Belimbing Wuluh

Selama pandemi, semua orang mulai memutar otak untuk memperbaiki ekonomi dan bertahan hidup. Banyak hal yang dilakukan mulai dari berdagang dan bertani di masa pandemi. Tidak sedikit yang mencoba menanam tanaman, obat-obatan, sayuran dan buah salah satunya budidaya belimbing wuluh.

Belimbing wuluh atau belimbing sayur merupakan buah yang memiliki cita rasa asam manis menyegarkan, serta mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman belimbing wuluh seringkali dibudidayakan oleh banyak orang, dan dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Terlebih, masyarakat Indonesia suka dengan buah ini.

Buah belimbing wuluh memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh, seperti vitamin, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, serta mineral. Adapun vitamin yang terkandung ialah vitamin A, C, dan B kompleks.

 

Baca Juga: Peluang Usaha Berjualan Sayur di Tengah Pandemi
Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh

Sumber: https://www.bola.com/ragam/read/4130506/8-manfaat-belimbing-wuluh-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-yang-jarang-diketahui

  1. Mengatasi Demam dan Flu

Cuaca ekstrem yang tidak menentu dapat menyebabkan manusia terserang demam dan flu. Belum lagi di masa pandemi semua masyarakat meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada belimbing wuluh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga Anda bisa mengatasi penyakit demam menggunakan belimbing wuluh. Caranya, dengan merebus belimbing wuluh lalu dikonsumsi air rebusannya.

  1. Mengobati Batuk dan Pilek

Jika anda sedang batuk atau pilek Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobatinya. Caranya dengan menambahkan ekstrak buah ini ke dalam sirup obat yang akan Anda minum. Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang dapat menyegarkan tenggorokan.

  1. Mengatasi Diabetes

Untuk mengatasi diabetes, Anda bisa mengontrol kadar gula darah menggunakan belimbing wuluh. Pasalnya buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah. Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh secara rutin agar kadar gula darah kembali normal.

  1. Mengobati jerawat

Asam oksalat yang terkandung pada belimbing wuluh dapat mengurangi jumlah jerawat pada wajah Anda. Caranya dengan menghaluskan belimbing wuluh dan aplikasikan seperti masker, diamkan hingga mengering. Selain itu, belimbing wuluh juga bisa mencegah penuaan dini dan mencerahkan wajah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh. Pasalnya terdapat zat antihiperlipidemik dalam kandungan belimbing wuluh yang dapat mencegah peningkatan berat badan.

 

Baca Juga: Tips Bisnis Tanaman Hias Skala Rumahan Bantu Keadaan Ekonomi
Peluang Usaha Budidaya Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Manfaat tersebutlah yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha dalam budidaya belimbing wuluh dan diminati di masa pandemi. Terlebih permintaan pasar akan buah ini cukup tinggi, serta buah ini bisa diolah menjadi berbagai produk makanan, minuman, kecantikan, obat dan lainnya.

Budidaya belimbing wuluh juga bisa dilakukan dengan mudah, dan dapat panen banyak setiap tahunnya. Buah ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, sehingga budidaya belimbing wuluh menjadi peluang usaha yang Menjanjikan.

Untuk memulai usaha belimbing wuluh tidak terlalu sulit, Anda cukup membudidayakan buah ini di lahan luas maupun lahan kecil dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Jika Anda melakukan proses pembudidayaan dengan benar, Anda akan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Prospek Usaha Budidaya Belimbing Wuluh

Anda bisa menjual hasil panen budidaya belimbing wuluh secara langsung di pasar tradisional maupun pasar modern, atau pada konsumen langsung. Adapun konsumen belimbing wuluh cukup banyak mulai dari konsumen rumah tangga sampai usaha kuliner. Ini cukup berpengaruh dan ampuh untuk memperbaiki ekonomi rumah tangga anda.

Dengan begitu Anda bisa menjual belimbing wuluh di rumah makan, restoran, swalayan, hotel, supermarket dan lainnya. Tentunya Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari belimbing wuluh tersebut. Adapun patokan harga belimbing wuluh di pasaran sekitar Rp7.000 sampai Rp10.000 per kg.

Keuntungan dan Kekurangan Usaha Budidaya Belimbing Wuluh

Dalam menjalankan usaha budidaya belimbing wuluh, tentu Anda akan merasakan keuntungan serta kekurangannya. Keuntungan menjalani usaha ini yaitu mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi sehingga dapat memperbaiki ekonomi, karena buah ini banyak dicari dan bisa diolah menjadi beragam produk.

Namun, kekurangan dari usaha ini ialah sering dilakukan banyak orang. Sehingga, tingkat persaingan cukup banyak.

Itulah beberapa hal mengenai usaha budidaya belimbing wuluh yang menguntungkan, mulai dari manfaat, peluang usaha, prospek kerja, hingga keuntungan dan Kekurangan usaha belimbing wuluh. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga: Yuk, Ketahui Manfaat Terumbu Krang Secara Ekologi dan Ekonomi


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

https://doktersehat.com/manfaat-belimbing-wuluh/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.