Kisah dan Tips Bisnis Ikan Laut Ala Bu Susi

Kamu sudah coba berbagai jenis usaha di daratan Indonesia tapi belum berhasil sampai sekarang? Kalau begitu, kamu perlu mencoba wilayah lautannya. Potensi usaha di lautan Indonesia jauh lebih besar dibandingkan dengan di daratan, karena luas lautan juga 2/3 lebih luas dibandingkan dengan daratan.

Peluang bisnis memang sangat berlimpah di lautan tapi sering kali dilewatkan dan diacuhkan oleh kita. Salah satunya adalah menjalankan bisnis ikan laut. Nah, untuk sukses dalam berbisnis ikan laut, kamu bisa membaca kisah dan tips bisnis ikan laut dari seorang tokoh panutan yaitu Bu Susi Pudjiastuti selaku Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia berikut ini.

Walaupun terlahir dari keluarga yang berkecukupan, Bu Susi hidup tidak bergantung kepada orangtuanya. Ia justru banyak belajar cara berbisnis secara langsung dari usaha peternakan keluarganya. Hal ini bisa dilihat dari kegigihannya menjual pakaian dan bedcover sewaktu masih SMP.

Selain itu, dia juga berani mengambil keputusan besar untuk berhenti sekolah saat duduk di bangku kelas 2 SMA. Keputusannya tersebut dilakukan untuk memenuhi hasrat bisnisnya yang sangat tinggi, tentu saja hal itu tidak mendapatkan dukungan dari orangtuanya. Pendek kata, permasalahan keluarga tersebut mengharuskan bu Susi untuk hidup mandiri.

Berbisnis Ikan Laut
Sumber: merdeka.com

Karena hidup di lingkungan nelayan, ia memutuskan untuk memulai bisnis jual beli ikan. Bu Susi kemudian menjual cincin yang dimilikinya seharga Rp. 750.000 sebagai modal awal dan dengan uang itu dia membeli ikan langsung dari tempat pelelangan. Ikan yang telah dibeli tersebut kemudian dia tawarkan langsung ke restoran-restoran yang berada di sekitar daerahnya. Singkat kata, konsistensi, usaha, dan kegigihannya menawarkan ikan-ikannya membuahkan hasil. Satu tahun kemudian, bisnisnya berhasil menguasai pasar dan bursa lelang di Pangandaran.

Perkembangan bisnis ikan laut-nya bertumbuh dengan cepat. Kebutuhan transportasi udara pun semakin tinggi untuk keperluan distribusi produk ke mancanegara. Namun, hal itu tertunda hingga 5 tahun karena kekurangan modal untuk membangun landasan dan membeli pesawatnya. Bisnisnya kemudian berkembang secara global dan merambah ke dunia transportasi udara dengan merk Susi Air.

Kisah tersebut hanya kisah sukses singkat yang tidak menceritakan keseluruhan perjuangan Bu Susi. Konsistensi, usaha, kegigihan, dan keberanian mengambil keputusan besar adalah hal-hal yang terlatih dari kehidupan sehari-harinya.

Baca juga: Mengapa Harus Berbisnis Ikan Koi? Ketahui Prospeknya!

Tips Sukses Bisnis Ikan Laut

Berbisnis Ikan Laut

Tempat tinggal Bu Susi berada di dekat perkampungan nelayan, pelabuhan perikanan, dan tempat pelelangan ikan (TPI). Keuntungan finansial dari bisnis ekspor udang, kepiting, rajungan, dan lobster diperoleh Bu Susi karena melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Mencari volume pasokan yang lebih besar dari berbagai daerah. Hal ini perlu dilakukan karena volume jenis barang tertentu sangat terbatas di satu daerah
  2. Mencari jaringan dan memperbanyak negara tujuan ekspor yang lebih menguntungkan
  3. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, menguasai bahasa Inggris akan memudahkan komunikasi Internasional
  4. Melihat peluang bahwa usaha ekspor ikan laut saat ini tidak terlalu banyak saingan.
  5. Mobilitas yang aktif dan tinggi, artinya bergerak lebih cepat dalam menjalankan bisnis.
  6. Kemampuan mengembangkanusaha ekspor ikan laut yaitu menuruti dan menindaklanjuti wawasan dan jalan pemikiran tentang komoditas dan pengusahaan. Tidak mandeg atau berhenti pada wacana saja tetapi wawasan, pemikiran, kemampuan, dan aksi tindak lanjut menjadi satu rangkaian paket
  7. Memahami musim nelayan dan musim ikan pada masa-masa tertentu
  8. Mengembangkan kemampuan mengolah keadaan, mengusahakan,dan mengembangkannya.

Dengan perencanaan yang matang ditambah kemampuan komunikasi yang baik serta menguasai bahasa Internasional, hal ini akan memudahkan kita dalam menjalankan bisnis ikan laut yang pasarnya kebanyakan berada di luar negeri.

Baca juga: Probiotik, Solusi Peningkatan Kualitas Ikan yang Ramah Lingkungan

Sumber: beritasatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.