sapi potong eropa

Mau tau informasi mengenai sapi potong Eropa? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi menenai hal tersebut. Simakl ulasannya!

Sapi Potong Eropa

Sapi potong merupakan bangsa sapi yang diternakkan dengan tujuan untuk diambil dagingnya untuk konsumsi masyarakat.

Bangsa sapi di dunia telah dibedakan menjadi 2 jenis yakni bangsa sapi eropa (Bos Taurus) dan bangsa sapi asia (Bos indicus).

Untuk anda peternak sapi local kemungkinan sudah sangat familiar dengan sapi local di Indonesia namun bagaimana dengan bangsa sapi eropa. Berikut ini adalah ciri – ciri bangsa sapi eropa yang perlu anda ketahui:

  • Tidak memiliki punuk
  • Pada ujung telinganya berbentuk bulat dan lebih tumpul
  • Bagian kepalanya lebih lebar dan pendek
  • Tidak tahan terhadap suhu yang tinggi
  • Sapi dewasa dapat mencapai berat 700 – 1.000 kg
  • Pertumbuhan relatif cepat maksimal 4 tahun
  • Rambutnya lebih panjang dengan kaki yang lebih pendek
  • Garis punggung yang rata dan lurus serta lemak punggung yang tebal
  • Serta tulang pinggangnya lebih lebar dan dan menonjol keluar

Nah, untuk memperjelas seperti apa bangsa sapi eropa tersebut. Berikut ini adalah jenis – jenis sapi eropa yang telah diternakkan di Indonesia.

sapi potong eropa
penggemukansapi.com

Baca juga: Syarat & Peluang Usaha Mendirikan Rumah Potong Hewan

Sapi Limousin

Sapi Limousin merupakan jenis sapi eropa yang diketahui berasal dari Bagian Selatan Prancis Tengah yang dimanfaatkan sebagai warga local sebagai tenaga kerja untuk menggarap pertanian dan penghasil daging.

Sapi Limousin memiliki perototan yang lebih tebal, tubuhnya panjang dan tingkat pertumbuhannya relatif cepat.

Sapi jenis ini memiliki warna merah kecoklatan terkecuali pada ambingnya sedangkan pada sapi jantan memiliki tanduk yang keluar sedikit lalu melengkung.

Pemeliharaan Sapi Limousin harus lebih teratur pasalnya berasal dari iklim dingin dengan volume rumen yang lebih besar, kemampuan konsumsi yang besar serta metabolic rate yang cepat.

Pola pertumbuhan tubuhnya yang cepat membuat ternak ini banyak diminati masyarakat untuk diternakkan.

Pertumbuhannya bisa mencapai 1,1 kg/hari sehingga dengan pemeliharaan yang tepat anda bisa melakukan panen pada umur 4 – 6 bulan untuk penggemukan.

Sapi Simmental

Sapi Simmental merupakan jenis sapi yang berasal dari negara Switzerland dan termasuk sapi yang paling terkenal di Eropa.

Jenis sapi ini banyak dikembangkan karena memiliki pertumbuhan yang cepat yang mampu mencapai 1,0 kg/hari sehingga dikembangkan di Indonesia khususnya di daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Sapi Simmental memiliki ciri – ciri: warna merah gelap sampai terlihat hampir kuning.

Terdapat bercak – bercak putih pada bagian mukanya, bentuk tubuh yang relatif lebih panjang, padat dan pertulangan yang lebih kompak.

Sapi ini memiliki kemampuan menyusui yang baik, lemak di bawah kulit yang rendah, berat badan yang mampu mencapai 800 kg untuk sapi betina namun mampu mencapai berat 1.150 kg untuk sapi jantan.

Sapi Hereford

Sapi Hereford adalah jenis sapi potong lainnya yang berasal dari negeri Britania Inggris, namun dalam perkembangannya sapi ini lebih berkembang.

Di negara Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan. Sapi jantan dapat mencapai berat sekitar 850 kg sedangkan sapi betina mencapai berat 650 kg.

Di negara aslinya, jenis sapi ini lebih banyak dipelihara dengan cara digembalakan pada padang penggembalaan.

Sapi Hereford memiliki ciri – ciri: punggung lebih lebar dan rata, memiliki daya adaptasi yang baik, warna rambut lebih kemerahan, sedangkan bagian kepala, dada, leher, dan keempat kakinya berwarna putih.

sapi potong eropa
pixabay.com

Baca juga: 21 Peluang Usaha Ternak yang Patut Kamu Coba

Sapi Aberdeen Angus

Sapi Aberdeen Angus termasuk sapi potong yang terkenal dengan dagingnya yang bermutu tinggi dengan marbling (penyebaran lemak dalam daging).

Sapi Angus pertama kali masuk ke dalam Indonesia pada tahun 1973 di era Pemerintahan Era Soeharto. Sapi ini berasal dari Skotlandia namun lebih berkembang di daerah Amerika Serikat.

Sapi Aberdeen Angus memiliki ciri – ciri: bentuk tubuh yang lebih lebar namun pendek berbentuk panjang dan kompak seperti balok. Tidak memiliki tanduk, serta memiliki rambut yang panjang dan halus, serta berwarna hitam pekat.

Sapi Shorthorn

Sapi Shorthorn berasal dari negara Inggris tetapi lagi – lagi berkembang di negara Amerika Serikat. Jenis sapi ini dapat mencapai berat 750 kg untuk sapi betina sedangkan pada sapi jantan dapat mencapai 1.000 kg.

Jenis sapi ini juga telah dikembangkan di Indonesia sebagai jenis sapi potong untuk memproduksi daging sapi.

Sapi Shorthorn memiliki ciri – ciri: kepala yang pendek dan lebar, tanduk menjurus ke samping tapi ujungnya melengkung ke depan, tubuh lebih besar dan berbentuk kompak bujur sangka.

Bentuk badan sisinya lebih rata, serta warna rambutnya kemerahan dengan kombinasi merah muda dan merah putih.

Sapi Charolais

Sapi Charolais berasal dari Perancis tetapi berkembang dengan baik di negara Amerika Serikat, kemudian mengalami perkembangan dengan menyilangkannya dengan jenis Sapi Brahman sehingga didapatkan mutu genetic terbaik.

Untuk sapi jantan memiliki bobot mancapai 1.000 kg sedangkan pada betina mencapai 750 kg.

Sapi ini dikembang di Indonesia sebagai bibit sapi potong di daerah Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah dengan pertumbuhan 0,71 kg/hari.

Untuk persilangan namun untuk spesies aslinya mampu mencapai 1,5 – 1,6 kg/hari sehingga peternak sapi di Indonesia mulai beternak sapi ini.

Ciri – ciri Sapi Charolais ialah berwarna putih cream dengan dasar kemerahan, memiliki tanduk namun beberapa juga ditemukan tidak memiliki tanduk, berat lahir 45 kg dan saat disapih mencapai 275 kg.

Tubuh memiliki postur yang besar, padat dan lebih kompak. Sifat lainnya ialah pertulangan kuat, persentase karkas tinggi serta daya adaptasi yang baik.


Itulah informasi mengenai bangsa sapi potong di Eropa. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kenali 6 Target Pasar Peternak Sapi Cerdas

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://sinauternak.com/mengenal-bangsa-sapi-potong-eropa-bos-taurus/
  • https://bbppbatu.bppsdmp.pertanian.go.id/bangsa-bangsa-sapi-potong-tropis-dan-sub-tropis/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.