Sebagai penghasil oksigen, tentu saja menanam tumbuhan hijau memberikan banyak manfaat bagi kesehatan terutama untuk yang tinggal di daerah perkotaan. Orang yang tinggal diperkotaan juga dapat menanam tanaman hijau atau tanaman hias dengan hanya memanfaatkan lahan sempit.

Mungkin istilah home farming sudah mulai familiar dan banyak dicoba oleh masyrakat yang tinggal di perkotaan. Untuk yang sudah mencoba pasti sudah merasakan manfaatnya bukan?
Nah untuk yang belum mencoba atau yang masih niat untuk mencoba, untuk memantabkannya silahkan baca artikel ini. Artikel ini akan membantu kalian mengetahui kelebihan dan manfaat dari Home Farming.

Manfaat Home Farming

sumber: pexels.com 

Baca Juga: Mengenal Urban Farming dan Manfaatnya

Memberikan kesejukan dan membuat teduh

Kita dapat memperoleh udara yang sejuk dari lingkungan yang bersi dan asri. Tanaman yang ditanam disekitar rumah akan menghasilkan oksigen yang tentu saja memiliki banyak manfaat. Oksigen yang diperoleh dari tanaman tersebut akan memberikan kesejukan bagi para penikmatnya. Ditambah lagi tanaman hijau dan bunga akan memberikan keteduhan bagi para penikmatnya. Semakin banyak tanaman yang kita tanam semakin bersih udara yang hirup.

Memberikan nilai Keindahan

Sumber: pexels.com

Selain memberikan keteduhan tentu saja lingkungan yang ditanami banyak tanaman akan memberikan estetika yang dapat dinikmati. Ditambah lagi jika tanaman yang ditanam ditata dengan rapi dan baik. Tentu saja pemandangan ini akan sanat memanjakan mata penikmatnya. Poin ini akan menguji sebesar apa kreativitasmu. Dengan kegiatan bermanfaat seperti ini selain memperoleh manfaat kesehatan juga dapat dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas. Semakin kreativitas anda, semakin indah rumah anda dan tentu saja ini akan membuat siapapun betah memandangnya.

Mengikat air di dalam Tanah

Sumber: pexels.com 

Mungkin kita sudah pernah mendengar ini, saat belajar di bangku sekolah dulu atau mungkin sampai sekarang. Akar dari tanaman akan mengikat air hujan yang jatuh ke bumi. Ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan tanah juga untuk siasat saat musim kemarau tiba. Pekarangan rumah dapat disulap menjadi penampungan untuk air secara alami.

Menikmati hasilnya

Sumber: Pexels.com 

Bayangkan jika kita menanam buah atau sayuran di sekitar rumah kita. Selain memberikan udara yang bersih, menambah keindahan pekarangan, mengikat air hujan juga kita dapat menikmati hasilnya. Sangat berguna sekali bukan? Tanaman yang kita tanam memberikan banyak sekali manfatnya. Buah atau sayur yang kita tanam dapat kita jaga dengan baik dan kita pastikan tidak terkena pestisida sehingga dijamin kebersihan dan kesehatannya. Kita mendapat untung yang berlipat ganda saat melakukan home farming bukan?

Sudah tertarik untuk melakukan home farming?

 

Baca Juga: Ayo Ikutilah Urban Farming Online Class

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi: https://thehijau.com/ayo-menanam-ini-manfaat-tanaman-di-lingkungan-rumah/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.