ternak itik petelur

Ingin ternak itik petelur tanpa air? Pada artikel kali ini, PTD akan berbagi tips mudahnya.

Umumnya proses pemeliharaan ternak itik petelur dilakukan secara konvensional sehingga membutuhkan lahan yang luas, waktu terbuang yang banyak serta membutuhkan tenaga lebih untuk memelihara itik petelur.

Selain itu, masyarakat masih beranggapan bawah beternak harus memiliki sumber air atau setidaknya kolam untuk memelihara itik petelur.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memelihara ternak itik petelur dengan metode intensif. Pemeliharaan dikandangkan mulai dari pemberian makan, minum, vaksinasi, dan lain – lain.

Tips Ternak Itik Petelur Tanpa Air

Tertarik untuk memulai berbisnis itik petelur, berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan dalam beternak:

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Beternak Bebek

Persiapan Kandang Itik Petelur

Sebelum Anda mulai membangun kandang untuk peternakan itik petelur, pilih lokasi peternakan yang jauh dari pemukiman karena imbasnya dapat menurunkan produktivitas ternak itik akibat cekaman stress.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa memanfaatkan material di lingkungan sekitar seperti bambu bekas, kayu bekas ataupun bahan – bahan lainnya. Untuk bagian atapnya bisa memanfaatkan ijuk, rumbia, alang – alang, dan plastik bekas.

Bagian lantainya kamu bisa memberikan tambahan jerami, sekam padi atau serbuk gergaji untuk mengurangi bau yang dihasilkan. Lantainya dapat berupa semen atau menggunakan tanah sebagai lantai dasar untuk mengurangi biaya produksi.

Luas kandang diusahakan agar sesuai dengan jumlah ternak itik petelur, kandang yang luas memberikan pergerakan yang lebih nyaman kepada itik petelur.

Hal ini mungkin akan memberikan sedikit kerugian dari segi hitungan ekonomis tetapi akan menambah produktivitas daging serta telur yang dihasilkan.

Kandang yang digunakan seyogianya selalu bersih dan memiliki ventilasi untuk memudahkan sirkulasi udara. Kandang menghadap ke arah timur untuk mendapatkan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan kalsium ternak itik petelur.

Anjuran untuk kepadatan kandang ialah:

kepadatan kandang itik petelur

 

itik petelur
https://www.sipendik.com/

Memilih Bibit Itik Petelur

Memperoleh bibit untuk itik petelur, Anda memiliki pilihan yang cukup banyak mulai dari menetaskan sendiri, memelihara indukan sampai membeli DOD pada pembibitan terpercaya.

Bibit yang akan ditetaskan seyogianya telah dibuahi oleh itik pejantan sehingga kamu harus memastikannya dengan teliti bila membelinya di pasar.

Opsi terbaik adalah membeli DOD dari pemasok yang terpercaya. Pastikan bibit DOD yang dibeli berkualitas dan sehat dengan cara:

  1. Mata lebih cerah dan bersinar
  2. Bulu bersih dan tidak kusam
  3. Pada bagian anus bersih dan tidak ada kotoran
  4. Tidak ada kelainan dan cacat fisik maupun genetic
  5. Kaki bersih dan terlihat seperti berlapis minyak
  6. Berassal dari tetua yang berkualitas

Baca Juga: Jenis-Jenis Pakan Bebek Petelur yang Perlu Diketahui Peternak

Pemeliharaan Itik Petelur

Pakan harus diberikan dalam bentuk kering meskipun dicampur air. Pemberian pakan diusahakan untuk orang yang sama untuk mengurangi cekaman stress pada itik petelur.

Berikanan minuman secukupnya, Anda mungkin perlu sesekali memberikan tambahan vitamin untuk meningkatkan palatabilitas.

Pemberian pakan pada itik petelur dilakukan pada pukul 07.00 pagi dan jam 15.00 yang diatur berdasarkan umur itik.

UmurPakan
1 mingguKonsentrat
2 – 4 mingguTepung ikan ditambah bekatul atau dedak
3 minggu – 1 bulanPakan ditaburkan untuk membiasakan itik
≥ 2 bulanPakan berupa campuran jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dll.
≥ 3 bulanPakan ditambah ad libitum

Untuk pemeliharaan itik sebanyak 100 ekor umur 1,5 bulan dapat diberikan pakan sebanyak 10 kg, umur 3 bulan diberikan pakan sebanyak 9 kg dan umur 5 bulan diberikan pakan 15 kg.

itik_petelur
https://faktualnews.co/

Pemanenan Telur

Pada umur 2 bulan, itik sudah mulai bertelur, Anda bisa melakukan pemanenan pada pagi hari sekitar jam 6 pagi sampai jam 10 pagi.

Hasil utama yang dihasilkan ialah telur itik namun Anda juga bisa mendapatkan beberapa tambahan penghasilan dari penjualan itik petelur yang mencapai batas produksi (afkir).

Selain itu, itik pejantan dimanfaatkan dagingnya untuk dijual serta beberapa tambahan pupuk kotoran itik dapat anda manfaatkan sebagai ladang bisnis lainnya.

Pengawetan Telur Itik

Pengawetan merupakan langkah yang harus dikuasai oleh peternak untuk menambah daya simpan serta meningkatkan keuntungan dengan nilai jual yang lebih tinggi. Pengawetan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Pengawetan dengan air hangat dapat bertahan 20 hari.
  2. Pengawetan dengan daun jambu biji mampu bertahan 1 bulan lebih lalu berwarna menjadi kecoklatan.
  3. Pengawetan dengan minyak kelapa, tidak ada perubahan warna kulit telur dan rasa.
  4. Pengawetan dengan natrium silikat sehingga dapat bertahan 1,5 bulan lebih. Perendaman dilakukan dengan larutan natrium silikat 10% satu bulan.
  5. Pengawetan dengan larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 25 – 40 % yang dapat meningkatkan masa simpan sebanyak 3 minggu.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam melakukan ternak itik petelur tanpa air. Bagai mana sobat PTD, tertarik untuk melakukannya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ingin Usaha Ternak Bebek Petelur? Berikut Analisa Usahanya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • Anonim. 2016. Cara Beternak Bebek Petelur Bagi Pemula. Diakses dari: https://www.bertaniorganik.com/2016/12/20/bisnis-menjanjikan-cara-beternak-bebek-petelur-yang-baik-bagi-pemula-tanpa-air/
  • Verawati, Krisna. 2019. Cara Ternak Itik Petelur Tanpa Air Bagi Pemula. Diakses dari: https://hobiternak.com/cara-ternak-itik-petelur-tanpa-air/

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.