Tanam Tomat di dalam Polybag - GU

Untuk memulai tanam tomat, kalian tidak perlu memiliki lahan yang luas. Saat ini, kalian bisa menanamnya di pekarangan rumah masing-masing dengan memanfaatkan polybag.

Tomat merupakan jenis tanaman yang tergolong dalam golongan sayuran. Tomat sendiri merupakan tanaman yang memiliki bentuk bulat dan memiliki banyak kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

Tanaman tomat kini banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia.

Tips Sukses Tanam Tomat di dalam Polybag

Pada artikel pertanian kali ini, saya akan membagikan kepada kalian tentang tips sukses tanam tomat di dalam polybag.

Menyiapkan benih tomat

Sebelum kalian semua memulai menanam tomat, maka siapkan terlebih dahulu benih tomat yang akan kalian tanam nantinya. Kalian bisa membeli benih tomat di toko pertanian terdekat.

Penyemaian benih

Sebelum kita menanam bibit tomat ke media tanam, alangkah baiknya kita semai terlebih dahulu jangan langsung di tanam di dalam media tanamnya. Siapkan media semai berupa campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1.

Setelah media semai sudah jadi, kalian tanam bibit dengan cara menabur bibit tomat ke permukaan semai, lalu kalian tutup tipis-tipis dengan tanah agar bibit bisa tumbuh sempurna.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menanam Tomat Saat Musim Hujan

Tanaman Tomat dalam Pot

Siapkan media tanam & tanah

Langkah kedua, kalian harus menyiapkan media tanamnya berupa wadah yang akan digunakan untuk menanam. Kalian bisa menggunakan polybag untuk medianya.

Setelah polybagnya sudah siap, kalian bisa menyiapkan media tanah yang akan digunakan untuk olahan tanahnya kalian bisa menggunakan campuran kompos.

Ambil tanah di pekarangan kalian, setelah itu kalian campur saja dengan kohe kambing dengan perbandinganya 3 : 1, 3 untuk tanah dan 1 untuk kohe kambingnya. Lalu, kalian isikan media tanah ke dalam polybag.

Pemindahan bibit semai ke polybag

Langkah selanjutnya adalah pemindahan bibit semai ke polybag. Bibit yang telah kita semai tadi biasanya akan tumbuh setelah 20 hari tanam. Nah, setelah bibit sudah tumbuh sekitar 2-3 cm baru kita pindahkan bibit ke media tanam (polybag) yang sudah disiapkan.

Untuk penanamannya sendiri tidak begitu sulit, kalian cukup melubangi tanah (media tanam) dengan jari, lalu kalian tanam bibit benih tomatnya.

Pastikan bibit yang kalian tanam masih memiliki akar sehingga tanaman tomat bisa tumbuh subur nantinya.

Perawatan tanaman tomat

Untuk perawatan tanaman tomat ini juga tidak terlalu sulit apalagi kalian menanamnya dengan media tanam berupa pot atau polybag. Penanaman tomat di polybag akan lebih mudah perawatanya karena sedikit kemungkinan akan terjangkit penyakit yang penyebarannya melalui akar.

Baca Juga: 6 Jenis Hama Yang Merusak Tanaman Tomat dan Cara Pengendaliannya

Kalian cukup menyiraminya 2 kali sehari di musim panas, jika musim hujan kalian bisa menyiramnya jika tanah sudah nampak kering.

Pastikan gulma/tumbuhan yang mengganggu tanam kalian cabut secara berkala. Jika tanaman tumbuh sengan subur kalian tidak perlu lagi memberikan pupuk tambahan.

Ingin Memanen Tomat Setiap Hari. Coba 3 Teknik Ampuh Ini

 

Masa panen

Untuk masa panen tanaman tomat ini memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan setelah tanam. Biasanya, pada umur 3 bulan, kita bisa memanennya secara perdana. Untuk perawatan setelah panen, tidak jauh berbeda dengan perawatan sebelumnya.

Menanam dengan media tanam lebih efektif karena mudah perawatannya serta tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak menyita banyak waktu untuk perawatannya.


Nah, kalian bisa mengikuti tips di atas jika ingin menanam tomat di dalam polybag atau pot. Sekarang, menanam sayuran tomat tidak perlu lagi lahan yang luas jika hanya untuk dikonsumsi sendiri.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ingin Memanen Tomat Setiap Hari? Coba 3 Teknik Ampuh Ini

Penulis: Ahmad Masruchi Anwar

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.