Tingginya Potensi Ekspor Manggis di Pasar Dunia

Potensi ekspor manggis ke mancanegara sangat besar. Salah satunya setelah China kembali membuka kesempatan Indonesia mengekspor ke negara itu hingga ribuan ton tahun ini.

Misalnya April 2018 lalu, salah satu sentra penghasil manggis, Bali, mengekspor hingga 1.000 ton ke berbagai negara, sebanyak 150 ton di antaranya ke China. Badan Karantina Kementerian Pertanian menyatakan, sebelumnya Indonesia menghadapi kendala sertifikasi dan kualitas produk sesuai persyaratan negara pengimpor China.

Setelah membuka kembali keran impor, sedikitnya 2.000 ton sudah masuk ke China 2018 ini. Manggis-manggis itu berasal dari sejumlah sentra produksi manggis, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali dan Sumatera serta beberapa provinsi lain.

Baca: Kopi Nasional Kian Dicintai Lokal dan Internasional, Peluang & Tantangan

Data Litbang Kementerian Pertanian menyebutkan ada 25 kabupaten di sejumlah provinsi yang selama ini menjadi sentra produksi manggis dengan tujuan ekspor. Setiap musim buah lokal yang satu ini, Indonesia mengeskpor sedikitnya 7.000 ton.

Manggis Jadi Andalan Ekspor

Buah manggis yang mendapat julukan “Queen of Tropical Fruits” ini sangat digemari oleh masyarakat dunia karena kelezatan dan banyaknya manfaat buat kesehatan.

Tidak heran jika tingkat ekspor buah asli Indonesia ini tertinggi ketimbang buah-buah ekspor asli Indonesia lainnya.

Perusahaan Media Online dan Riset Berita Ekonomi dan Bisns KATADATA menyebutkan tingkat ekspor buah manggis pada 2015 tertinggi ketimbang buah asli Indonesia lainnya seperti pisang, mangga, salak, rambutan dan nanas serta jambu.

NIlai Ekspor dalam US$ 2015

  • Manggis 17.2 juta US$
  • Pisang Olah 12.1 juta US$
  • Mangga 1.8 juta US$
  • Salak 1.7 juta US$
  • Pisang meja 924 ribu US$
  • Rambutan 828.7 ribu US$
  • Nanas 653.6 ribu US$
  • Jeruk Lemon 506.1 ribu US$
  • Jambu 102.7 ribu US$

(Sumber: KATADATA)

Baca: 6 Langkah Kementan Dorong Peremajaan Kelapa Sawit

Beberapa tahun terakhir, Indonesia rutin mengeskpor manggis ke-29 negara. Beberapa negara pengimpor terbesar seperti

  • Thailand
  • Malaysia
  • Hongkong
  • Vietnam
  • Uni Emirat Arab
  • Belanda
  • Perancis
  • Saudi Arabia, dan
  • China.

Potensi Ekspor Manggis Sangat Besar

Kementerian Pertanian mengatakan potensi pengembangan tanaman manggis di Indonesia sangat besar. Ada beberapa alasan untuk itu.

  • Pertama, potensi lahan perkebunan sangat luas yang tersebar di berbagai daerah.
  • Kedua, keragaman jenis tanaman manggis Indonesia sangat banyak. Dari 400-an jenis yang ada di dunia, 100 jenis di antaranya tumbuh di Indonesia.
  • Ketiga, kemampuan petani dan teknologi yang ada sangat menunjang bagi pengembangan produksi manggis.
  • Ke-empat, beberapa tahun lalu produktivitas manggis di Indonesia masih 6 ton lebih per hektarnya, sedangkan Thailand sudah mencapai 16 ton lebih per hektarnya. Hampir 3 kali lipat. Itu menggambarkan jika kemampuan petani terus meningkat, bukan mustahil hasil manggis Indonesia juga bisa meningkat 3 kali lipat.

Mengenal Buah Manggis

Buah dengan nama latin Garcinia Mangostana ini ditemukan pertama kali oleh penjelajah hutan asal Perancis Laurent Garcin pada abad 16.

Tanaman ini banyak dijumpai di Sumatera, Jawa dan Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan di Kepulauan Maluku serta beberapa negara ekuator seperti Malaysia, Indonesia dan beberapa negara di Afrika.

Baca: Data Produksi Cabai Terus Meningkat, Namun Harga Pasar Selalu Tinggi

Buah berbentuk bulat berkulit tebal dengan permukaan kulit luar keras berwarna hijau saat masih muda dan ungu kehitaman saat sudah tua dan matang.

Pada ujung buah terdapat bulatan-bulatan kecil. Daging buah berwarna putih susu berbentuk bilah, seperti jeruk. Rasa buah manis keasaman. Musim buah manggis setiap tahunnya terjadi pada November – Februari.

