bunga anggrek

PTD akan membagikan 10 tanaman yang dapat kamu coba saat ingin bercocok tanam pada kawasan dataran rendah. Apa saja itu? Yuk simak artikel pertanian berikut ini.

Dataran rendah merupakan daerah yang memiliki suhu antara 23℃-28℃. Daerah ini cocok untuk pemukiman, namun kurang cocok untuk pertanian atau budidaya tanaman karena suhunya yang panas meskipun daerah dataran rendah memiliki curah hujan yang cukup.

Daerah dataran rendah merupakan daerah dengan ketinggian 0-200 mdpl. Daerah ini umumnya berlokasi di wilayah pantai dan dekat dengan hilir sungai.

Namun, bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah dan ingin membudidayakan tanaman, Anda dapat melihat syarat tumbuh tanaman sebagai pertimbangan.

Daftar 10 Jenis Tanaman Dataran Rendah

Berikut ini adalah daftar 10 tanaman yang dapat Anda pertimbangkan untuk ditanam di daerah dataran rendah, yaitu:

Baca Juga: Sudah Tahu Tentang Syarat Tumbuh Tanaman Manggis?

Bunga Anggrek

Bunga anggrek tumbuh dengan optimum pada suhu 21℃, namun bunga ini mampu hidup dengan suhu yang mencapai 30℃.

Terdapat ±36 spesies anggrek yang mampu hidup pada di daerah panas. Bunga anggrek dikenal cantik, memilliki bunga yang dapat mekar dengan daun dan batang yang kuat.

Buah Jeruk

Di Indonesia, buah jeruk merupakan tanaman yang sudah umum dibudidayakan. Buah jeruk dapat tumbuh di tanah lempung maupun lempung berpasir dengan pH 5,6-7 dan suhu 20℃-33℃.

Jeruk dapat dikembang biakkan secara vegetatif maupun generatif. Untuk vegetatif jeruk dapat diperbanyak dengan stek, sementara untuk generatif dengan biji.

Beberapa jenis buah jeruk antara lain: jeruk nipis, jeruk purut, jeruk keprok, jeruk bali, dan jeruk kingking. Selain menyegarkan, buah jeruk juga mengandung vitamin C.

Tanaman jeruk
bibitbunga.com

Buah Leci

Buah dengan rasa yang manis dan segar yang biasanya digunakan dalam membuat sirup ini mampu hidup di dataran rendah.

Buah leci sebaiknya ditanam saat musim penghujan antara bulan November-Januari karena suhu pada dataran rendah akan menurun sehingga tidak perlu melakukan penyiraman setiap hari.

Buah Mangga

Buah mangga merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia dan tidak sulilt dijumpai. Buah ini cocok di tanam di dataran rendah. Daerah yang terkenal dengan buah mangganya yaitu daerah Situbondo di pesisir utara Jawa Timur.

Buah mangga memiliki banyak jenis, antara lain: mangga manalagi, mangga arumanis, mangga golek, mangga madu,  mangga kemang, dan mangga lalijiwo.

Bunga Rain Lily

Bunga rain lily merupakan tanaman hias yang cocok dibudidayakan di dataran rendah. Pada umumnya, bunga rain lily memiliki 6 mahkota yang meruncing di bagian pangkal.

Bunga ini memiliki variasi warna kuning, merah muda, dan putih. Bunga rain lily memiliki karakteristik daun seperti pita, mengkilap dan berwarna hijau gelap, dan beraroma lembut.

Baca Juga: 6 Tips Bercocok Tanam di Indonesia

Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan tanaman hias yang dikenal sebagai ratu segala bunga karena keindahannya, bunga mawar juga sering disebut-sebut dalam karya sastra. Bunga mawar dapat tumbuh di berbagai lokasi termasuk  dapat tumbuh di dataran rendah.

Pisang

Tanaman pisang sering kita jumpai di sekitar pekarangan rumah. Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah.

Selain bagus untuk program diet, tanaman pisang juga mengandung serat, vitamin B6 dan C, karbohidrat, gula, kalium, mineral, protein dan lainnya.

Beberapa jenis tanaman pisang antara lain: pisang ambon, pisang cavendish, pisang mas, pisang susu dan pisang raja.

tanaman pisang
faunadanflora.com

Jambu

Selain banyak diminati oleh masyrakat, buah jambu juga dapat dibudidayakan di dataran rendah. Buah jambu sering digunakan dalam olahan minuman.

Selain itu, buah jambu juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan hipertensi, mencegah kanker dan sebagainya.

Nanas

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan sumber mineral dan vitamin. Nanas secara umum diolah menjadi selai. Buah nanas dapat tumbuh di daerah dataran rendah dengan ketinggian 100-200 mdpl.

Tanaman nanas tumbuh optimum pada ketinggian 100-700 mdpl, namun di daerah dataran tinggi tanaman ini mampu tumbuh sampai pada ketinggian 1200 mdpl.

Rambutan

Tanaman rambutan sangat sering kita jumpai di pekarangan-pekarangan yang terletak di dataran rendah.

Habitat yang cocok untuk rambutan adalah daerah dataran rendah dengan ketinggian 30-500 mdpl, sementara pada ketinggian dibawah 30 mdpl produksi buah rambutan tidak akan optimum.

Buah rambutan dapat diolah menjadi banyak produk antara lain rambutan binjai, rambutan rapiah, rambutan narmada, dan rambutan sinyonya.


Demikianlah artikel mengenai 10 tanaman yang dapat dibudidayakan di dataran rendah. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Syarat Tumbuh Cengkeh, Tanaman Penghasil Minyak Atsiri

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar utama: abahtani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.