terumbu karang

Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis alga zooxanthellae. Terumbu karang hidup di dasar perairan dan berupa batuan kapur yang cukup kuat menahan gelombang laut. Secara garis beras, terumbu karang memiliki manfaat yang dapat dikelompokkan ke dalam tiga bagian, yaitu ekologi, ekonomi dan sosial.

terumbu karang

(sumber : Greeners.co)

 

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi

Manfaat terumbu karang secara ekologi berarti manfaat terumbu karang sebagai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Manfaat terumbu karang dari sisi ekologi adalah sebagai berikut :

  1. Sumber Keanekaragaman Hayati yang Tinggi

Terumbu karang merupakan ekosistem yang memiliki keanekaragaman hayati yang tertinggi dibanding ekosistem laut lainnya. Oleh karena itu, terumbu karang menjadi sumber keanekaragaman genetik dan spesies sehingga akan semakin banyak biota yang bisa dimanfaatkan.

  1. Pelindung Pantai dan Pesisir

Terumbu karang dapat memperkecil energi ombak yang mengarah ke daratan. Energi ini kemudian diperkecil lagi oleh hutan bakau atau padang lamun. Sehingga tidak menyebabkan abrasi sehingga ekosistem di pantai terlindungi.

  1. Penunjang Kehidupan

Sebagai suatu ekosistem, tentunya terumbu karang menunjang kehidupkan biota laut lainnya. Terumbu karang merupakan tempat tinggal, mencari makan dan berkembangbiak  bagi banyak biota laut. Jika terumbu karang rusak tentu akan berpengaruh langsung terhadap biota-biota laut tersebut.

  1. Mengurangi ‘Global Warming’

Selain diserap oleh hutan, gas CO2 juga diserap oleh laut. Dengan bantuan karang dan reaksi kimia, CO2 akan diubah menjadi zat bahan baku terumbu. Proses ini disebut kalsifikasi, karang akan dibantu oleh zooxanthellae.

 

Baca Juga: Home Farming, Apa Manfaatnya?

 

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekonomi

  1. Sumber Mata Pencaharian

Terumbu karang menunjang ekonomi masyarakat baik itu nelayan, petani rumput laut, dan lainnya. Pengembangan terumbu karang sebagai objek wisata juga mencipatakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat mulai dari penyewaan kapal, pemandu, penginapan dan restaurant.

  1. Sumber Makanan

Terumbu karang merupakan habitat bagi banyak biota lain yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan seperti rumput laut untuk dijadikan agar, ikan, udang, dan sebagainya.

  1. Objek Wisata

Karena keindahannya, berbagai kawasan terumbu karang dijadikan lokasi snorkeling dan menyelam, taman laut dan wisata laut lain.

(sumber : Adrenaline.com.au)

 

  1. Sebagai Bahan Dasar Obat dan Kosmetik

Berbagai jenis alga telah dimanfaatkan dalam pembuatan kosmetik dan bahan pembungkus kapsul (sehingga ‘vegan friendly’). Banyak biota laut lainnya yang diketahui mengandung senyawa kimia yang memiliki sifat antioksidan, anti kanker, antibiotik dan antiradang.

  1. Sumber Bibit Budidaya

Terdapat beberapa jenis biota laut  yang hidup di terumbu karang yag dapat dimanfaatkan sebagai bibit budidaya seperti ikan, teripang dan rumput laut.

 

Itulah artikel mengenai manfaat terumbu karang secara ekologi dan ekonomi. Mengingat begitu pentingnya peran terumbu karang ini, maka perlu dijaga dan dilestarikan.

 

Baca Juga: Tips Bisnis Tanaman Hias Skala Rumahan Bantu Keadaan Ekonomi


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.