Dalam perjalanannya, buah yang punya nama lain manggu (Bahasa Sunda), busutang (Halmahera), sungkup (Dayak), lokopa (Mentawai) atau manggih (Minangkabau), juga dimanfaatkan kulitnya sebagai herbal dan suplemen.

Kulit yang berasa pahit memiliki kandungan berbagai zat yang bermanfaat, di antaranya anti rucun tubuh atau antioksidan dan nutrisi lain yang berguna buat kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Manggis

Berbagai penelitian menunjukkan jika buah yang mendapat julukan sebagai “Buah Ratu” ini punya banyak manfaat terhadap kesehatan. Beberapa di antaranya:

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan buah manggis mempunyai senyawa polifenol alami yang disebut xanthones. Senyawa ini berperan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mulai dari flu, risiko kanker hingga serangan jantung.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas jadi meningkat berkat kandungan Xanthones dan vitamin C dalam buah manggis.

Vitamin C inilah yang membuat produksi dan fungsi sel darah putih meningkat sehingga membuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit meningkat pula.

3. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Kandungan potasium, magnesium, tembaga dan mangan dalam buah manggis bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

4. Anti Inflamasi atau Peradangan

Peradangan merupakan awal terjadinya penyakit flu, rasa sakit pada pembengkakan dan demam.

Dengan mengkonsumsi buah manggis, peradangan itu bisa dicegah atau dikurangi berkat histamin dan prostaglandin yang berperan sebagai anti peradangan atau inflamasi.

Langkah Menanam Manggis

Setelah membaca urain tentang popularitas si buah lokal di mata internasional dan potensi untuk pengembangan produksinya, barangkali anda tertarik untuk mencoba menanamnya.

Berikut 5 langkah untuk menanamnya.

1. Pemilihan Bibit

Pastinya, yang dipilih adalah yang berkualitas. Untuk mendapatkan yang berkualitas, beberapa caranya adalah; membeli dari penjual terpercaya, biji dari varietas yang bagus dan tersertifikasi, bisa langsung ditanam.

2. Penyemaian Biji

Tujuan dari penyemaian agar tanaman nanti lebih mudah beradaptasi saat dipindah ke lapangan. Dalam proses penyemaian, cukup masukkan biji dalam media tanam yang sudah kita siapkan.

Media tanam berupa tanah bercampur pupuk dengan perbandingan 1 : 1 dalam wadah polybag. Tarus media penyemaian di tempat teduh dan rutin disiram.

3. Menanam Bibit

Pindahkan bibit manggis tadi ke lapangan setelah berusia sedikitnya 6 bulan. Pastikan jarak tanam antar tanaman cukup karena manggis termasuk tumbuhan besar dan rimbun.

Beberapa persyaratan teknis saat proses pemindahan ke lapangan: lubang tanam berukuran sedikitnya 50 x 50 x 50 cm. Setiap lubang tanam diisi pupuk kandang sebanyak minimal 5 kg dan bersihkan pula areal sekitar lubang dari gulma.

4. Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan dan perawatan yang optimal akan membuat tanamam tumbuh subur. Teknisnya, rutin penyiraman, pemberian pupuk diusia setahun tanaman.

Pemberian pupuk selanjutnya setiap enam bulan sekali secara bergantian antara pupuk kandang dan NPK. Selain pemupukan, juga ada penyiangan dan pemangkasan cabang.

Penyiangan dilakukan setiap tumbuh rumput yang dipandang sudah mengganggu karena rumput menyerap unsur hara yang dibutuhkan manggis.

Hal lain yang penting dilakukan adalah pemangkasan saat tanaman mulai berbunga perkembangan bunga bisa tumbuh menjadi buah dengan baik. Mencegah serangan penyakit juga wajib dilakukan, seperti penyemprotan insektisida dan fungisida. Misalnya mencegah jamur di bekas dahan yang dipotong.

5. Penanganan Pasca Panen

Tanaman siap berbuah dan panen setelah berusia sedikitnya 10 tahun. Namun itu tergantung dengan beberapa hal, seperti perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan sejak masih bibit.

Itu sebagian dari manfaat buah manggis terhadap kesehatan. Beberapa manfaat lainnya seperti baik untuk kesehatan kulit, menurunkan berat badan, kesehatan pertumbuhan janin, mencegah kanker, mengobati tuberkolusis dan Alzheimer.

Penulis Fuad Bakhtiar


Referensi:

  • ekonomi.kompas.com/read/2018/01/29/122318426/2000-ton-manggis-indonesia-siap-masuk-pasar-china
  • www.litbang.pertanian.go.id/artikel/one/243/pdf/25%20Daerah%20Sentra%20Manggis.pdf
  • databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/18/manggis-buah-andalan-ekspor-indonesia
  • www.republika.co.id/berita/ekonomi/pertanian/18/02/02/p3j2yw328-indonesia-ekspor-20-ribu-ton-manggis-ke-arab-dan-cina

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.