Apa Saja Peluang Budidaya Ikan di Pasaran?

Ikan merupakan suatu makanan yang di gemari oleh masyarakat karena ikan merupakan  sumber protein yang tinggi. Tingginya tingkat konsumsi akan ikan di masyarakat sehingga membuka peluang budidaya ikan yang besar bagi kita yang berencana membuka usaha dalam bidang perikanan.

Meskipun demikian, banyak dari sebagian kalangan masyarakat yang tidak bisa menikmatinya dikarenakan harga ikan yang masih sulit di jangkau untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Padahal banyak daerah daerah yang memiliki sungai, danau yang banyak di manfaatkan oleh para pelaku budidaya ikan.

Supaya ikan dapat di jangkau oleh semua kalangan masyarakat, maka ketersediaan ikan di pasar harus melimpah. Maka di perlukannya banyak para pelaku budidaya ikan. Oleh karena itu untuk membudidayakan ikan di daerah perkotaan sangat mungkin terjadi dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih.

Budidaya ikan

Maka dari itu, kita harus mengetahui peluang dan keuntungan budidaya ikan di perkotaan yang dijelaskan di bawah ini:

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah

Dikarenakan di perkotaan akan sangat sulit untuk mencari lahan yang kosong, maka kita dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang terdapat di rumah. Jika kita memiliki lahan pekarangan yang cukup luas, maka jangan biarkan lahan pekarangan tersebut menganggur dan tidak menghasilkan.

Lahan tersebut dapat kita ubah menjadi kolam budidaya ikan dan juga dapat membuat wadah media kolam seperti, drum,kolam terpal, bahkan aquarium. Penggunaan wadah media kolam memberikan beberapa kelebihan, selain biaya yang murah wadah tersebut juga mudah diatur posisinya.

Dengan adanya kolam tersebut yang di gunakan untuk budidaya ikan maka kita dapat memenuhi kebutuhan ikan kita untuk keluarga, dan hal tersebut dapat berpeluang untuk menjadi usaha yang lebih besar.

Baca Juga : 7 Ikan Terbaik untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Lahan rumah dipakai sebagai tempat budidaya ikan

Sumber: blogs.oregonstate.edu

Kota Sebagai Pasar yang Besar

Di kota kota besar maka memiliki jumlah populasi yang meningkat dari setiap tahunnya. Dengan penumbuhan populasi tersebut maka kebutuhan akan pangan terus meningkat termasuk kebutuhan ikan. Maka dari itu, peluang budidaya perikanan di perkotaan sangat besar. hal ini dikarenakan hasil budidaya ikan dapat dijual langsung ke pasar,swalayan,restoran,pasar ikan, usaha yang mengolah hasil perikanan dan lainnya.

Baca Juga : Cara Beternak Ikan Lele dengan Sistem Bioflok

Mudahnya Mengakses Pasar

Mudahnya akses ke pasar merupakan nilai yang lebih bagi para pelaku budidaya ikan di perkotaan. Bagaimana tidak, dengan mudahnya askes ke pasar kita dapat dengan mudah menjual ikan hasil budidaya kita.

Dekatnya lokasi budidaya dengan pasar maka kita dapat mempertahankan kualitas ikan yang kita hasilkan dan juga tidak memerlukan biaya yang lebih untuk mengangkut ikan kita ke pasar. Dengan kita menjual ikan – ikan yang masih segar maka dapat meningkatkan peluang dan juga harga ikan yang kita hasilkan di pasaran.

Selain itu, konsumen juga dapat langsung datang ke lokasi budidaya ikan kita, dengan begitu hal ini dapat menigkatkan kepercayaan dan juga meningkatkan harga jual ikan.

pasar ikan

Mudahnya Mengkases Teknologi Informasi

Melakukan budidaya ikan di perkotaan ternyata memudahkan kita mengakses teknologi tentang update terbaru yang berkaitan dengan perikanan. Akses teknologi dan informasi tersebut dapat didapat melalui, koran, buku , internet,intansi pendidikan, maupun televisi.

Selaini itu, kita juga dapat langsung belajar pada teknisi yang memang sudah ahli di bidang perikanan. Dengan kemudahan mengakses hal hal tersebut, maka kita dapat memantau harga perkembangan ikan di pasaran dan juga menerapkan teknologi dan inovasi pada budidaya ikan.

Mudahnya Mendapatkan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan hal hal yang sangat penting dalam proses budidaya.  Saana dan prasarana yang di maksud berupa, benih ikan, pakan ikan, wadah kolam ikan, obat obatan dan yang lainnya yang di butuhkan dalam proses budidaya. Dengan kita berlokasi di perkotaan maka dapat dengan mudah mendapatkan sarana dan prasarana tersebut.


Nah, itu dia peluang budidaya ikan yang akan kita peroleh apabila kita mulai membudidayakan ikan. Bagaimana menurut kamu?

Baca juga: 7 Peluang Usaha Ternak Yang Wajib Kamu Tahu

Penulis: M. Rizki Permadi Putra

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.