Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai berbagai manfaat dan kandungan jerami bagi kesuburan tanah.

Jerami

Apa Itu Jerami

pixabay.com

Baca Juga : Bagaimana Cara Yang Tepat Memilih Benih Padi Yang Unggul

Setelah habis panen banyak diantara petani yang menganggap bahwa jerami merupakan limbah yang perlu segera di musnahkan salah satunya dengan cara dibakar, karena dianggap tidak mempunyai manfaat untuk dirinya.

Akibat kurangnya informasi pertanian tentang pengetahuan mengenai manfaat jerami untuk kesuburan tanah menjadi faktor utama ketika membakar jerami, selain itu banyak alasan yang dikemukakan oleh sebagian petani ketika membakar jerami.

Mulai dari tidak tau manfaat jerami sampai dengan malas melakukan pengolahan terhadap jerami itu sendiri karena membutuhkan waktu dan tenaga.

Akibat pemakaian pupuk kimia yang dilakukan secara intensif oleh petani justru menyebabkan para petani sangat tergantung kepada pupuk berbahan kimia.

Di sisi lain, pupuk kimia bisa menyuburkan tanah dan menurunkan kandungan bahan organik tanah. Sebagai alternatif.

Petani justru melupakan salah satu sumber daya alam yang bisa mempertahankan kesuburan dan bahan organik tanah yaitu jerami.

Para ahli pertanian berpendapat memberikan pupuk buatan sama saja dengan memberikan tanaman makanan dan pemberian bahan organic ke dalam tanah sama halnya dengan memberikan tanah makanan.

Hal ini disebabkan pada tanah banyak terdapat mikro organisme baik yang bersifat makro ataupun mikro seperti cacing tanah,bakteri pengurai, dan lain-lainnya.

Salah satu indicator tanah yang subur adalah banyak mengandung cacing dan mikro organism lainnya, dan begitu juga sebaliknya.

Manfaat dan Kandungan Jerami

pixabay.com

Baca Juga : Mari Kita Ketahui Apa Saja Pengetahuan Kopi Untuk Pemula

Manfaat Jerami untuk Kesuburan Tanah bila tidak dibakar dan dikembalikan lagi kelahan sawah, diantaranya

  1. Unsur hara yang terkandung dalam jerami bila dibakar akan hilang, karena  unsur hara yang seharusnya bisa menambahkan kesuburan tanah di buang dengan percuma
  2. Pada batang dan daun padi yang bisa menyuburkan tanah secara fisika (jika membusuk akan menjadi humus, bahan organik atau C-organik) hanya akan terbakar menjadi karbon atau arang
  3. Jerami yang di benamkan ke lahan sawah akan sangat bermanfaat untuk makanan mikroorganisme tanah
  4. Perlahan tapi pasti bila jerami dibakar maka produktivitas dari panen akan semakin menurun, karena kurangnya akan unsur hara di tanah
  5. Dapat menekan biaya pupuk, karena jerami mengandung banyak pupuk organik yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman
  6. Dapat menekan akan serangan hama dan penyakit, karena didalam jerami mengandung unsur K, yang dapat membantu akan penguat dan pengeras bagian tanaman sehingga ketahanan tanaman akan menjadi lebih kuat.
  7. Pembenaman jerami ke dalam lapisan olah tanah sawah akan mendorong kegiatan bakteri pengikat N
  8. karbon di tanah. Selain itu dengan pembakaran jerami berarti petani akan ikut andil dalam perusakan lapisan ozon pada bumi kita. Sehingga akan mempercepat terjadinya pemanasan global.

Itulah informasi mengenai berbagai manfaat dan kandungan jerami bagi kesuburan tanah. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!.

Baca Juga : Ada Berbagai Cara Kementan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.