anak kost

Sibuk kuliah tapi mau bertani? Tapi tidak tau mulai bertani darimana? Berikut Pak tani Digital akan membagikan jenis tanaman yang bisa ditanam ala anak kost. Simak ulasannya!

Bertani ala Anak Kost

Bertahun-tahun hidup sebagai anak rantau, suka dan duka sebagai anak kos sudah biasa diajalani. Lebih sering berpuasa bukan hanya Senin dan Kamis tapi nyaris setiap hari demi bisa menghemat karena saku menipis juga sudah biasa.

Sebagai anak kost yang jauh dari kelurga harus pinter mengatur keuangan agar tercukupi hingga akhir bulan. Anak kost harus bisa memilih barang yang menjadi kebutuhan dan harus menjauhi barang yang diinginkan terlebih dahulu ketika dompet sudah terasa sangat menipis.

Salah satu cara sederhana menghemat yaitu dengan memasak untuk kebutuhan sehari-hari, namun itu pun terkadang masih juga uang pas-pas an hingga akhir bulan.

Solusi pintanya adalah menanam tanaman yang masa panen nya pendek dan dapat ditanam disekitar kamar atau perkarangan kost-an.

Sehingga sebagai anak kost tidak lagi khawatir ketika bahan-bahan dapur naik secara tiba-tiba. Berikut bebrapa tanaman yang cocok untuk ditanam oleh anak kost.

Baca juga: Menanam Kedondong Dalam Polybag Dengan Benar

Jenis Tanaman Untuk Anak Kost

Cabai

bertani anak kost
rinatrilestari.wordpress.com

Cabai menjadi salah satu bahan utama untuk anak kost yang sangat cocok untuk diolah dengan bahan makan lainnya karena bukan hanya sebagai penikmat masakan cabai juga dapat menjadikan olahan makanan nya menjadi lebih tahan lama.

Menanam cabai di dalam pot juga sangat mudah yaitu siapka botol plastik atau polybag ukuran kecil, masukkan benih kedalam wadah.

Untuk perawatannya hanya disiram setiap hari pada pagi dan sore hari dan letakkan cabai di tempat yang terkena sinar matahari.

Namun cabai mudah terserang hama tetapi bisa diatasi dengan cukup menggunakan cabai yang dihaluskan kemudian ditambah air dan disemprotkan ke daun tanaman cabai.

Tomat

bertani anak kost
sinartani.com

Tanaman yang satu ini juga cocok untuk ditanam pada lahan kecil ataupun dalam media polybag. Dan yang penting tomat juga merupakan bahan makanan favorit anak kos.

Tetapi saya sarankan agar anda lebih memilih varietas yang lebih kecil karena tomat varietas kecil lebih mudah untuk dipanen. Perawatan tomat agak sedikit berbeda dengan perawatan cabai.

Tomat ini mudah terserang penyakit dan juga sangat rentan terhadap kelembapan yang  sangat tinggi. Oleh karena itu tanaman tomat harus diberi perlakuan khusus.

Baca juga: 5 Tips Budidaya Kangkung Darat Organik Bagi Pemula

Daun Bawang

bertani anak kost
caramenanam.org

Sebagai bahan pelengkap makanan tentunya daun bawang ini sangat bermanfaat untuk anak kos contohnya daun bawang ini bisa dicampurkan dengan telur dadar, mie instan atau nasi goreng.

Seperti tanaman yang lainnya yang telah disebutkan tadi, penanamannya pun tidaklah sulit. Cukup dengan pot kecil saja. tanaman ini pun tidak rawan terhadap hama sehingga mudah untuk ditanam.

Kangkung

bertani anak kost
bibitbunga.com

Sayur kangkung bisa menjadi pilihan yang cocok untuk anak kost karena untuk menanamnya dapat dilahan kecil atau di polybag ukuran sedang.

Kangkung juga salah satu sayur yang sangat mudah tumbuh dan masa panen nya juga tidak terlalu lama sehingga anak kost dapat mengolah kangkung langsung diambil dari medianya.

Perawatannya juga tidak sulit cukup siram setiap hari pagi atau sore dan hasil panen nya dapat dijadikan berbagai olahan sayur atau dicanpur sebagai pelengkap mie instan.


Itulah beberapa jenis tanaman yang dapat ditanam oleh anak kost. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Stevia Rebaudiana, Si Manis dari Paraguay yang Berpotensi Menyingkirkan Tebu

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.