dalam pemberian makanan entok, seperti berikut:

  1. Ketika anakan entok berumur 1-14 hari, maka pakan yang diberikan dalam porsi kecil, seperti pelet atau konsentrat startet. Makanan itu sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan dari entok tersebut.
  2. Ketika Anakan umur 15-35 hari, maka artinya telah tumbuh dewasa sehingga membutuhkan banyak energi. Pakan yang diberikan diantaranya: bekatul atau dedak halus, umbi-umbian, ampas tahu, biji jagung dan lainnya.
  3. Ketika Anakan umur 36-60 hari, maka entok sangat membutuhkan mineral serta vitamin untuk pertumbuhannya. Oleh  sebab itu, pakan yang diberikan dicampur dengan ikan runcah, bekatul,  atau eceng gondok.
pakan bebek
ilmubudidaya.com

Pemberian Vitamin dan Vaksinasi

Berilah ternak entok vitamin dan vaksinasi untuk mengatasi serangan penyakit. Adapun tujuan diberikan nya vitamin dan vaksinasi yaitu untuk mempercepat proses telur entok.

Meskipun entok merupakan hewan yang tahan akan berbagai serangan penyakit, namun Anda tetap harus mencegahnya. Cara untuk mencegahnya, selain diberikan vitamin dan vaksinasi, menjaga kebersihan kandang juga perlu dilakukan

Mempersiapkan Agar Entok Bertelur

Untuk mempercepat proses anak entok yang baik, maka diperlukan siapan yang berusaha dan ketekunan dalam merawat dan memberi pakan entok.

Berikan pakan ternak entok yang mengandung protein agar bisa menghasilkan telur yang berkualitas.


Itulah 5 tips yang harus Anda ketahui mengenai ternak Entok. Selain mendasarkan ketekunan diri kita, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang memicu untuk menjadi lebih mudah bertelur. Ternak entok juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Beternak Bebek

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-entok

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.