Ini Dia, 5 Aplikasi yang Dibutuhkan Petani Milenial Indonesia

InfoOpini

Written by:

Petani milenial saat ini dibutuhkan Indonesia untuk menggantikan posisi petani yang sekarang yang kebanyakan mendekati umur setengah abad. Nah, pergantian itu juga merupakan pergeseran generasi, sehingga cara bertani juga harus berbeda. Generasi sebelumnya belajar dari pengalaman dalam merawat dan mengidentifikasi tanaman serta memasarkan produk pertanian.

Namun, generasi sekarang yang sudah berada dalam tahap revolusi pertanian 4.0 harus beradaptasi dan mengikuti jaman dan memanfaatkan kecanggihan yang ada. Petani milenial harus memanfaatkan ponsel pintar mereka dan menggunakan aplikasi yang bermanfaat dalam aktivitas pertanian. Apa saja aplikasi yang membantu petani milenial Indonesia? Yuk kita akan kupas satu per satu.

  • Agrobase

Yang pertama kita akan bahas mengenai aplikasi yang menyimpan banyak data pertanian. Aplikasi ini menyediakan data tentang tanaman, gulma, hama, dan penyakit tentang tanaman yang mana itu dapat berfungsi sebagai pengenalan kepada petani milenial, sehingga petani milenial dapat mengenal tanaman yang di sekitar mereka dan fungsi dari tanaman itu sendiri.

Informasi tanaman yang disediakan pun dilengkapi dengan gambar dan terus dilakukan pembaruan serta deskripsi tanaman yang detail. Meningkatkan pengetahuan petani milenial adalah tahap pertama dalam menjadi petani yang sukses. Namun sayangnya aplikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

  • Picture This

Kamu sering bingung mengenali tanaman yang kamu jumpai secara manual? Terlalu banyak data sehingga sulit menemukan deskripsi tanaman yang dibutuhkan? Kalau gitu coba aplikasi PictureThis.

Aplikasi ini mirip seperti aplikasi pencarian google namun menggunakan gambar sebagai variabel pencariannya. Artinya,  kamu bisa mengidentifikasi suatu tanaman dengan memotret dan mengirimkan gambar melalui aplikasi.

Lalu dengan menggunakan algoritma tertentu dan berdasarkan data yang tersedia, aplikasi ini akan memberikan identifikasinya terhadap gambar tanaman yang kamu kirim. Cukup mudah bukan?

  • Plantix

Selanjutnya, Apakah kamu pernah kesulitan mengidentifikasi penyakit yang menyerang tanaman kamu? Kalau pernah, hari ini kamu tidak akan kesusahan lagi.

Namanya Plantix, Aplikasi yang menyediakan informasi tentang penyakit yang menyerang tanaman. Cara kerja Plantix hampir sama dengan cara kerja aplikasi PictureThis, kamu hanya perlu membuka aplikasi dan mengambil gambar daun tanaman yang terserang penyakit, lalu aplikasi akan mendiagnosis penyakit serta masalah potensialnya dan tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memberikan solusi yang optimal.

Hal ini pasti sangat membantu petani millineal yang masih kurang berpengalaman dalam mengatasi penyakit pada tanaman. Namun, aplikasi ini yang dibuat oleh peneliti Jerman ini baru tersedia dalam Bahasa Inggris saja.

  • Dr. Tania

Tidak terlalu mengerti Bahasa Inggris? Tidak masalah. Karena, aplikasi Dr. Tania karya anak bangsa juga sudah mampu menangani permasalahan identifikasi penyakit pada tanaman, cara penanganan serta obat yang harus diberikan petani.

Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sama dengan aplikasi Plantix, namun akan terlihat seperti sebuah aplikasi chat, karena aplikasi ini memang aplikasi chatbot, mungkin itu salah satu alasan dari pembuatnya menamakan Dr Tania karena, memang terlihat sedang berkomunikasi dengan seorang dokter. Sekedar informasi, aplikasi ini dibuat dengan harapan pembuatnya adalah memodernkan petani Indonesia.

  • Pak Tani Digital

Setelah tanaman dikenali, penyakit tanaman dapat diatasi maka solusi permasalahan terakhir yaitu memasarkan hasil pertanian adalah pak tani digital. Aplikasi ini merupakan platform digital yang menghubungkan antara petani dan konsumen serta pihak yang terkait. Bahkan, aplikasi ini memberikan fasilitas beriklan gratis dengan desain iklan produk dilakukan oleh professional yang bekerja di Pak Tani Digital. Ayo Tunggu apalagi? Yuk Install aplikasinya di android kamu atau klik link berikut ini bit.ly/paktaniapp .

Nah, itu dia aplikasi yang membantu petani millineal dari proses pengenalan tanaman, identifikasi penyakit tanaman dan solusinya serta pemasaran produk peratanian ketika panen. Patut dicoba ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.