Langkah-Langkah Membuat Bonsai Bunga Kertas Bagi Pemula

Mau tau langkah pembuatan bongsai bunga kertas? Pak Tani Digital akan memberikan informasinya. Berikut ulasannya!

Persiapan dan Pembuatan Bonsai Bunga Kertas

bongsai bunga kertas
floradanfauna.com

Akhir-akhir ini pecinta tanaman bonsai semakin bertambah banyak. Bonsai bunga kertas salah satunya. Lalu apa itu tanaman bonsai? Bonsai sendiri merupakan suatu teknik untuk membuat tanaman yang berukuran besar menjadi lebih mini dengan tampilan yang lebih estetik.

Walaupun beberapa jenis tanaman dapat dibuat bonsai, namun bonsai bunga kertas atau bougenvile menjadi salah satu jenis tanaman bonsai yang paling populer.

Bunga kertas termasuk kedalam jenis tanaman yang mudah dirawat. Selain itu warna-warni bunganya yang sangat cerah tentu akan menambah keindahan pada tanaman bonsai yang dibuat.

Bunga kertas memang memiliki banyak keunggulan karena batangnya yang memiliki corak yang klasik. Tampilannya akan jauh lebih menarik jika dibuat menjadi tanaman bonsai.

Oleh karena itu tak heran jika permintaan bonsai ini cukup tinggi di pasaran. Jika Anda tertarik untuk membuat bonsai dari tanaman bougenvile, ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu,

Baca juga: 4 Tahap Menanam Bunga Bambu Air Serta Perawatannya

Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Tidak perlu khawatir karena alat dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan dan didapat seperti:

  • Pot
  • Gunting tanaman
  • Isolasi
  • Tali raffia
  • Tang
  • Kawat kuningan
  • Cetok
  • Bibit bunga kertas/bougenvile
  • Pupuk kandang/kompos
  • Pupuk anorganik
  • Kerikil
  • Pasir
  • Media tanam

Pilih Bibit Bunga Berkualitas

Bibit bunga kertas yang bagus harus berada pada kondisi sehat, daun subur dan berwarna hijau cerah, serta terbebas dari hama dan juga penyakit.

Bibit bisa berasal dari hasil stek atau cangkok. Bibit yang diambil dari stek atau cangkok akan menghasilkan tanaman dengan akar yang kokoh. Hal ini dikarenakan bibit ini tidak memiliki akar tunggang melainkan lateral.

Siapkan Media Tanam Baru

Pastikan untuk menggunakan media tanam baru dan jangan gunakan media tanam  bekas tanaman lain. Untuk media tanam dari campuran tanah, pasir, dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 5:3:2.

Masukkan terlebih dahulu kerikil di bagian paling bawah pot agar proses aerasi dapat berjalan dengan baik. Setelah kerikil masuk kedalam pot, masukkan bibit kedalam pot secara tegak lurus dan terakhir baru masukkan media tanam hingga penuh.

Siapkan Pot yang Kuat dan Steril dari Hama Penyakit

bongsai bunga kertas
pixabay.com

Baca juga: Ingin Budidaya Bunga Krokot? Berikut Ini 11 Cara Serta Perawatannya

Agar tanaman bonsai dapat berkembang dengan sempurna, pilihlah pot yang kuat dan juga kokoh. Sebelum digunakan cuci bersih pot sehingga terbebas dari kotoran maupun hama dan penyakit yang menempel.

Atau bisa merendam pot dengan menggunakan larutan insektisida. Gunakan larutan insektisida dengan dosis 0,06-1%. Setelah itu jemur pot dibawah sinar matahari selama 10-15 menit.

Lakukan Pemangkasan Daun

Untuk membuat tampilan bonsai bunga kertas menjadi lebih rapi dan estetik, perlu melakukan pemangkasan daun yang tidak perlu. Selain memperindah tampilan bonsai, pemangkasan daun juga bertujuan untuk mengurangi penguapan berlebih sehingga tanaman tidak stress dan mati.

Buat Kerangka Dasar Bonsai

Proses pembuatannya diawali dengan membuat kerangka bonsai terlebih dahulu. Setelah kerangka yang diinginkan sudah selesai dibuat, jangan lupa mengikatnya dengan kawat kuningan sehingga posisinya tidak bergeser. Menguatkan lilitannya lagi dengan menggunakan tali raffia.

Ada banyak sekali bentuk kerangka bonsai yang bisa dibuat, mulai dari bentuk tegak lurus hingga bentuk yang lebih unik seperti mahkota asimetris atau bentuk batang yang berliku. Buatlah kerangka bonsai sesuai dengan selera Anda,

Perawatan Bonsai

Selama proses pertumbuhan tanaman, pangkaslah beberapa daun yang tumbuh tidak beraturan atau memangkas ranting yang tumpang tindih sehingga kerangka bonsai tidak rusak.

Selain itu siram tanaman bonsai secukupnya, jangan terlalu basah atau kering. Menyiram air terlalu banyak hingga menggenang justru berbahaya karena akar tanaman akan lebih cepat membusuk.

Untuk proses pemupukan, gunakan larutan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 20-25 gram. Aplikasikan pupuk dengan menggunakan botol semprot ke dekat perakaran. Lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali.


Itulah langkah membuat bongsai bunga kertas dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Ingin Budidaya Bunga Aster? Ini Dia 5 Langkah Mudahnya

Penulis: Vita Awalia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • https://ilmubididaya.com/cara-membuat-bonsai-bunga-bougenville

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.