Sudah Tahu Tentang Syarat Tumbuh Tanaman Manggis?

Jika buah durian dikenal sebagai Raja Buah atau ‘King of Fruit’, maka untuk Ratunya Buah ‘Queen of Fruit’ jatuh pada buah manggis (Garcinia mangostana), yang buahnya ketika matang berwarna merah keunguan. Menurut asal usulnya, tanaman ini berasal dari hutan belantara Kalimantan Timur (Indonesia) lalu tersebar di Semenanjung Malaya hingga di seluruh Asia Tenggara.  Tahukah kamu bahwa buah manggis memiliki segudang manfaat? Tertarik untuk membudidayakannya? Yuk mari kita lihat syarat tumbuh tanaman manggis ini sobat PTD.

Nah, biasanya tanaman manggis ini dapat tumbuh subur pada kondisi udara yang mendapat sinar matahari dan kelembaban tinggi dengan musim kering yang pendek, yang bertujuan untuk merangasang proses pembungaan untuk menjadi buah.

Baca Juga : Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan Memasarkannya

Manfaat Manggis yang Luar Biasa

Seperti yang kita ketahui, buah manggis dalam dunia perdagangan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Karena manggis mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan tertingi di dunia.

Berdasarkan hasil riset, khasiat buah manggis selain dari buahnya juga dari kulit manggis. Diketahui, dari ekstrak kulit manggis ternyata efektif menetralisir radikal bebas. Berdasarkan  nilai Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC) xanthone pada ekstrak kulit manggis dapat mencapai  17.000-20.000 per 100 ons (sekitar 2,835 gram kulit).

Apabila manggis dibandingkan  dengan sumber antioksidan lainnya, maka manggis memiliki jumlah antioksidan yang jauh lebih banyak. Adapun sumber antioksidan lain seperti anggur yang hanya 1.100, sedangkan apel 1.400 adalah jumlah yang sangat jauh dengan manggis yang mencapai 17.000-20.000 ORAC.

ORAC merupakan kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas. Tidak hanya itu, kemampuan antioksidan xanthone bahkan  melebihi vitamin A, C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan  paling efektif dalam melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh.  Xanthone sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh sebagai antioksidan, anti-histamin, anti-inflamasi dan anti-mikroba.

Syarat tumbuh tanaman manggis
Foto : Kemampuan manggis untuk menjadi antioksidan terbaik membuat manggis menjadi penghasil antioksidan terbaik. Berminat untuk menanamnya?

Awal Agustus 2019 ini, Kementrian Pertanian merilis informasi bahwa diketahui Indonesia termasuk dalam lima besar Negara produsen manggis terbesar di dunia, bersama India, Tiongkok, Kenya, dan Thaildan. Pada tahun 2018, ekspor manggis sebesar 38.3830 ton, meningkat lebih dari 100% dibanding tahun 2017 yang sebesar 9.167.

Baca Juga : Tingginya Potensi Ekspor Manggis di Pasar Dunia

Tidak hanya itu, diinformasikan juga bahwa total sebanyak 40% , ekspor manggis berasal dari Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang baik tersebut, hal ini menjadi angin segar bagi petani untuk memulai budidaya manggis.

Mari Mengenal Syarat Tumbuh Tanaman Manggis

Nah, bagi Anda yang berminat dalam budidaya manggis, ada baiknya mengetahui beberapa syarat pertumbuhan tanaman ini agar dapat tumbuh baik. Beberapa syarat tersebut diantaranya yaitu:

  • Iklim Tumbuh Tanaman

Arah angin berperan dalam penyerbukan bunga untuk tumbuhnya buah mangis. Daerah yang cocok untuk budidaya manggis adalah daerah yang memiliki curah hujan tahunan sekitar 1.500–2.500 mm/tahun dan merata sepanjang tahun, serta temperatur udara optimum berkisar antara 22-3°C.

  • Media Tanaman Bagi Manggis

Tanaman manggis akan tumbuh optimum pada kondisi tanah yyang subur, gembur, mengandung bahan organik.Derajat keasaman atau pH tanah ideal berkisar antara 5–7. Daerah dengan drainase baik dan tidak tergenang serta air tanah berada pada kedalaman 50–200 m sangat baik untuk pertumbuhan tanaman manggis.

  • Ketinggian tempat:

Untuk ketinggian tempat yang dianjurkan tidak terlalu tinggi. Tanaman manggis dapat tumbuh optimum di daerah dataran rendah sampai di ketinggian dengan ketinggian di bawah 500-600 m dpl.

  • Periode Panen Manggis

Biasanya, periode panen buah manggis di Indonesia dilakukan pada bulan November sampai Maret tahun berikutnya. Proses panen hasil budidaya tanaman manggis diantaranya yaitu dapat dilihat dari ciri dan umur panen berdasarkan tingkat kematangan yang akan sangat berpengaruh terhadap mutu dan daya simpan manggis.

Baca Juga : Cara Menanam Okra atau Ladys Finger di Pekarangan

Proses dan teknik budidaya tanaman manggis serta proses panen dan pasca panen agar menghasilkan produk buah manggis layak ekspor, diantaranya yaitu pembibitan, benih yang memenuhi syarat, pengolahan media tanam dengan baik seperti pengaturan jarak tanan dan pemupukan sesuai prosedur, serta pemeliharaan tanaman untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit.

Setelah proses panen atau pascapanen, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan yaitu pengumpulan, penyortiran atau penggolongan, dan penyimpanan. Pengumpulan  buah di dalam wadah dan ditempatkan di lokasi yang teduh dan nyaman. Penyortiran dan penggolongan bertujuan untuk menempatkan buah yang baik dengan yang rusak dan yang busuk dalam wadah yang berbeda.

Nah, demikianlah beberapa syarat tumbuh tanaman manggis yang berguna dalam proses budidayanya yang dapat menghasilkan produk buah yang layak ekspor. Bagaimana menurut kamu? Mau memulai budidaya manggis? Yuk sebarkan artikel pertanian ini bila bermanfaat ya.

Penulis : RM Winnie


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.